7+ Contoh Teks Moderator Beserta Tugas & Cara Menjadi Moderator yang Baik

By | Juni 21, 2020

Contoh Teks Moderator – Banyak orang yang menyamakan MC atau pembawa acara dengan moderator, padahal keduanya sedikit berbeda.

Seorang MC bertugas mengendalikan seluruh kegiatan, sedangkan moderator adalah pemegang kendali pada sesi tertentu dalam sebuah kegiatan setelah dipersilakan oleh MC.

Peran utama moderator adalah mengendalikan jalannya sesi presentasi dari narasumber dan sesi tanya-jawab atau diskusi.

Tugas Moderator

contoh teks moderator

pixabay.com

Moderator memiliki beberapa tugas dan fungsi dalam sebuah seminar, diskusi ataupun debat. Berikut diantara tugas tugas moderator;

  • Memandu jalannya sebuah sesi/acara.
  • Membuka acara dan menjelaskan latar belakang, judul/topik dan tujuan dibuatnya acara tersebut.
  • Menjelaskan susunan atau tata tertib acara
  • Memperkenalkan narasumber beserta orang-orang yang terlibat/hadir dalam acara.
  • Memandu proses tanya-jawab antara nara sumber dengan peserta
  • Membuat pertanyaan-pertanyaan aktif dan kreatif pada narasumber
  • Mengatur ritme acara dan waktu agar sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.
  • Menjaga suasana acara agar kondusif
  • Membuat keputusan dalam sebuah diskusi. Misalnya menutup diskusi jika situasi kurang kondusif dll.
  • Menutup dan membuat kesimpulan dari rangkaian acara yang telah dilaksanakan.

Cara Menjadi Moderator

Jangan sampai ketika menjadi moderator, kita malah membuat kesalahan-kesalahan yang berasal dari keteledoran kita. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut adalah poin yang harus diperhatikan untuk menjadi moderator yang baik.

 

1. Cari Informasi Tentang Narasumber
Cari tahu informasi tentang narasumber sebanyak-banyaknya, entah itu melalui internet atau bertanya langsung pada panitia. Pastikan anda menghapal dan mengingat jelas nama narasumber tersebut dan jangan sampai lupa, apalagi misalnya ketika ditengah diskusi.

Mencari tahu informasi tentang narsum juga akan memudahkan moderator menempatkan diri dan beradaptasi di atas panggung. Bagaimanapun karakter setiap orang berbeda-beda dan cara pendekatannya pun juga berbeda.

2. Pelajari Materi yang Akan Disampaikan Narasumber
Walaupun kita tidak paham secara utuh materi yang akan disampaikan, setidaknya kita jangan terlalu blank dengan materi tersebut. Pelajari materi tersebut walaupun sekilas.

3. Berkordinasi dengan Panitia
Kita harus memastikan jadwal atau waktu yang diberikan panitia agar kita bisa mempersiapkan diri untuk mengatur berapa lama waktu narasumber berbicara, berapa lama sesi tanya jawab atau juga berapa lama kita harus ‘berbasa-basi’ diatas panggung untuk mengulur waktu.

4. Mempersiapkan Peralatan
Persiapkan pulpen atau kertas untuk mencatat pertanyaan atau poin-poin penting yang disampaikan pembicara. Poin tersebut nanti harus anda bacakan sebagai kesimpulan ketika acara akan ditutup.

5. Mempersiapkan Teks Jika Diperlukan
Pada acara-acara formal, terkadang moderator atau mc membawa kertas ke atas panggung, kertas tersebut berisi informasi ataupun teks yang akan mereka bacakan.

Contoh Teks Moderator Seminar

contoh teks moderator

pixabay.com

Terima kasih kepada MC.

Baiklah, hadirin peserta seminar sekalian, langsung saja kita masuki acara selanjutnya yang merupakan acara inti yang paling kita tunggu, yaitu penyampaian makalah dari pemateri. Setelah pemaparan materi, nanti akan ada sesi tanya-jawab dan diskusi.

Namun, sebelumnya, saya ingin menyapa para dosen dan peserta.
Yang kami hormati Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Ibu Dr. Anita Kusumaningdiah, M.Pd.
Yang kami hormati Ketua Panitia Seminar Pendidikan Biologi, Bapak Kresna Mulyana, S.Pd., M.Si.
Yang kami hormati Bapak Adhi Karnandi, S.Hut., M.Si. selaku Pemateri I
Yang kami hormati Ibu Murni Estiani, M. Pd. Selaku Pemateri II
Yang kami hormati bapak dan ibu dosen yang hadir serta para peserta seminar.

Assalaamualaikum wr. wb.

Hadirin yang kami hormati, sebagaimana telah diumumkan, seminar pada hari ini mengambil tema “Pembelajaran Biologi dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir". Untuk itu, kita membutuhkan informasi untuk menyamakan persepsi, dan itulah yang kita harapkan dari seminar kali ini.

Sebelum kita mulai, izinkan saya menyampaikan sedikit pengantar. Forum ilmiah sangat penting untuk diikuti karena banyak sekali informasi yang akan kita dapatkan. Informasi akan lebih dipahami jika ada diskusi yang efektif sehingga saya harap seluruh hadirin bisa mengikuti diskusi dengan sebaik-baiknya.

Baiklah, selanjutnya saya sampaikan beberapa ketentuan acara inti ini.

  • Penyampaian materi untuk setiap pembicara kami beri waktu selama 45 menit.
  • Selama pembicara menyampaian materinya, peserta tidak diperbolehkan melakukan interupsi.
  • Sesi tanya-jawab akan dibuka setelah kedua pembicara menyampaikan materinya.

Selanjutnya, kami persilakan kepada pembicara pertama, Bapak Adhi Karnandi, S.Hut., M.Si., untuk menyampaikan materinya.

Terima kasih Bapak Adhi Karnandi atas paparannya yang begitu menarik.

Selanjutnya, marilah kita simak materi dari pembicara kedua, yang terhormat Ibu Murni Estiani, M. Pd. Kami persilakan kepada Ibu Murni Estiani untuk memaparkan makalahnya.

Terima kasih kepada pemateri kedua yang semakin memperkaya wawasan kita semua. Hadirin yang saya hormati, demikianlah pemaparan materi yang telah dibawakan oleh kedua pemateri hari ini.

Materi pertama mengambil judul “Isolasi Bakteri dari Tanah Gambut". Simpulan dari materi tersebut adalah ………………………………………………………..

Dari materi kedua yang berjudul “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing", dapat disimpulkan bahwa ………………………………………………………………….

Kini, tiba saatnya kita masuk pada sesi tanya-jawab dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Peserta yang ingin bertanya dipersilakan menyebutkan identitasnya terlebih dahulu.
  • Pertanyaan diajukan secara singkat, padat, dan jelas.

Baik, langsung saja kita mulai sesi diskusi ini, saya persilakan kepada para hadirin untuk bertanya.

Hadirin sekalian, demikianlah acara seminar kali ini yang membahas “Pembelajaran Biologi dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir". Sebelum sesi ini kita akhiri, saya akan mencoba menyimpulkan hasil seminar kali ini, yaitu ……………………………………..

Para hadirin sekalian, sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih kepada para pemateri dan juga seluruh hadirin yang telah berpartisipasi dalam kegiatan seminar kali ini. Akhir kata, saya selaku moderator undur diri. Semoga kita dapat bertemu kembali dalam seminar lainnya. Terima kasih.

Wabillahitaufiq wal hidayah, wassalaamualaikum wr. wb.

Contoh Teks Moderator Debat

Assalaamualaikum wr. wb.

Yang saya hormati narasumber kita, Bapak/Ibu ……………………. dan Bapak/Ibu ……………………….., dan para hadirin yang sudah berkenan hadir pada acara debat kali ini.

Marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Allah Swt. yang telah memberikan nikmat sehingga kita bisa berkumpul malam hari ini untuk mencari ilmu dan kebenaran. Tak lupa, salam dan selawat kita lantunkan untuk junjungan kita, Nabi Muhammad saw.

Selanjutnya, marilah bersama-sama kita berdoa semoga acara ini dirahmati Allah dan kita diberikan sudut pandang yang benar, bijak, dan lurus sesuai petunjuk Tuhan Yang Mahaesa.

Sebelum acara dimulai, izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Alya Rahmadia dan pada acara kali ini bertindak sebagai moderator. Selanjutnya, terlebih dahulu saya akan memperkenalkan kedua narasumber kita kali ini.

Di sebelah kanan saya adalah Bapak/Ibu ……………. (sebutkan nama, latar belakang pendidikan, usia, domisili, prestasi, dan hal lain yang berhubungan dengan tema debat). Sementara itu, di sebelah kiri saya adalah Bapak/Ibu ……………. (berikan informasi seperti narasumber pertama).

Perlu saya informasikan, acara debat kali ini diadakan untuk menjembatani adanya perbedaan pandangan dari kedua narasumber. Diharapkan, dengan adanya forum debat ini, kedua narasumber bisa menjelaskan persepsi masing-masing sehingga terbangun diskusi yang menarik.

Adapun latar belakang diadakannya forum debat ini adalah ………..(jelaskan latar belakang diadakannya forum debat)

Bagi para tamu, undangan, dan semua yang hadir pada forum ini, kesimpulan dan lain sebagainya terkait acara debat ini diserahkan kembali kepada sudut pandang masing-masing individu. Untuk itu, dimohon agar para peserta bisa meyimak dengan tertib.

Kemudian, untuk menjaga agar acara berlangsung dengan tertib dan efektif, izinkan saya menyampaikan tata tertib pelaksanaan forum debat ini sebagai berikut.

Narasumber pertama akan menjelaskan sudut pandangnya selama 30 menit, lalu dilanjutkan oleh narasumber kedua. Setelah itu, narasumber diberi waktu selama 15 menit untuk menanggapi paparan lawan debatnya.

Sesi selanjutnya adalah sesi tanya-jawab antara kedua narasumber secara bergantian. Pertanyaan diajukan dalam waktu maksimal 1 menit dan jawaban disampakan dalam waktu 3 hingga 5 menit. Sesi tanya-jawab ini akan diadakan sebanyak 3 sesi.

Berikutnya, akan dibuka sesi tanya-jawab untuk para audiens dengan ketentuan durasi waktu yang sama. Jumlah pertanyaan dibatasi tiga pertanyaan untuk setiap narasumber.

Sesi terakhir adalah pembacaan rangkuman hasil debat. Ada atau tidaknya titik temu sangat tergantung pada persepsi dan hasil diskusi dan audiens dipersilakan menyimpulkan dengan sudut pandangnya sendiri.

Untuk selanjutnya, moderator bisa memegang kendali acara sesuai dengan alur dan ketentuan yang telah dibacakan sebelumnya hingga acara berakhit.

Contoh Teks Moderator Rapat

Assalaamualaikaum wr. wb.

Selamat malam, rekan-rekan sekalian, terima kasih saya ucapkan atas kehadirannya pada acara rapat kali ini. Agar rapat ini bisa segera dimuali, saya akan membacakan susunan acara inti pada rapat malam ini sebagai berikut.

  1. Pembacaan daftar presensi oleh sekretaris.
  2. Pembahasan iuran anggota.
  3. Pembahasan iuran seragam.

Baiklah, mari kita mulai acara pertama malam ini, yaitu pembacaan daftar presensi oleh sekretaris. Kepada Saudara/Saudari …………….. kami persilakan.

Selanjutnya, kita masuk ke acara kedua, yaitu pembahasan mengenai iuran anggota sekaligus diskusi yang diharapkan dapat menghasilkan keputusan tentang besarnya iuran anggota dan alokasi pemanfaatannya.

Alhamdulillah, pembahasan mengenai iuran anggota telah mencapai kesepakatan dan sekarang, kita masuki agenda rapat berikutnya, yaitu pembahasan mengenai iuran seragam.

Baiklah, rekan-rekan sekalian, kita bersyukur karena acara rapat malam ini berjalan lancar dan menghasilkan kesepakatan yang bisa diterima semua pihak.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasinya dan mohon maaf jika ada kekurangan dalam rapat kali ini. Semoga apa yang kita putuskan mala mini mendapat berkah dari Allah swt.

Wassalaamualaikum wr. wb.

Contoh Teks Moderator Memperkenalkan Narasumber

Salah satu tugas moderator adalah memperkenalkan narasumber untuk menjembatani pembicara dengan audiens. Dalam memperkenalkan narasumber, moderator menyebutkan data pribadi, riwayat pendidikan, keahlian, keilmuan, dan pengalaman atau prestasi narasumber terkait tema acara.

Tujuan pengenalan ini adalah agar audiens merasa lebih familier dengan pembicara dan yakin pada kompetensi dan kapasitasnya. Dengan demikian, acara bisa bermanfaat. Adapun contoh teks moderator saat memperkenalkan narasumber adalah sebagai berikut.

***

Baiklah, hadirin sekalian, kini saatnya kita mendengarkan pemaparan dari pembicara pertama, yaitu Bapak Wildan Syukri. Beliau adalah seorang sastrawan yang sudah banyak menghasilkan karya puisi, khususnya yang bertema nasionalisme.

Bapak Wildan yang lahir di Bandung 50 tahun yang lalu ini pernah dipercaya menjadi Ketua Dewan Kesenian pada tahun 1994–1998. Aktivitas kesenian beliau saat ini adalah sebagai penggiat sastra di Bengkel Puisi “Nurani", Bandung.

Karya-karya beliau telah banyak mendapatkan apresiasi dan dipublikasikan di berbagai media massa, baik lokal maupun nasional. Selain itu, beliau juga telah menulis dua buah buku kumpulan puisi, yaitu Menjaring Matahari dan Indonesia, Cintaku.

Pada kesempatan kali ini, beliau akan menyampaikan makalah dengan judul Peran Penting Puisi sebagai Karya Sastra untuk Menumbuhkan Nasionalisme pada Generasi Milenial. Baiklah, langsung saja kita simak paparan beliau. Kepada Bapak Wildan Syukri, kami persilakan,

Contoh Teks Moderator Acara Sosialisasi

Assalaamualaikkum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak-bapak dan ibu-ibu peserta sosialisasi Sensus Ekonomi 2017 yang saya hormati.

Baiklah, mari kita lanjutkan acara sosialisasi ini dengan mendengarkan pemaparan dari narasumber kita kali ini, yaitu Bapak/Ibu …………………….. (sebutkan namanya) dari ……………………….. (sebutkan instansi atau lembaganya).

Namun, sebelumnya, saya informasikan bahwa acara sosialisasi ini terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi pertama pemaparan materi oleh narasumber dan sesi kedua tanya-jawab. Selanjutnya, mari kita simak bersama pemaparan dari narasumber. Kepada Bapak/Ibu ……………………. saya persilakan.

Terima kasih atas pemaparannya, kita berikan tepuk tangan sekali lagi untuk narasumber.

Selanjutnya, kita masuki sesi tanya-jawab. Untuk termin pertama, saya akan memberikan kesempatan kepada tiga orang penanya. Kepada bapak dan ibu yang ingin bertanya harap menyebutkan nama dan instansinya.

Terima kasih atas pertanyaannya, silakan Bapak/Ibu ………………. menjawab pertanyaan-pertanyaan dari ketiga peserta yang telah mengajukan pertanyaan.

Terima kasih atas jawaban yang diberikan, semoga cukup jelas bagi penanya.

Bapak dan ibu sekalian, demikianlah acara sosialisasi Sensus Ekonomi 2017 pada hari ini. Semoga dengan adanya sosialisasi ini, kegiatan sensus ekonomi tahun 2017 dapat berjalan dengan lancar.

Akhir kata, saya mohon maaf jika terdapat kekurangan selama acara ini berjalan. Selanjutnya, saya kembalikan kepada pembawa acara.

Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Teks Moderator Islami

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak dan ibu guru yang saya hormati serta teman-teman tercinta, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt. atas nikmat iman dan Islam serta kesehatan sehingga kita bisa berkumpul di sini. Tak lupa, kita sampaikan selawat dan salam kepada junjungan kita yang mulia, Nabi Muhammad saw.

Pada pagi ini, Rabu, tanggal 23 Februari 2018, kita akan bersama-sama melaksanakan kegiatan diskusi yang mengangkat tema “Sumbangsih Ilmuwan Muslim pada Peradaban Dunia".

Sebagaimana telah disampaikan oleh pembawa acara, narasumber kita kali ini adalah Bapak Drs. Ilham Setiadi, M.Sc. yang akan segera kita simak pemaparannya. Setelah nanti Bapak Ilham menyampaikan materinya, saya akan memberikan kesempatan kepada teman-teman untuk bertanya.

Untuk mengefektifkan waktu, kepada Bapak Drs. Ilham Setiadi, M.Sc. saya persilakan.

Baiklah, demikian tadi materi dari narasumber kita hari ini dan sekarang kita memasuki sesi tanya-jawab. Adapun peraturan untuk sesi ini adalah penanya terlebih dahulu memperkenalkan diri dan setiap penanya hanya boleh memberikan satu pertanyaan.

Alhamdulillahirabbil alamin, sesi tanya-jawab sudah selesai. Dari hasil diskusi tadi, saya simpulkan bahwa ………………………………..

Sekian diskusi kita hari ini, terima kasih saya ucapkan kepada narasumber dan seluruh peserta atas partisipasinya sehingga acara ini bisa berjalan dengan sukses. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan acara saya kembalikan kepada pembawa acara.

Wabillahitaufiq walhidayah, wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Naskah Moderator dan Narasumber

Naskah Moderator

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang kami hormati para undangan, narasumber, dan hadirin yang berbahagia.

Bersyukurlah kita karena telah diberi nikmat berupa kesehatan dan kesempatan untuk menghadiri acara ini. Sebagaimana telah diketahui, pagi ini kita akan mengikuti seminar tentang pentingnya peran agama bagi para remaja.

Saya, selaku moderator, terlebih dahulu akan menjelaskan ketentuan sesi diskusi ini. Kita akan terlebih dahulu mendengarkan pemaparan dari narasumber kita hari ini, masing-masing sekitar 20 menit.

Selanjutnya, barulah acara kita lanjutkan dengan sesi tanya-jawab yang akan dibagi dalam tiga termin dengan tiga pertanyaan pada tiap termin. Disksusi akan ditutup dengan kesimpulan yang akan saya bawakan selaku moderator.

Baiklah, kita mulai saja sesi ini dengan mendengarkan bersama materi dari narasumber pertama. Kepada Bapak/Ibu ……………, kami persilakan.

Terima kasih kepada narasumber atas pemaparan materinya dan selanjutnya, saya buka termin pertama untuk tiga penanya. Kepada audiens, saya persilakan.

Hadirin sekalian, dari diskusi yang terjadi pada sesi tanya-jawab ini, dapat kita simpulkan bahwa agama memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan karakter remaja di era milenial sekarang ini ……………………..………………

Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta atas perhatian dan antusiasmenya selama mengikuti seminar ini. Semoga seminar ini mendatangkan manfaat bagi kita semua.

Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Naskah Narasumber

Terima kasih kepada moderator atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk membawakan materi mengenai hal yang sangat penting bagi kita, yakni pendidikan karakter remaja yang berbasiskan agama.

Hadirin yang berbahagia, masa anak-anak hingga remaja merupakan periode yang sangat penting dalam proses pembentukan karakter seorang manusia. Sayangnya, lingkungan yang tidak sehat menjadikan anak-anak memiliki karakter negatif.

Perilaku yang menyimpang dari ajaran agama pun kerap dilakukan, seperti tawuran, balapan liar, pemakaian narkoba, pergaulan bebas, bahkan hamil di luar nikah. Jika diamati, hal ini terjadi karena tidak adanya karakter agamis pada diri remaja.

Melihat fenomena itu, pendidikan agama dan karakter pada remaja menjadi semakin penting untuk lebih ditekankan karena akan menjadi fondasi bagi mereka dalam menghadapi krisis moral. Agama merupakan pedoman hidup yang menjadi sarana untuk menanamkan karakter yang positif.

Keberhasilan dan kegagalan sebuah proses pendidikan terletak pada pendidikan agama dan karakter. Hal inilah yang harus menjadi perhatian serius para orang tua dan pendidik. Pendidikan karakter tidak boleh hanya menjadi wacana, tetapi harus benar-benar direalisasikan.

Oleh karena itu, pendidikan agama harus terus-menerus ditanamkan kepada remaja, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal, di mana dan kapan saja. Seiring berjalannya waktu, insya Allah, karakter remaja perlahan akan terbentuk dan menjadi generasi yang memiliki sifat spiritual.

Demikian pemaparan yang dapat saya sampaikan pada seminar kali ini, semoga bermanfaat. Selanjutnya, saya kembalikan kepada moderator untuk membuka sesi diskusi dan tanya-jawab.

Terima kasih, wassalaamualaikum wr. wb.

Contoh Moderator Diskusi Kelompok

Assalaamualaikum wr. wb.

Yang terhormat Bapak/Ibu Dr. Ir. Indri Rismawati, S.T.,M.Sc. selaku dosen pembimbing pada mata kuliah Pengelolaan Limbah B3 serta teman-teman yang saya banggakan.

Puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah Swt. atas rahmat-Nya kepada kita semua. Selawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad saw.

Pada diskusi kali ini, kita akan mengangkat topik mengenai teknologi pengolahan limbah berbahaya dan beracun. Saya, Karina, mahasiswi semester IV jurusan teknik lingkungan, selaku moderator akan membimbing jalannya diskusi ini.

Adapun rangkaian acara pada diskusi kali ini terdiri dari

  1. Pembukaaan,
  2. penyajian materi,
  3. sesi tanya-jawab,
  4. masukan dari dosen pembimbing, dan

Kita langsung saja masuki acara pertama, yaitu pembukaan, dengan mengucapkan basmalah.

Acara selanjutnya adalah penyajian materi, saya persilakan kepada penyaji dari kelompok 1 untuk langsung menyampaikan presentasinya.

Terima kasih atas pemaparan materinya, dan sekarang, saya persilakan kepada penyaji dari kelompok 2.

(demikian seterusnya sampai seluruh kelompok selesai memaparkan materinya.)

Baiklah, teman-teman sekalian, kita sudah menyimak pemaparan materi dari semua kelompok, dan sekarang, saatnya kita masuki sesi tanya-jawab dengan ketentuan sebagai berikut.

Tanya-jawab terbagi dalam 2 termin, setiap termin terdiri dari 3 orang penanya, dan untuk setiap pertanyaan akan diberikan 2 sanggahan.

Selama diskusi berlangsung, seluruh peserta diskusi diminta untuk tenang.

Baiklah, kita mulai saja, kepada audiens yang ingin bertanya, silakan mengangkat tangan terlebih dahulu.

(Peserta menyampaikan pertanyaannya.)

Bagaimana, kelompok penyaji, apakah pertanyaannya cukup jelas?

(Jika penyaji belum memahami pertanyaannya, moderator meminta penanya untuk mengulanginya.)

Kami persilakan kepada penyaji untuk menjawab dan menanggapi pertanyaan yang diberikan.

(Penyaji memberikan jawaban)

Bagaimana, sudah cukup jelas jawaban dari penyaji?

Terima kasih, teman-teman, sesi tanya-jawab akhirnya selesai sudah, dan sekarang, saatnya kita mendengarkan masukan dari Ibu Indri selaku dosen pembimbing. Kepada Ibu Indri, saya persilakan.

Demikian masukan dari ibu dosen kita tercinta. Selanjutnya, karena sesi tanya-jawab sudah selesai, saya persilakan kepada notulen untuk membacakan kesimpulan diskusi hari ini.

Demikian diskusi kelompok kita kali ini. Marilah kita tutup sesi ini dengan bersama-sama mengucapkan hamdalah. Alhamdulillahirabbil alamiin.

Saya selaku moderator mengucapkan terima kasih kepada Ibu Indri dan teman-teman semua atas partisipasi aktifnya. Saya juga memohon maaf jika ada kesalahan dan marilah kita berikan applause untuk para kelompok penyaji.

Wassalaamualaikum wr. wb.

Selanjutnya, acara saya kembalikan kepada dosen pembimbing.

***

Menjadi moderator sebetulnya tidak sulit, dan yang terpenting, Anda harus menguasai garis besar permasalahan yang menjadi tema acara. Anda bisa menggunakan contoh teks moderator di atas sebagai acuan, dan Anda bebas untuk memodifikasinya sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress