» PENGERTIAN MICROSOFT Word, Excel, Access, Power Point & Fungsinya

Microsoft Office – Komputer merupakan perangkat yang sangat membantu dalam kehidupan. Ada banyak program yang ada di dalamnya yang membantu kita untuk dapat mengerjakan pekerjaan agar lebih cepat dan lebih tepat. 

Salah satu program yang sangat penting yang wajib dimiliki dan wajib dikuasai oleh seorang pengguna komputer adalah Microsoft Office. Sesuai dengan namanya, program ini dapat membantu anda untuk mengerjakan pekerjaan kantor dengan lebih mudah.

Di dalam Microsoft Office ada banyak jenis program yang bisa digunakan, yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Access, Microsoft Power Point dan masih banyak yang lainnya. Untuk anda yang sedang dalam masa pembelajaran untuk aplikasi-aplikasi ini, maka berikut adalah teori pengantar mengenai program-program dalam Microsoft Office tersebut.

Pengertian Microsoft Word

pixabay.com

Microsoft Word merupakan satu program yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Program ini tidak hanya dapat membantu pekerjaan kantor menjadi lebih mudah tapi juga dalam bidang lainnya seperti pekerjaan sekolah dan untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Program ini merupakan program pengolahan kata sehingga untuk anda yang ingin membuat dokumen yang berhubungan dengan kata akan lebih maksimal jika dilakukan di sini.

Hal ini disebabkan karena ada banyak fungsi yang dimiliki oleh Microsoft Word yang tidak dimiliki oleh bagian Microsoft Office yang lain sehingga pekerjaan akan lebih maksimal jika dilakukan dengan menggunakan program Microsoft Word ini.

Program ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1983, pada masa perkenalannya program ini merupakan program dikenal sebagai Multi Tool World dan digunakan untuk Xenix. Setelah itu karena memiliki fungsi yang cukup menguntungkan, program Microsoft Word ini kemudian dikembangkan untuk sistem operasi yang lainnya.

Secara resmi, Microsoft Word digunakan dalam sistem operasi Windows pada Microsoft Office 2003 dan hingga saat ini terus berkembang. Dalam perjalanannya, Microsoft Word memiliki perubahan nama yaitu pada tahun 2013 ia berganti nama menjadi Word tapi hingga saat ini nama Microsoft Word terus melekat padanya.

Fungsi Microsoft Word

Sebagai aplikasi pengolahan kata, Microsoft Word memiliki banyak fungsi yang penting. Karena digunakan untuk  membuat dokumen kata, maka fungsi dari Microsoft Word ini lebih menjurus pada pembuatan buku.

Oleh karena itu ada banyak fungsi yang dimiliki oleh Microsoft Word ini yang memudahkan anda untuk mengolah sebuah buku. Misalnya mengenai Heading, mengenai pembuatan daftar pustaka, pewarnaan huruf, pengaturan jarak, penggunaan simbol dan numbering dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penggunaan Microsoft Word ini tidak hanya digunakan sebagai pembuatan buku cetak saja, jika anda memiliki Microsoft Word versi 2010 ke atas, maka anda sudah bisa mendapatkan fungsi lain yang menarik yaitu pengubahan dokumen Microsoft Word menjadi PDF.

PDF merupakan sebuah dokumen yang biasa digunakan sebagai format dari buku elektronik atau ebook. Dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word ini anda juga bisa secara langsung mengkonversi dokumen anda menjadi dokumen PDF. Sangat menguntungkan bukan?

Hal inilah yang menyebabkan Microsoft Word menjadi produk yang sangat digemari dan masih bertahan hingga saat ini, tidak lain dan tidak bukan adalah karena fungsinya yang sangat lengkap sebagai program pengolahan kata.

Pengertian Microsoft Excel

pixabay.com

Program lain yang sangat penting untuk dikuasai dalam Microsoft Office adalah Microsoft Excel. Jika Microsoft Word merupakan Program yang dirancang untuk melakukan pengolahan kata, maka Microsoft Excel ini merupakan Program yang di desain untuk melakukan pengolahan angka.

Program ini merupakan Program yang dibuat dan diaplikasikan di 2 sistem operasi yaitu pada Microsoft Windows dan juga Mac OS. Sesuai dengan tugasnya yaitu untuk melakukan pengolahan angka, maka Microsoft Excel dilengkapi dengan berbagai macam fungsi untuk kalkulasi. Dengan menggunakan Program ini, maka anda bisa melakukan perhitungan data dalam wujud angka dengan lebih mudah.

Mulai dari menghitung, mengurang bahkan hitungan-hitungan yang sulit sekalipun. Selain itu masih banyak lagi fungsi yang dimiliki oleh Program Microsoft Excel ini. Banyaknya fungsi tersebut menyebabkan Program ini menjadi salah satu Program yang paling banyak digunakan dalam komputer user hingga saat ini.

Fungsi Microsoft Excel

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Program Microsoft Excel ini memiliki sangat banyak fungsi yang bisa digunakan dalam pengolahan data berwujud angka. Selain banyak fungsi untuk melakukan penghitungan angka, Microsoft Excel dilengkapi dengan kelebihan lainnya yang membuat Program ini menjadi makin banyak digunakan. Seperti fungsi logika dan juga sedikit fungsi pengolahan kata.

Bedanya pengolahan kata pada Microsoft Word dengan pengolahan kata pada Microsoft Excel ini adalah ada pada penggunaannya. Jika Microsoft Word menggunakan kata untuk dibuat dokumen tapi Microsoft Excel melakukan pengolahan kata dalam rangka menghasilkan sebuah hasil.

Misalnya seperti pencarian nilai berdasarkan kata tertentu semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel ini. Karena memiliki banyak input dan memberikan banyak kemudahan dalam pengerjaan tugas, tidak jarang banyak orang yang  malah menggunakan Program Microsoft Excel untuk membuat dokumen pengolahan kata.

Seperti dalam pembuatan dokumen yang berisi tabel. Karena lebih mudah dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel banyak orang yang malah beralih menggunakannya dibandingkan dengan menggunakan Microsoft Word.

Pengertian Microsoft Power Point

macworld.co.uk

Microsoft Power Point merupakan program yang paling artistik dibandingkan dengan program Microsoft Office yang lainnya.

Hal ini disebabkan karena program Microsoft Power Point ini adalah Program yang digunakan untuk tampil. Microsoft Power Point merupakan program yang digunakan untuk membuat slide presentasi.

Oleh karena itu fungsi yang dimiliki oleh Program ini sangat lengkap. Ada fungsi pengolahan kata, fungsi pengolahan angka dan juga fungsi pengolahan keindahan. Di Program ini anda bisa menggunakan gambar, simbol, huruf, angka, bahkan juga grafik dengan banyak pilihan format untuk disesuaikan dengan format yang anda inginkan.

Meski ada banyak fungsi pengolahan yang bisa dijalankan di Program Microsoft Power Point ini tapi fungsi pengolahannya tidak se detail yang dimiliki oleh Program Microsoft yang lainnya. Dalam Microsoft Power Point ini lebih fokus pada keindahan slide yang bisa anda tampilkan.

Fungsi Microsoft Power Point

Selain memiliki banyak fungsi seperti yang disebutkan sebelumnya, ada fungsi utama yang dimiliki oleh Program Microsoft Power Point ini. Fungsi tersebut adalah fungsi animasi. Program ini memiliki banyak jenis animasi yang bisa anda berikan pada objek dalam slide anda baik itu objek kata maupun objek grafis.

selain itu ada juga fungsi transisi untuk perpindahan slide satu ke slide yang lainnya  agar presentasi menjadi makin menarik. Sesungguhnya ada juga Program yang dapat membantu anda untuk membuat presentasi yang lebih menarik dibandingkan dengan Microsoft Power Point akan tetapi biasanya akan ada watermark atau anda diminta untuk membayar untuk menggunakan Program mereka.

Jika anda menggunakan Microsoft Power Point ini anda hanya perlu membayar sekali seumur hidup pada saat pembelian Microsoft Office dan bisa menggunakannya secara gratis selama Program tersebut masih support.

Pengertian Microsoft Access

proporfs.com

Jika Microsoft Word dan juga Microsoft Excel merupakan Program yang digunakan untuk membuat dokumen, maka berbeda dengan Microsoft Access. Microsoft Access merupakan Program yang sangat jarang digunakan dalam penggunaan harian.

Hal ini disebabkan karena Program Microsoft Access ini merupakan Program yang digunakan dalam pengolahan database. Tidak banyak user final yang bekerja dengan menggunakan Program ini. Hal inilah yang membuat Program Microsoft Access tidak begitu populer.

Meski begitu untuk orang-orang yang memang bekerja dengan usaha atau memiliki usaha kecil menengah, maka penggunaan Program Microsoft Access ini dapat memberikan manfaat yang sangat besar.

Program  ini merupakan program yang sangat membantu karena dapat memberikan banyak fungsi yang memudahkan dalam menjalankan perusahaan dengan catatan perusahaan tersebut merupakan perusahaan kecil atau menengah. Untuk mengetahui fungsi lengkapnya , maka kami akan membahasnya dalam sub bab berikut ini.

Fungsi Microsoft Access

Seperti yang disebutkan sebelumnya Program Microsoft Access ini adalah program yang digunakan untuk mengolah database. Secara umum Program ini memiliki fungsi yang sangat luas seperti membuat memo, membuat laporan, membuat surat, membuat perancangan fax, melakukan membuat desain brosur dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya Program Microsoft Access ini merupakan program untuk menyimpan data perusahaan. Anda bisa membuat database kecil-kecilan dengan menggunakan Program ini. Dalam Program ini anda juga bisa menggunakan data eksternal dan mengimportnya ke dalam database anda.

Di dalam database ini ada fungsi seperti fungsi tabel yang digunakan untuk menyimpan data, fungsi Query untuk memanipulasi data, fungsi form untuk menampilkan data fungsi report untuk membuat laporan dan masih banyak fungsi lainnya.

Karena tidak banyak orang yang menggunakan Program ini, maka anda tidak banyak orang yang bisa anda minta tolong untuk mempelajarinya. Jadi satu-satunya cara untuk mempelajari Program ini adalah dengan mencari sendiri literatur untuk mempelajari Program ini.

Program Microsoft Office yang lain

cnet.com

Program Microsoft Office yang disebutkan di atas merupakan Program yang memberikan manfaat yang sangat besar pada konsumennya. Selain Program di atas sesungguhnya  masih ada banyak lagi Program yang bisa dapatkan dari Microsoft Office.

Salah satunya adalah Microsoft Outlook. Microsoft outlook merupakan aplikasi email. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk perusahaan kecil menengah untuk mendapatkan cara komunikasi yang  aman.

Sayangnya aplikasi ini saat ini kalah dengan aplikasi email umum atau aplikasi email domain pribadi, oleh karena itu kami tidak akan membahas lebih dalam mengenai Program Microsoft Outlook ini.

Penutup

Program di atas merupakan Program yang paling dekat digunakan dalam masyarakat, oleh karena itu jika anda ingin menguasai Program Microsoft Office sebaiknya kenali dan dalami Program-Program yang disebutkan di atas.

Untuk bisa mengenal Program ini dengan baik anda bisa mempelajarinya sendiri dengan langsung melakukan praktek atau bisa juga mencari tutorial di internet.

Untuk anda yang ingin menjadi ahli Microsoft Office, 3 program yang perlu anda dalami dengan baik adalah Microsoft Word, Microsoft Excel dan juga Microsoft Power Point. Untuk Microsoft Access anda hanya bisa mempelajarinya jika anda memiliki data yang bisa diolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *