RETENSI KARYAWAN : Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Retensi Karyawan – Jika Anda memiliki sebuah bisnis atau perusahaan. Anda harus bisa mengelola karyawan dengan baik agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Adapun, proses pengelolaan karyawan sendiri dapat dilakukan dari mulai perekrutan SDM, pengembangan SDM sampai dengan mempertahankan karyawan-karyawan yang memiliki kinerja baik dan juga potensial.

Nah, cara-cara untuk mempertahankan karyawan inilah yang kemudian disebut dengan retensi karyawan. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang retensi karyawan, kita akan membahasnya secara detail dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Retensi Karyawan

pixabay.com

Retensi karyawan adalah langkah-langkah yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mempertahankan pegawai-pegawai terbaiknya agar memiliki kenyamanan ketika bekerja dan tidak keluar dari perusahaan karena alasan-alasan tertentu.

Dalam sebuah perusahaan retensi karyawan dinyatakan sebagai presentase. Tingkat persentase dari masing-masing perusahaan dalam retensi karyawan bisa berbeda-beda tergantung strategi yang digunakan.

Cara Meningkatkan Retensi Karyawan

pixabay.com

Banyak strategi yang dapat dilakukan untuk menaikan persentase dari retensi karyawan dalam sebuah perusahaan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Buat Proses Orientasi yang Baik

Di masa-masa awal karyawan bekerja di perusahaan. Ada baiknya anda memberikan pemahaman-pemahaman yang baik terhadap karyawan baru. Di antaranya adalah dengan mengenalkan visi perusahaan, budaya perusahaan dan lain sebagainya.

Buatlah kesan kekeluargaan dalam perusahaan. Dengan begitu, pada karyawan baru nantinya muncul rasa saling memiliki dan juga loyalitas yang tinggi pada perusahaan.

  1. Berikan Pelatihan

Seorang karyawan biasanya akan betah bekerja di perusahaan apabila perusahaan terus mendorong dirinya untuk semakin berkembang dari hari ke hari.

Maka dari itu, untuk mendorong retensi karyawan, setiap perusahaan perlu mengeluarkan dana lebih untuk hal-hal yang bisa meningkatkan skill mereka dalam bekerja. Entah itu dalam bentuk pelatihan, seminar, workshop, magang ke luar negeri dan lain sebagainya.

  1. Bersikap Terbuka

Sebagai manusia, setiap karyawan pasti memiliki masalah dalam hidupnya, baik itu dari sisi keuangan, keluarga, hubungan dan lain sebagainya. Di titik ini perusahaan harus bisa memberikan layanan pada para karyawan agar mereka memiliki tempat untuk menyelesaikan masalah.

Selain itu, perusahan juga harus menerima dan terbuka terhadap setiap kritik yang di suarakan oleh para karyawan. Perusahaan tidak boleh sampai tutup mata terhadap setiap permasalahan yang dimiliki oleh karyawan.

  1. Beri Penghargaan

Perlakukanlah para karyawan sebagaimana anda ingin diperlakukan. Bagaimanapun karyawan ingin dihargai dan mendapat apresiasi dari setiap kerja keras yang mereka lakukan di perusahaan.

Adapun penghargaan pada karyawan bisa dilakukan dalam berbagai macam bentuk, misalnya bonus bulanan atau akhir tahun, liburan, jaminan kesehatan dan lain sebagainya.

  1. Tawarkan Gaji yang Layak

Gaji yang layak adalah gaji yang sesuai dengan kerja keras, pengalaman, kemampuan, keterampilan dan juga sumbangsih mereka pada perusahaan. Hal ini tentu saja bersifat subjektif.

Namun, untuk mempertahankan karyawan terbaik, sebuah perusahaan memang harus berani memberikan gaji lebih tinggi dari standar perusahaan. Dengarkanlah setiap permintaan karyawan, lalu bernegoisasilah sampai menemukan titik di mana perusahaan dan karyawan sama-sama diuntungkan.

  1. Berikan Kenyamanan dan Kemudahan

Di beberapa perusahaan, utamanya yang bergerak di bidang teknologi, sekarang ini sudah banyak terobosan-terobosan yang dilakukan untuk membuat para pegawai betah bekerja di perusahaan.

Di antaranya adalah dengan membuat minuman gratis, fasilitas olahraga dalam ruangan, café subsidi, kursi tidur dan lain sebagainya.

So, itulah tadi artikel singkat tentang retensi karyawan dan juga cara menaikan retensi karyawan di sebuah perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

  1. Kelola Karyawan Dengan Software HRIS

Bagi pemilik bisnis. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melakukan retensi karyawan dengan efektif adalah dengan menggunakan software keluaran dari GreatDayHR Indonesia yakni HRIS online.

Dengan software ini pihak perusahaan dapat mengelola karyawan dengan baik dari sisi absensi, gaji, meeting online dan juga pengukuran kinerja karyawan.

Dengan HRIS, pihak perusahaan akan lebih mudah mengukur dan mengetahui siapa saja karyawan yang layak dipertahakan dan mana yang kurang layak. Software HRIS akan membantu perusahaan untuk mencapai efektivitas dan juga efisiensi ketika menjalankan bisnisnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.