23 Urutan Pangkat TNI AD, AL dan AU Beserta Tanda Kepangkatannya (LENGKAP!)

Urutan Pangkat TNI – Dalam satu negara yang berdaulat dibutuhkan pasukan atau angkatan perang negara. Di Indonesia angkatan perang tersebut bernama Tentara Republik Indonesia (TNI). Salah satu angkatan perang dengan anggota terbanyak adalah angkatan darat.

Dalam strukturnya. TNI maupun Polisi mempunyai jenjang tertentu dalam hal kepangkatan. Nah, dalam artikel ini kita akan sedikit membahas urutan kepangkatan TNI AD, AU dan Juga AL.


SEJARAH SINGKAT TNI


urutan pangkat tni
dw.com

Pada masa perjuangan mengusir penjajah, rakyat Indonesia membentuk organisasi bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR). Lalu berganti menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada tanggal 5 Oktober, beberapa bulan setelah proklamasi kemerdekaan di tahun 1945. Tak berapa lama namanya diubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Namun, saat itu banyak organisasi lain yang dibentuk rakyat selain TRI. Maka pada tahun 1947, presiden yang berkuasa yaitu Sukarno membentuk Tentara Nasional Indonesia disingkat TNI.

Ketika Indonesia mengganti sistem negara menjadi Republik Indonesia Serikat (RIS), TNI pun berubah menjadi Angkatan Perang RIS (APRIS). APRIS merupakan gabungan dari TNI dan KNIL. Organisasi tersebut berubah kembali sesaat setelah Indonesia kembali ke bentuk negara persatuan pada tahun 1950, menjadi Angkatan Perang Republik Indonesia (APRI).

Zaman berganti, periode APRI ikut mengalami perubahan. Di tahun 1962, upaya untuk menyatukan Polri dan TNI menjadi kenyataan. Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dibentuk untuk membuat Indonesia kuat dan mampu menghadapi ancaman nyata dari pihak tertentu.    

Situasi politik di Indonesia membuat pemerintah dan wakil rakyat memutuskan kembali memisahkan kedua institusi tersebut, Polri dan TNI. Akhirnya pada tanggal 1 April 1999, TNI dan Polri dipisah menjadi institusi tersendiri. Independensi kedua institusi ini memang diperlukan untuk kemajuan Indonesia yang sedang reformasi kala itu.


SEKILAS TENTANG TNI AD, AU DAN AL


google images

Tentara Nasional Indonesia terdiri dari tiga angkatan perang berbeda, yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU). Masing-masing memiliki tanggung jawab dan wilayah berbeda untuk dijaga. Penyebutan kepangkatannya ada yang sama, ada pula yang berbeda.

  • Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (AD)
    TNI AD dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD). Terdapat dua komando utama  untuk pertempuran di Angkatan Darat yaitu Kopassus dan Kostrad. Selain itu para prajurit dididik untuk menjadi tentara dengan dedikasi tinggi di Akademi Militer (Akmil), Secapa, Seskoad, dan Kodiklat. Banyak calon bintara dan perwira belajar di sana. 
  • Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (AL)
    TNI AL dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), sedangkan TNI AU dipimpin oleh kepala Staf Angkatan Udara (KASAU). Indonesia sebagai negara kepulauan membutuhkan Angkatan Laut andal. Begitu pula dengan Angkatan Udaranya.Armada Angkatan Laut sebagai kekuatan utama pasukan laut Indonesia memiliki dua armada terpisah. Armada pertama disebut Armada Barat berada di Tanjung Priok Jakarta. Armada kedua terletak di Tanjung Perak Surabaya, yaitu Armada Timur. Ada pula korps marinir yang profesional dalam tugas mengamankan wilayah laut Republik Indonesia. AL berada dalam satu komando lintas laut militer atau Kolinlamil.
  •  Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (AU)
    Angkatan Udara juga membagi kekuatan utamanya dalam dua komando operasi. Komando operasi pertama berada di Halim Perdanakusuma Jakarta (Koops AU I). Dan komando operasi kedua (Koops AU II) terletak di Makassar.

 


URUTAN PANGKAT TNI AD DAN LAMBANGNYA


Berikut ini penjelasannya untuk tingkatan pangkat Tentara Nasional Indonesia atau Pangkat TNI AD (Angkatan Darat).

  1. Daftar Urutan Pangkat TNI Angkatan Darat (AD) dan Tanda Kepangkatannya
Jenjang TNI Angkatan Darat Singkatan Tanda
Pangkat Kehormatan Jenderal Besar             Lambangpangkat kehormatanhjjdshjfhjsh
Perwira Tinggi
Jenderal Jend.

 

Letnan Jenderal Letjen

 

Mayor Jenderal Mayjen
Brigadir Jenderal Brigjen
Perwira Menengah
Kolonel  Kol.
Letnan Kolonel  Letkol
Mayor  May.
Perwira Pertama
Kapten  Kapt.
Letnan Satu  Lettu
Letnan Dua  Letda
Bintara Tinggi
Pembantu Letnan Satu  Peltu
Pembantu Letnan Dua  Pelda
Bintara
Sersan Mayor  Serma
Sersan Kepala  Serka
Sersan Satu  Sertu
Sersan Dua  Serda
Tamtama Kepala
Kopral Kepala  Kopka
Kopral Satu  Koptu
Kopral Dua  Kopda
Tamtama
Prajurit Kepala  Praka
Prajurit Satu  Pratu
Prajurit Dua  Prada
       

 

#1 PANGKAT KEHORMATAN & PERWIRA TINGGI

dreamindonesia.me
  1. Jenderal Besar
    Pangkat tertinggi TNI ini dalam sejarah Indonesia baru dimiliki oleh 3 orang yaitu Jenderal Besar Sudirman, Jenderal Besar AH. Nasution dan Jenderal Besar Suharto. Tanda kepangkatan ini memiliki 5 bintang.
     
  2. Jenderal
    Di Indonesia, pangkat jenderal memiliki 4 bintang. Keempat bintang tersebut diberikan sebagai tanda penghargaan negara terhadap jasa perwira yang telah menyumbangkan waktu dan tenaganya bagi Republik Indonesia.
     
  3. Letnan Jenderal
    Selain kedua pangkat di atas, pangkat Letjen juga ditandai dengan 3 bintang. Perwira tinggi Angkatan Darat atau sering disebut sebagai Pati adalah pangkat yang diidamkan banyak prajurit. Dan hanya mereka yang berdedikasi yang sanggup mencapainya.
     
  4. Mayor Jenderal
    Perwira yang telah meraih pangkat sebagai Mayjen memperoleh tanda 2 bintang yang tersemat di lengan dan dada seragam militernya. Jabatan TNI ini memiliki tanggung jawab tersendiri, selain kebanggaan yang dirasakan oleh para perwira tinggi.
     
  5. Brigadir Jenderal
    Brigjen memiliki satu bintang yang tersemat dan diberikan sebagai penghargaan bagi mereka yang berjasa. Urutan pangkat ini adalah urutan pertama bagi perwira tinggi di lingkungan TNI AD.

#2. PERWIRA MENENGAH

  1. Kolonel
    Pangkat kolonel adalah pangkat tertinggi di perwira menengah. Pangkat TNI jenjang ini dilambangkan dengan melati tiga. Bila di kepolisian pangkat ini setara dengan Kombes atau Komisaris Besar. Jabatan struktural pangkat ini contohnya adalah Komandan resort militer atau danrem. 
  2. Letnan Kolonel
    Pangkat letnan kolonel atau biasa disingkat dengan Letkol ditandai dengan lambang dua melati emas di bagian pundak / bahu. Jabatan ini setara dengan Ajun Komisaris Besar dalam lingkungan Polri atau kepolisian. 
  3. Mayor
    Pangkat mayor diberikan kepada kapten yang mendapatkan kenaikan atau promosi pangkat. Dalam dunia ke polisian pangkat TNI satu ini setara dengan Komisaris Polisi.

#3. PERWIRA PERTAMA

dreamindonesia.me
  1. Kapten
    Susunan Pangkat TNI kapten merupakan yang tertinggi di jenjang Perwira utama. Satu tinkat diatas letnan satu dan satu tingkat dibawah mayor. 
  2. Letnan Satu
    Kepangkatan TNI Latnan Satu biasa disingkat dengan “Lettu”. Pangkat tentara level ini sama dengan jabatan Inspektur Polisi dalam lingkup Kepolisian. 
  3. Letnan Dua
    Pangkat letnan dua atau disingkat Letda adalah jenjang terendah di Perwira Pertama. Jabatan militer ini diberikan pada bintara yang mendapat promosi atau kenaikan jabatan ke jenjang perwira melalui Secapa (Sekolah Calon Prawira). Untuk TNI AD Secapa ditempuh di Bandung. 

#4. BINTARA TINGGI

dreamindonesia.me
  1. Pembantu Letnan Satu
  2. Pembantu Letnan Dua

#5. BINTARA

dreamindonesia.me
  1. Sersan Mayor
  2. Sersan Kepala
  3. Sersan Satu
  4. Sersan Dua

#6. TAMTAMA

dreamindonesia.me

Strata Pangkat Tamtama;

  1. Kopral Kepala
  2. Kopral Satu
  3. Kopral Dua

#7. TAMTAMA KEPALA

999-logo.blogspot.co.id
  1. Prajurit Kepala
  2. Prajurit Satu
  3. Prajurit Dua

 


URUTAN PANGKAT TNI AL


 

wikimedia.org

Berikut ini adalah lambang atau logo militer dari TNI angkatan laut beserta dengan urutan kepangkatan atau tingkatan pangkat TNI AL;

Jenjang TNI Angkatan Laut
Pangkat kehormatan Laksamana Besar
Perwira Tinggi
Laksamana
Laksamana Madya
Laksamana Muda
Laksamana Pertama
Perwira Menengah
Kolonel
Letnan Kolonel
Mayor
Perwira Pertama
Kapten
Letnan Satu
Letnan Dua
BintaraTinggi
Pembantu Letnan Satu
Pembantu Letnan Dua
Bintara
Sersan Mayor
Sersan Kepala
Sersan Satu
Sersan Dua
Tamtama Kepala
Kopral Kepala
Kopral Satu
Kopral Dua
Tamtama
Kelasi Kepala
Kelasi Satu
Kelasi Dua

 


URUTAN PANGKAT TNI AU


wikimedia.org

Berikut ini adalah logo atau lambang TNI AU beserta dengan urutan pangkat TNI angkatan udara Indonesia;

Jenjang TNI Angkatan Udara
Pangkat Kehormatan Marsekal Besar
Perwira Tinggi
Marsekal
Marsekal Madya
Marsekal Muda
Marsekal Pertama
Perwira menengah
Kolonel
Letnan Kolonel
Mayor
Perwira Pertama
Kapten
Letnan Satu
Letnan Dua
Bintara Tinggi
Pembantu Letnan Satu
Pembantu Letnan Dua
Bintara
Sersan Mayor
Sersan Kepala
Sersan Satu
Sersan Dua
Tamtama Kepala
Kopral Kepala
Kopral Satu
Kopral Dua
Tamtama
Prajurit Kepala
Prajurit Satu
Prajurit Dua

 


GAMBAR TNI ANGKATAN DARAT


 

Itulah sekilas keterangan mengenai kepangkatan TNI, beserta daftar kepangangkatan TNI berbagai jenjang jabatan. Baik itu urutan pangkat dalam TNI AD – Angkatan Darat, Al – Angkatan Laut serta AU – Angkatan Udara.

Semoga Informasi ini dapat memberi Bermanfaat ..

#Trims –

WASSALAM _

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *