PENGERTIAN PROPOSAL: Fungsi, Tujuan, Jenis, Ciri-Ciri & Struktur Proposal

Pengertian Proposal – proposal merupakan susunan rencana kerja yang bersifat formal untuk mendapatkan persetujuan resmi dari pihak lain.

Proposal sendiri memiliki tujuan inti seperti untuk mendapatkan perizinan, dukungan, bantuan atau bahkan untuk mendapatkan sponsor atas acara atau kegiatan yang akan kita lakukan.

Akan tetepi proposal haruslah disusun sesuai dengan unsur-unsur dan kaidah yang ada agar memudahkan para pembaca sehingga tersampaikan maksud dan tujuan dari pembuatan proposal tersebut.

Pengertian Proposal

pengertian proposal
hedisasrawan.blogspot.co.id

Proposal adalah kata benda yang diserap dari bahasa Inggris to purpose yang berarti mengajukan. Sederhananya, proposal bisa dimaknai sebagai bentuk permohonan, pengajuan, atau penawaran berupa rencana, pemikiran, ide, atau pun gagasan untuk pihak lain agar mendapatkan dukungan.

Dukungan yang dimaksud dapat berupa izin, persetujuan, ataupun dana dan lain sebagainya yang berfungsi menopang agar terlaksananya suatu acara yang akan diselenggarakan.

Selain pengertian di atas, proposal ialah suatu pedoman kerja, gambaran, atau perjalanan lengkap yang akan dilewati selama melakukan kegiatan dengan gambaran menyeluruh, atau lengkap mengenai lingkup dan urutan kegiatan..

Urutan kegiatannya mulai dari tenggang waktu dari mulai hingga berakhirnya masing-masing kegiatan, pihak lain yang terkait yang perlu dihubungi, sarana dan dana yang dibutuhkan dan lain sebagainya.

1. Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

  • Menurut KBBI Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuat oleh peneliti, baik penelitian di lapangan maupun penelitian di Perpustakaan.
  • Menurut Hasnun Anwar Proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
  • Menurut Hadi Proposal merupakan sebuah usulan yang memiliki struktur sebagai agenda kerja sama bisnis antarlembaga atau perusahaan, berisikan mulai dari usulan kegiatan hingga pemecahan masalah.
  • Menurut Riefky Proposal merupakan sebuah bentuk rencana kegiatan yang ditulis dalam format standar dan resmi.

2. Pengertian Proposal Menurut  Sudut Pandang Dunia Ilmiah

Proposal adalah rancangan dari suatu usulan sebuah penelitian yang kemudian akan dilaksanakan oleh peneliti terhadap suatu bahan penelitiannya.

Pada zaman sekarang penyusunan proposal usaha dapat pula dijadikan sebagai media komunikasi. Bagi wirausahawan, proposal adalah untuk menerangkan profil usaha atau bisnis baru yang harus didiskripsikan.

Pendiskripsian tersebut mulai dari proyek yang akan dilakukan, seperti pemasaran, penelitiannya, pengembangan usaha, manajemen, risiko yang dihadapi, masalah keuangan hingga penjadwalan waktunya.

Adapun deskripsi tiap aspek sangat penting untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai usaha/ produk yang diajukan, ke mana proposal itu akan dibawa dan bagaimana wirausahawan dapat merealisasikan proposal usaha tersebut.

Begitu pentingnya proposal maka hendaknya penyusunan proposal harus dibuat semenarik, sedetail dan sebaik mungkin dan tidak sekadar menyalin proposal kerja atau usaha milik orang lain.

Contohnya pada proposal usaha, intinya harus menyakup sasaran dan strategi. Sasaran merupakan sesuatu yang ingin diraih perusahaan, sementara strategi merupakan arah tindakan untuk meraih sasaran usaha.

Dalam strategi harus berisi persiapan perusahaan untuk menghadapi situasi yang ada atau akan terjadi di masa mendatang dalam proses kerjasama tersebut.

Fungsi Proposal

fungsi proposal
bataswaktu.com

Berikut ini adalah beberapa macam fungsi dari sebuah proposal:

  • Jika bentuknya proposal penelitian, maka berfungsi untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan agama, sosial, budaya, ekonomi dan lain-lain.
  • Di bidang usaha dan bisnis, proposal dipakai untuk mendirikan suatu usaha yang merupakan gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha, baik usaha kecil, menengah maupun besar.
  • Dalam suatu proyek, proposal bisa dipakai untuk mengajukan suatu tender dari berbagai macam lembaga, baik pemerintahan maupun swasta.
  • Bisa digunakan untuk mengadakan acara-acara kegiatan tertentu seperti perayaan, latihan, perlombaan dan seminar yang fungsinya menjabarkan secara detail tentang suatu kegiatan dan dana yang digunakan.
  • Bisa digunakan untuk mengajukan dana pada lembaga untuk bantuan terhadap suatu acara, atau pengembangan daerah.

Tujuan Proposal

Tujuan dari pembuatan proposal adalah sebagai berikut:

  • Untuk mendapatkan bantuan dana.
  • Agar mendapatkan perizinan suatu acara.
  • Agar mendapatkan dukungan.
  • Agar mendapatkan sponsor.

Jenis-Jenis Proposal

jenis jenis proposal
uprint.id

Secara umum, proposal dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

1. Proposal Bisnis atau Proposal Usaha

Proposal ini merupakan tipe proposal yang berkenaan dengan dunia usaha atau rancangan rencana kerja yang dimaksudkan, baik oleh kelompok atau perseorangan kepada investor.

Proposal usaha menjelaskan mengenai profil singkat usaha, kelebihan usaha yang ditawarkan, serta penggambaran keuntungan dan kerugian yang akan diterima.

Contoh beberapa proposal bisnis adalah proposal pendirian usaha, proposal dalam bentuk kerjasama, dan lain sebagainya.

2. Proposal Kegiatan

Proposal ini sering digunakan di lingkungan masyarakat, karena merupakan jenis proposal pengajuan rencana suatu kegiatan, baik yang bersifat individu maupun kelompok.

Contoh proposal kegiatan adalah proposal kegiatan seni budaya, ulang tahun sekolah, perkemahan, pengajian.

3. Proposal Penelitian

Proposal penelitian ditulis berlandaskan sebuah acuan, gagasan, ide, atau usulan yang diperuntukkan pada badan, instansi, atau yang lainnya untuk mengadakan penelitian atas sebuah masalah.

Proposal penelitian berisi gambaran singkat, latar belakang, maksud dan tujuan, alasan mengapa isu, atau topik terus diangkat, waktu yang dibutuhkan, lokasi penelitian dan lain sebagainya.

Proposal ini biasanya digunakan untuk mengajukan suatu kegiatan berupa penelitian yang akan dilakukan pada bidang akademisi, seperti penelitian untuk tugas akhir, tesis dan lain-lain.

Proposal penelitian dibagi lagi menjadi berikut:

  1. Proposal Penelitian Pengembangan, ialah hasil dari kegiatan yang menghasilkan rencana, atau produk yang dapat dipakai untuk memecahkan suatu masalah-masalah aktual.
  2. Proposal Penelitian Kajian Pustaka, ditulis dengan maksud memecahkan sebuah masalah yang pada dasarnya berlandaskan pada penelaahan mendalam dan kritis atas bahan-bahan literatur yang relevan.
  3.  Proposal Penelitian Kualitatif, ditujukan untuk menguak semua gejala dengan holistik-konstektual melalui pengoleksian data dari latar alami yang memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci.
  4. Proposal Penelitian Kuantitatif, ialah suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan dedukatif-induktif. Pendekatan ini dari kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya.

4. Proposal Wirausaha

Hal penting yang harus digarisbawahi dalam membuat proposal wirausaha adalah harus memerhatikan pada siapa proposal tersebut ditujukan.

Apakah pada owner (pihak intern yang memiliki jabatan tinggi), mitra (partner yang akan diajak bekerja sama), lembaga perizinan dan pihak sponsor.

Pada dasarnya lembaga, atau pengusaha sponsor mendanai kegiatan dikarenakan kegiatan tersebut sesuai dengan pedoman dan kriteria sponsor.

5. Proposal Proyek

Proposal ini umumnya berisi serangkaian acara-acara, atau kegiatan dalam usaha, atau komersil. Contoh proposal proyek adalah pembangunan suatu kantor.

Jika berdasarkan bentuknya, jenis proposal dapat dibagi menjadi kategori sebagai berikut:

6. Proposal Formal

Pada proposal formal ini terdiri dari 3 bagian utama, yakni: pendahuluan, isi dan penutup. Pada bagian pendahuluan terdiri dari sampul dan halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, daftar isi dan pengesahan permohonan.

Pada bagian isi terdiri dari latar belakang, pembatasan masalah, ruang lingkup, pemikiran dasar, metodologi, fasilitas, susunan panitia, keuntungan dan kerugian, serta waktu dan biaya yang dibutuhkan. Untuk bagian penutup berisi daftar pustaka, lampiran, tabel dan sebagainya.

7. Proposal Nonformal

Secara garis besar, proposal nonformal isinya tidak selengkap proposal formal. Biasanya berbentuk memorandum, atau surat yang isinya berupa saran, pemecahan, masalah dan permohonan.

8. Proposal Semiformal

Proposal semiformal hampir sama dengan proposal nonformal karena isinya tak selengkap proposal formal.

Ciri-Ciri Proposal

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh sebuah proposal;

  1. Proposal ditulis untuk merangkum kegiatan yang hendak
  2. Sebagai pemberitahuan pertama suatu kegiatan.
  3. Berisikan tujuan-tujuan serta latar belakang suatu acara.
  4. Proposal berbentuk lembaran-lembaran pemberitahuan yang telah dijilid yang akan diserahkan ke pihak-pihak terkait.

Struktur Proposal

cv easystem via youtube.com

Struktur penulisan proposal secara umum dapat digambarkan sebagai berikut:

1. Sampul/Cover

Proposal kegiatan sebaiknya memakai logo kegiatan, atau logo organisasi. Dalam menentukan sampul, pilihlah warna kertas yang tidak terlalu mencolok. Warna kertas biru atau merah biasa digunakan untuk sampul proposal.

2. Nama kegiatan atau Judul Acara

Adalah nama dari kegiatan atau judul yang akan dilaksanakan atau dilakukan yang menjadi gambaran secara umum tentang proposal tersebut. Nama kegiatan ditulis di bagian sampul. Di bagian bawah sebaiknya dituliskan instansi atau organisasi yang melaksanakan kegiatan.

3. Latar Belakang

Dalam pembuatan proposal harus tercantum latar belakang yang isinya pokok-pokok ataupun alasan mengapa perlu diselenggarakan acara tersebut.

Latar belakang diawali dari perihal yang bersifat umum ke perihal yang bersifat khusus. Latar belakang biasanya terletak di bagian depan proposal setelah sampul.

4. Tujuan Kegiatan

Isinya berupa tujuan dari kegiatan yang akan dilakukan beserta alasannya. Tujuan harus dijelaskan secara rinci agar manfaatnya bisa terlihat oleh pembaca dan proposal disetujui.

5. Tema

Tema adalah yang mendasari suatu kegiatan yang mana telah disepakati secara bersama.

6. Sasaran atau Peserta

Pada setiap proposal yang dibuat harus menetapkan secara jelas sasaran, atau target  dalam kegiatan atau acara tersebut.

7. Tempat dan Waktu

Berisikan secara detail mengenai tempat dan waktu diadakannya acara tersebut.

8. Jenis Kegiatan

Seluruh bentuk acara harus dituliskan maksud dan manfaatnya. Uraikan secara rinci dan mudah dipahami oleh si pembaca proposal.

9. Kepanitiaan

Pada bagian ini harus dijelaskan orang-orang atau panitia yang terlibat untuk melancarkan rencana yang akan dilaksanakan.

10. Rencana Anggaran Biaya atau Estimasi Biaya

Berisikan rencana anggaran biaya secara detail dan jelas yang akan digunakan dalam kegiatan tersebut agar dapat dipertanggungjawabkan.

Estimasi anggaran adalah kuantitas alokasi keseluruhan dana, mulai dari perlengkapan, administrasi, konsumsi, piala, plakat, panggung, sound system, dan sebagainya.

Estimasi biaya adalah bagian penting yang biasanya paling utama yang akan diperiksa oleh si penerima atau pembaca proposal.

11. Penutup

Isinya berupa permohonan maaf dan ucapan terima kasih kepada pembaca jika terdapat kekurangan dalam pengajuan proposal. Di bagian akhir, bubuhkan tanda tangan dan stempel agar propsal tersebut dinilai sah.

Dengan adanya proposal membawa banyak manfaat, yang mana masyarakat dapat mengetahui informasi mengenai pihak-pihak yang memiliki kepentingan dalam kegiatan yang akan dilaksanakan.

Selain itu, bagi dunia penelitian, proposal berguna sebagai bahan evaluasi, atau pertimbangan bagi pihak-pihak yang berwenang.

Tak hanya di dunia penelitian, pada bidang usaha pun manfaat proposal dapat dirasakan sebagai media untuk menguji dan mengembangkan strategi usaha yang dijalankan apakah sudah sesuai harapan, atau belum.

Dalam proyek, proposal bermanfaat sebagai dokumen informasi yang dapat membantu meyakinkan pihak-pihak terkait agar dapat memenangkan suatu tender.

Nah, Melihat banyaknya manfaat dari proposal, maka sudah seharusnya penyusunan proposal-proposal dibuat sedetail dan sebaik mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *