(WikiMusik) Daftar Alat Musik Gesek Beserta Penjelasannya Lengkap

Alat Musik Gesek – Ada beberapa macam alat musik yang cara memainkannya dengan digesek. Namun kamu pasti tahu, bahwa beberapa alat musik gesek ini bersaudara. Keberadaannya yang saling melengkapi membuat keenam alat musik ini dinamakan bersaudara. So, Apa saja keenam alat musik ini, mari kita simak bersama.


Alat Musik Gesek Biola


kaskus.co.id
kaskus.co.id

Alat musik ini berasal dari Eropa, memiliki empat senar yaitu G-D-A-E. Nada yang paling rendah adalah G, jadi tidak heran jika kebanyakan musik untuk biola hampir selalu ditulis pada kunci G. Biola memiliki beberapa bagian, yakni terdiri dari badan, leher, jembatan, papan yang berbentuk jari, dan ada juga alat pembantu.

Adapun yang disebut alat pembantu tersebut yakni pasak penyetel, ekor, penyangga dagu, pin, tali. Pasak penyetel fungsinya menyetel suara per senar. Ekornya berfungsi menahan agar senar tidak lepas. Sedangkan pin dan tali tentunya untuk mengikat ekor biola. Penyangga dagu dapat tergabung dengan ekor biola ataupun dipasang di sebelah kirinya.

Jangan salah dalam menyebut pemain Biola karena ada beberapa yang mirip loh, untuk pemain Biola disebut Violinist, sedangkan pemain Viola adalah Violist


Alat Musik Gesek Cello


cello

Alat musik ini mirip sekali dengan biola, hanya saja ukurannya lebih besar. Cello merupakan alat musik yang populer dalam banyak segi. Misalnya sebagai musik kamar, instrumen tunggal, bisa juga sebagai fondasi dalam suara orkestra modern. Cello paling erat terkait denganmusik klasik Eropa.

Cello mempunyai 4 senar, biasanya disusun dengan nada A-D-G-C yakni dari tinggi ke rendah. Alat musik ini seperti viola dan biola, hanya berbeda sedikit nada saja dari mereka. Musiknya lebih rendah satu oktaf dari viola dan lebih rendah seperlimanya dari biola. Cello dapat dimainkan dengan cara berdiri atau duduk.


Alat Musik Gesek Violin


violin

Alat musik ini sering digunakan saat pagelaran orkestra, baik pagelaran besar maupun kecil. Alat musik ini cukup sulit untuk dimainkan. Ukuran violin lebih kecil dari viola. tuning di Violin dari senar 4 sampai 1 adalah; G-D-A-E, Violin lebih sering digunakan sebagai musik solo.


Alat Musik Gesek Viola


viola-600x400

Alat musik ini seringkali disamakan dengan violin. Disamping namanya yang hampir sama, fungsinya pun sama yakni merupakan string instrument. Inilah tengah suara dari keluarga biola, yang berada diantara biola dan cello. Viola memiliki rich timbre yang lebih gelap dan ukurannya lebih besar dari biola dan violin. Patterndesain di bagian belakangnya pun juga beda. Viola menjadi musik pengiring violin karena nada yang dihasilkan dari senar 4 sampai 1 adalah: C-G-D-A.

Ukuran viola berkisar antara 15-18 inci (38-46 cm) dengan rata-rata panjang 16 inci atau sekitar 41 cm. Viola ukuran kecil biasanya 12 inci (30 cm), yang setara dengan setengah ukuran violin.


Kontra Bass (Contrabass)


capture

Contrabass bisa juga disebut Double bass, bisa juga disebut Upright bass. Alat musik ini adalah alat musik bass bersenar yang muncul pertama kali di dunia, yakni pada abad ke 15 di Eropa. Contrabass seringkali dihubungkan dengan orchestra karena masih merupakan satu induk dengan violin, termasuk viola, dan cello.

Alat musik ini bernada G-D-A-E sama seperti gitar bass tetapi tidak memiliki fret. Munculnya ide pembuatan contrabass pertama kali karena lagu tanpa bass seperti sayur tanpa garam. Masih terasa hambar dan kurang sedap. Untuk selanjutnya, keberadaan contrabass ini terus mengalami pembaharuan sehingga posisinya mulai terancam. Nah tidak heran jika sekarang kita lihat bahwa posisi contrabass digantikan gitar bass dalam sebuah band.

Cara memainkan contrabass ada 2, yaitu digesek dan dipetik. Bermain dengan cara  digesek sama persis dengan bermain biola biasa. Jika dipetik, caranya sama seperti bermain gitar atau bass. Petikan untuk contrabass disebut pizzicato. Walau contrabass lebih identik dengan orchestra daripada band, banyak bassist band yang bisa bermain contrabass mencoba memainkannya di lagu-lagu tertentu biasanya lagu bertempo lambat dan bersuasana akustik.


Alat Musik Gesek Rebab


alat musik sunda rebab
Alat Musik Rebab || comotilmu.com

Alat musik yang terakhir ini berasal dari tanah air sendiri, yakni berasal dari daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jakarta. Bahannya yang terbuat dari kayu membuat rebab memiliki bunyi khas, pelan dan mempunyai tangga nada pentatonis. Untuk resonatornya cukup ditutup dengan kulit tipis.

Adapun rebab yang terbuat dari tempurung kelapa, biasanya dinamakan Ohyan. Alat musik jenis ini bisa kita jumpai di Jawa, Bali maupun Kalimantan Selatan

Tidak heran jika rebab dijadikan salah satu instrument pembuka dalam pertunjukkan kesenian wayang atau kesenian lainnya. Selain itu, rebab bisa dijadikan penentu tembang dan petunjuk alat musik lain. Fungsinya seperti kepala suku karena memiliki cakupan wilayah nadanya yang luas dan bisa masuk ke dalam laras apapun.

Itulah enam Alat Musik Gesek yang bersaudara karena bentuk dan cara memainkannnya yang sama. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Wassalam ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *