BAURAN PEMASARAN : Pengertian, Sejarah dan Marketing Mix 4P & 7P

By | Desember 27, 2018

Bauran Pemasaran – Ketika mengeluarkan suatu produk ke masyarakat, produsen tidak bisa serta merta kita membuat produk kemudian begitu saja dilemparkan ke pasar. Harus ada racikan tertentu agar produk yang dikeluarkan dapat laris dipasaran.

Dalam bisnis, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dan dipelajari adalah mengenai pemasaran. Salah satu strategi dalam pemasaran dikenal dengan bauran pemasaran atau marketing mix. Apa itu? Berikut ini adalah ulasan lebih lengkapnya.

Pengertian Bauran Pemasaran

pixabay.com

Bauran pemasaran adalah istilah yang digunakan dalam sebuah bisnis dimana seorang eksekutif bisnis merupakan orang yang berperan sebagai mixer of ingredient atau pencampur bahan-bahan. Istilah ini diperkenalkan pertama pada tahun 1964 dari seseorang yang bernama Neil Borden dalam artikelnya yang dikeluarkan pada tahun serupa.

Menurut Borden, dalam sebuah bisnis ada banyak komponen yang ada di dalamnya. Komponen ini lah yang perlu dipilih dan dicampur dengan tepat agar dihasilkan sebuah bisnis yang berkualitas.

Di indonesia, Bauran pemasaran ini dikenal dengan strategi dalam melakukan penjualan atau strategi dalam melakukan promosi beserta strategi penentuan harga yang dilakukan dengan cara yang unik untuk menghasilkan transaksi sesuai dengan yang dikehendaki dalam sebuah bisnis.

Bauran Pemasaran 7P

pixabay.com

Bauran pemasaran 7P ini merupakan konsep Bauran pemasaran yang menggunakan 7 elemen. Konsep ini merupakan konsep kembangan dari konsep 4P yang sebelumnya digunakan dalam dunia pemasaran.

Konsep pemasaran 4P ini awalnya digunakan pada tahun 1968. Konsep ini di nyatakan oleh Jarome McCarthy. Dalam konsep 4P ini ada 4 elemen yang digunakan yaitu :

Bauran Pemasaran 4P

1. Product
Dalam elemen ini ada banyak hal yang diatur. Mulai dari bentuk produk, layanan yang diberikan dalam produk, mengenai ketersediaan garansi dan juga hal-hal yang berhubungan dengan pengembalian produk. Dalam elemen ini dibahas segala sesuatu yang berhubungan dengan produk.

2. Price
Dalam elemen ini ada prinsip mengenai strategi pemberian harga produk. Dalam pemberian harga produk juga perlu di atur dengan strategi baik dalam harga net, mengenai diskon, mengenai pembayaran dan juga hal-hal lainnya yang berhubungan dengan strategi pemberian harga

3. Promotion
Promosi dapat berhubungan dengan strategi penjualan, misalnya mengenai pengiklanan, mengenai promosi penjualan, mengenai personal selling, direct marketing hingga penjualan pada personal.

4. Place
Yang dimaksud dengan place disini adalah mengenai distribusi. Artinya adalah strategi mengenai cakupan distribusi, mengenai fasilitas penyimpanan, mengenai transportasi dan hal-hal lainnya.

Bauran pemasaran 4P ini merupakan strategi yang baik dan terbukti menyukseskan banyak perusahaan yang menggunakannya. Akan tetapi Bauran pemasaran ini masih memiliki kekurangan dan mendapatkan banyak kritis sehingga banyak pakar dalam dunia pemasaran kemudian mencoba mencari solusi baru untuk menciptakan Bauran pemasaran yang lebih kuat. Salah satunya adalah Bauran pemasaran 7P.

Bauran pemasaran 7P ini merupakan hasil penyempurnaan dari Bauran pemasaran 4P. Lalu apa saja yang ada di dalam Bauran pemasaran 7P ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Bauran Pemasaran 7P

1. Produk
Masih mengenai produk. Utama dari Bauran pemasaran 7P ini masih berupa produk. Dalam strategi ini produk yang dibuat haruslah yang memberikan manfaat. Selain itu ada juga hal lain yang di atur dalam penyusunan produk seperti pada Bauran pemasaran 4P seperti mengenai variasi produk, garansi, retur dan hal-hal lainnya.

2. Price
Harga juga masih menjadi hal yang penting dalam Bauran pemasaran 7P ini. Dalam pemberian harga diperlukan strategi yang tepat yang berhubungan dengan sasaran pasar dan juga hal-hal lain mengenai aturan transaksi seperti aturan pembayaran dan juga hal lainnya.

3. Promotion
Strategi promosi juga merupakan hal yang diatur dalam Bauran pemasaran 7P ini.

4. Place
Sama seperti Bauran pemasaran 4P, place masih berhubungan dengan strategi distribusi yang digunakan dalam perusahaan.

5. People
Tambahan pertama yang dimiliki oleh strategi Bauran pemasaran 7P adalah people. Yang dimaksud dengan people disini adalah sumber daya manusia yang digunakan. Dalam strategi Bauran pemasaran 4P yang diperhatikan adalah strategi yang berhubungan dengan hubungan perusahaan dengan konsumen tanpa memperhatikan bagaimana strategi pengelolaan dalam perusahaan.

Padahal hal ini sesungguhnya merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Sumber daya manusia dan pengelolaannya merupakan hal yang penting dan akhirnya muncul dalam strategi Bauran pemasaran 7P.

6. Process
Selain pengelolaan sumber daya manusianya, pengelolaan terhadap proses bisnis yang ada di dalam perusahaan juga merupakan hal yang penting diperhatikan dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu strategi Bauran pemasaran 7P ini memasukkan hal yang berkaitan dengan proses bisnis di dalamnya.

7. Physical Evidence
Tambahan yang terakhir dalam strategi Bauran pemasaran 7P ini adalah mengenai bukti fisik. Ketika anda akan membuat sebuah perusahaan, bukti fisik berupa keberadaan bangunan perusahaan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Bukan hanya wajib ada tapi juga ada syarat dan ketentuannya yang diatur dalam strategi Bauran pemasaran 7P ini.

Sejarah dan Perkembangan Bauran Pemasaran

pixabay.com

Di awal artikel kita sudah membahas sedikit banyak mengenai teori bauran pemasaran ini. Untuk lebih lengkap mengenai sejarah ini berikut ini adalah ulasannya.

1. Masa James Culliton

Bisa dikatakan bahwa awal munculnya bauran pemasaran disebabkan karena artikel dari Culliton yang berjudul The Management of Marketing pada tahun 1948. Dalam artikel ini disebutkan bahwa seorang eksekutif bisnis merupakan Mixer of ingredient yang kadang menyiapkan resepnya sendiri dalam membangun perusahaan dan kadang menggunakan resep orang lain dan mencampurkannya sendiri untuk perusahaannya. Teori mengenai Mixer of Ingredient inilah yang menjadi awal mula dari keberadaan. Bauran pemasaran.

2. Masa Neil Borden

Setelah membaca artikel dari Culliton, Neil kemudian memiliki gagasan sendiri mengenai Mixer of Ingredient ini. Dimana seorang eksekutif bisnis harus merupakan orang yang kreatif dalam melakukan pembauran prosedur dan kebijakan untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Konsep ini kemudian diungkapkannya dalam artikel yang berjudul The Concept of the marketing Mix. dalam artikel ini menurutnya dalam dunia pemasaran ada 12 aspek yang perlu diperhatikan. 7 aspek yang masuk dalam bauran pemasaran 7P dan 5 aspek lainnya adalah packaging, displating, servicing, physical handling serta analisis.

Sesungguhnya 5 aspek ini sudah dimasukkan dalam ke dalam apek dalam 7P seperti packaging dan hal-hal yang berhubungan dengan produk dimasukkan dalam konsep product dan lainnya.

3. Masa bauran pemasaran 4P

Untuk masa bauran pemasaran ini sudah disebutkan di sub bab sebelumnya

4. Masa bauran pemasaran 7P

Masa bauran pemasaran 7P ini dimulai dari tahun 1981 dan dikemukakan oleh Booms dan juga Bitner.

Jika disingkat memang sangat mudah menyebutkan bauran pemasaran 7P ini. Akan tetapi pada pelaksanaannya ada banyak detail yang harus diperhatikan. Untuk anda yang sedang belajar membangun perusahaan yang sukses dan kuat, maka pastikan anda mempelajari bauran pemasaran ini terlebih dahulu.

Di banyak referensi mengenai konsep bauran pemasaran 7P ini sudah ada banyak penjelasan mengenai hal-hal penting serta contoh dan kesalahan. Oleh karena itu untuk membangun sebuah perusahaan yang solid, bauran pemasaran seperti bauran pemasaran 7P perlu dipelajari dengan seksama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress