Arti Jazakallahu Khairan, Jazakumullahu Khairan dan Jawabannya, TERLENGKAP!!

Jazakallahu Khairan artinya adalah Semoga Allah Membalasmu dengan Kebaikan. Kalimat ini biasa digunakan sebagai bentuk rasa Terima Kasih seorang Muslim terhadap sesama Muslim lainnya yang telah melakukan suatu kebaikan.

Begitupun Jazakumullah Khairan artinya adalah Semoga Allah Membalas Kalian dengan kebaikan. Makna dari keduanya sama, hanya berbeda dalam penggunaan (lihat sub no 2_).

Bila kita terjemahkan satu per satu. Jazakallah artinya adalah semoga Allah membalasmu, Membalasmu dengan apa? ya dengan Khairan yang artinya adalah kebaikan.

Kalimat Jazakallah Khairan (dibaca: Jazakallahu_Khairan) atau Jazakumullah Khairan (dibaca: Jazakumullahu_Khairan) saling berhubungan dan penggunaannya tidak bisa dipisahkan menjadi Jazakallah saja, atau khairan saja. Jadi, biasakanlah untuk mengucapkan kalimat yang mengandung do’a ini secara lengkap sesuai yang dicontohkan.

Dasar penggunaan Jazakallahu Khairan terdapat dalam Hadits yang diriwayatkan Dari Usamah bin Zaid r.a, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

 

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى
الثَّنَاءِ ».

 Usamah bin Zaid berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.”

(HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Kitab Shahih Al jami’, no. 6368)


Itulah tuntunan dalam menggunakan kalimat Jazakallahu Khairan. Nah, kemudian yang sebetulnya harus kita dihindari adalah mengurangi ucapan tersebut atau malah menambahinya.

Dalam keseharian kita sering mendengar ucapan tersebut ditambah dengan kata katsiran yang artinya banyak. Sehingga menjadi.. Jazakallahu Khairan Katsiran yang artinya semoga Allah membalasmu dengan Kebaikan yang Banyak.

 

Meskipun kalimat tersebut terdengar lebih mantap, Namun sebagai seorang Muslim yang taat, Alangkah lebih baiknya kita menggunakan “Jazakallahu Khairan” saja, sesuai dengan tuntunan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam hadits Meskipun sebetulnya tidak ada larangan pula bila menambahkannya.

 


Penggunaan Kata Jazakallahu Khairan


jazakallahu khairan jazakumullah khairan
sukasaya.com

Bahasa Arab tentu saja berbeda dengan bahasa Indonesia, terdapat pelapalan berbeda ketika mengucapkan sesuatu kepada perempuan, laki- laki tunggal dan Jamak. Begitupun dengan kalimat ini yang memiliki kaidah berbeda dalam penggunaannya.

1. جَزَاكَ اللهُ  (Jazakallahu Khairan)

Semoga Allah Membalasmu Dengan Kebaikan (Laki-laki )

2. جَزَا ك الله (Jazakillahu Khairan)
Semoga Allah Membalasmu Dengan Kebaikan (Perempuan)

3. جَزَاكُمُ اللهُ  (Jazakumullahu Khairan_)
Semoga Allah Membalas Kalian dengan Kebaikan (Jamak)

 


Cara Menjawab Ucapan Jazakallah Khairan 


jazakallah khairan jazakumullah
annida-online.com

Tidak ada dalil atau hadits dari Rasulullah SAW yang menjelaskan tentang cara menjawab ucapan Jazakallah Khairan, Namun beberapa Ulama memberikan pendapat tentang jawaban dari ucapan ini. Diantaranya dengan menjawab .

Pertama, Dengan mendo’akan sebagaimana ia mendo’akanmu, yakni dengan mengulang ucapan tersebut وجزاكم الله خيرا (Wajazakallahu Khairan) dan semisalnya. yang artinya adalah Dan semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan.

Kedua adalah menjawabnya dengan Waiyyaka (lk), Waiyyaki (pr), Waiyyakum (jamak) (sesuai lawan bicara) yang memiliki arti Dan kepadamu juga atau Dan kepada kalian juga.

Dua jawaban tersebut memang diperkenankan karena ada kesinambungan dari segi makna. Namun pendapat pertama yang mengatakan Jawaban Jazakallahu Khairan adalah dengan mengucapkan kembali ucapan tersebut lebih diunggulkan. …  Wallahu a’lam .

 


KESIMPULAN


Berikut ini adalah kesimpulan dari penjelasan singkat tentang Arti Jazallahu Khairan.

  1. Arti Jazakallah Khairan (dibaca: Jazakallahu Khairan) adalah Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan. 
  2. Arti Jazakumullah Khairan (dibaca: Jazakumullahu Khairan) adalah Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan.
  3. Penggunaan ucapan ini harus disesuaikan dengan subjek lawan bicara. Jazakallahu Khairan (laki- laki tunggal), Jazakillahu Khairan (Perempuan tunggal) dan Jazakumullahu Khairan (Jamak).
  4. Jawaban dari Ucapan Jazakallahu Khairan adalah dengan mengucapkan kembali kalimat tersebut Wa Jazakallahu Khairan/ Wa Jazakillahu Khairan / Wa Jazakumullahu Khairan. yang artinya Dan Semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan.
  5. Jawaban lainnya adalah dengan mengucapkan Wa iyyaka (laki-laki tunggal), Wa Iyyaki (perempuan tunggal) dan Wai Iyyakum (jamak)
  6. Dalam penggunaannya, Lebih baik dicukupkan dengan ucapan “Jazakallahu Khairan” saja, tanpa ada tambahan “katsiran” dsb, sesuai yang tertera dalam Hadits. Meskipun tidak ada pelarangan terhadap hal demikian.
  7. Sebagai seorang Muslim alangkah lebih baiknya meninggalkan ucapan terima kasih dan menggantinya dengan “Jazakallahu Khairan_” yang mengandung makna ucapan terima kasih sekaligus Do’a didalamnya.


Ungkapan dan Do’a Dalam Bahasa Arab Lainnya


jazakallah khairan jazakumullah dan artinya
dakwahpos.blogspot.com

Berikut ini adalah beberapa ungkapan atau ucapan lain dalam Bahasa Arab.  Beberapa ucapan tersebut ada yang mengandung do’a dan dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW. Seperti ucapan Jazakallahu Khairan, Barakallah, Assalamu’alaikum dsb.

Beberapa lainnya adalah  ungkapan bahasa Arab yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari – hari contohnya adalah seperti ucapan Syafakillah, Akhi, Ukhti dll

Ungkapan Bahasa Arab Sehari- Hari :

1. Akhi
Arti dari akhi adalah saudariku. Kata ini biasa digunakan sebagai panggilan seseorang pada seoranga laki- laki dalam bentuk tunggal.

2. Ukhti
Sama dengan arti dari Akhi, Ukhti adalah saudariku. Kata ini biasa digunakan pada perempuan dalam bentuk tunggal.

3. Ikhwan
Ikhwan adalah bentuk jamak dari Akhir, Arti dari Ikhwan adalah saudara- saudaraku. Kata ini digunakan sebagai panggilan untuk laki laki dalam jumlah banyak (lebih dari 1)

4. Akhwat
Akhwat adalah bentuk jamak dari ukhit, Arti dari Akhwat adalah saudari- saudariku. Ini digunakan sebagai panggilan pada perempuan dalam jumlah banyak.

5. Syukran . Syukron
Arti dari syukran adalah terima kasih. Digunakan sebagai ucapan kepada seseorang yang telah melakukan kebaikan. Namun untuk sesama Muslim kita dianjurkan untuk mengucapkan “Jazakallahu Khairan” yang artinya Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan. Ucapan tersebut lebih baik dari syukran karena ia mengandung sebuah Do’a.

6. Syafakillah / Syafakallah
Arti dari syafakillah adalah Semoga Allah menyembuhkanmu. Ungkapan ini biasa digunakan ketika seseorang bertemu atau berjumpa dengan kerabat, keluarga atau teman yang sedang sakit.

7. Tafadhdhal / Tafadhdhalli
Arti dari ungkapan diatas adalah Silahkan. Digunakan untuk mempersilahkan orang masuk, duduk, memulai sesuatu dan lain sebagainya.

8. Na’am Iya

9. Laa Tidak

10. AnaSaya

11. AntaKamu (laki- laki) / Anti – Kamu (Perempuan)  /Antum – Kalian (Laki laki)

12. Fulan / Fulanah – Seseorang yang tidak diketahui namannya (Si Anu …)

 


Ungkapan Bahasa Arab Lainnya


google images

Beberapa ungkapan dibawah ini mengandung sebuah do’a dan pujian terhadap Allah SWT dan beberapa ungkapan tersebut penggunaannya telah dicontohkan dan terdapat dalam beberapa riwayat Hadits:

1. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Artinya adalah Semoga Allah melimpahkan Keselamatan, Rahmat dan Keberkahan untukmu. Digunakan ketika berjumpa dengan sesama Muslim lainnya, ketika memasuki suatu ruangan dan sebagainya.

2. Baarakallah – Semoga Allah Memberkahi.

3. Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fi khoyr
Digunakan ketika berjumpa dengan orang yang melangsungkan pernikahan.

4. Subhanallah – Maha Suci Allah

5. Alhamdulillah – Segala Puji Bagi Allah

6. Allahu Akbar – Allah Maha Besar

7. Masya Allah – Inilah yang dikehendaki Allah

8. Insya Allah – Jika Allah Menghendaki

9. Wallahu A’lam Bishawab – dan Allah lebih mengetahui yang sebenar-benarnya.

Demikian artikel singkat mengenai arti dari Jazakallah Khairan dan juga arti Jazakumullah Khairan beserta dengan cara menjawabnya dan penjelasan singkat mengenai ucapan- ucapan Islami tersebut.

Mari kita membiasakan diri mengucapkan Jazakallahu_Khairan atau Jazakumullahu_Khairan ketika mengucapkan terima kasih kepada sesama Muslim karena itu lebih baik dari ucapan Terima Kasih, Thank You, bahkan Syukron sekalipun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *