Belajar Bahasa Sunda Sehari Hari dan Artinya (DIREKOMENDASIKAN)

Belajar Bahasa Sunda / Diajar Basa Sunda

Hatur Nuhun               : Terima Kasih
Kumaha, Damang?   : Bagaimana, Sehat? (Menanyakan Kabar)
Geulis Pisan               : Cantik Banget
Naon, ciing?               : Apa cobaa?
Aya-Aya Waé            : Ada – ada saja

Frasa diatas hanya sebagian kecil ungkapan yang sering diucapkan orang sunda dalam kehidupan sehari-hari dan mungkin juga sudah familiar di telinga kamu sekalian. Karena pernah mendengarnya dalam dialog sebuah film atau pernah mendengarnya langsung dari teman yang berasal dari Sunda.

 


FAKTA TENTANG BAHASA SUNDA


belajar bahasa sunda bandung malam hari gedung sate malam hari
www.geulisindonesia.com

Sebelum membahas pembelajaran belajar bahasa sunda lebih jauh, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal berikut ini sebagai informasi awal.

  1. Bahasa Sunda dipakai sebagian besar penduduk Jawa Barat ini adalah bahasa kedua terbesar di Indonesia setelah bahasa jawa dan memiliki 42 juta orang penutur.
  2. Bahasa sunda terbagi menjadi 3 tingkatan, halus, biasa (loma) dan kasar. secara sederhana saya membaginya kedalam bahasa formal dan informal.

Kategori formal di gunakan kepada orang yang lebih tua atau orang yang belum dikenal. dan Bahasa Informal boleh kamu gunakan pada teman yang sudah akrab.

Contoh:

› Rék kamana? Mau kemana (Informal).

› Badé kamana? Mau kemana (formal).

Kamu dapat menggunakan kalimat ini, misalnya, ketika berpapasan dengan orang di lingkungan baru kamu, untuk sekedar berbasa-basi.

“Badé kamana, pak/bu?” (Mau kemana, pak/bu)

Disarankan untuk tidak menggunakan kalimat informal;

“Rék kamana, pak/bu? ” (Mau kemana, pak/bu)

Meskipun memiliki arti sama, namun kata “rek (kamana)” terkesan tidak sopan bila digunakan pada orang yang kurang kita kenal.

 


CARA MEMBACA HURUP SUNDA


belajar bahasa sunda membaca huruf sunda
www.bandungku.xyz

Cara membaca huruf dalam bahasa Sunda; e , é dan eu dalam belajar bahasa sunda berhuruf sama namun cara pengucapannya berbeda, secara sederhana;

» Pengucapan huruf e sama dengan pengucapan pada bahasa Indonesia umumnya.
» Pengucapan huruf é seperti pengucapan huruf e dalam kata ; (kota) Serang, pendek, mereka dll.
» Pengucapan huruf eu seperti pengucapan huruf e dalam kata; peuyeum, Pasteur (susah nyari contohnya. haha).

 


PENYEBUTAN ORANG DALAM BAHASA SUNDA


belajar bahasa sunda kartun lucu
arthworks.blogspot.com

Penyebutan orang dalam bahasa Sunda; bila di jawa ada kata Mas atau Mbak di Sunda ada juga kata AA dan Tétéh. Kata AA dan teteh sebetulnya digunakan untuk panggilan sopan seorang adik pada kakaknya.

AA untuk kakak laki-laki dan Tétéh untuk kakak perempuan, namun dalam prakteknya kata ini digunakan untuk panggilan kepada orang yang lebih tua umurnya atau kita hormati.

Ada juga panggilan-panggilan sunda lain, diantaranya;

» Uwa untuk laki-laki atau perempuan yang menjadi kakak dari orangtua.
» Bibi untuk perempuan adik dari orang tua, atau istri dari adik laki-laki orangtua anda.
» Amang/Emang adalah sebutan untuk adik laki-laki dari orang tua anda.
» Neneng /Neng adalah panggilan untuk anak kecil (perempuan).
» Ujang / Jang adalah panggilan untuk anak kecil (laki-laki).

Pada prakteknya kata neng dan ujang digunakan juga sebagai panggilan orang yang lebih tua kepada yang lebih muda. Jadi, walaupun umur kita sudah 20 an, orang yang usianya lebih tua dari kamu kadang masih tetap memanggilmu dengan “neng/ujang”.

» Abah adalah sebutan untuk Ayah.
» Ema adalah sebutan untuk Ibu.

Pada prakteknya kata Abah dan Ema juga bisa disematkan ke Nenek atau Kakek atau juga kepada sesepuh atau orangtua yang dihormati.

» Akang / Kang biasanya digunakan sebagai panggilan seorang istri untuk suaminya.

Namun bisa digunakan pula untuk panggilan pada seseorang yang lebih tua atau dihormati atau untuk penggilan akrab pada seseorang, fungsinya sama seperti Aa.

Banyak sekali tokoh daerah Sunda yang menyematkan kata AA/Kang sebagai panggilan akrabnya; AA Gym. Aa Boxer, Kang Ibing, Kang Emil ada juga Kang Muslihat di film Preman Pensiun yang booming beberapa waktu lalu.

 


KENAPA BELAJAR BAHASA SUNDA


belajar bahasa sunda universitas negeri di bandung universitas padjajaran unpad
www.destinasianews.com

Ya, untuk kamu yang sedang membaca artikel ini mungkin memiliki alasan yang berbeda-beda mengapa ingin mempelajari bahasa sunda. Mungkin kamu ingin menyesuaikan diri dengan lingkungan dan teman-teman baru di perusahaan atau tempat kuliah, travelling, naik gunung, bergaul dengan orang sunda atau juga mencari calon Istri orang Sunda dan PéDeKate dengan calon mertua. Hheheu

Memiliki sedikit pengetahuan belajar bahasa Sunda dasar membuat kamu bisa membuka percakapan dengan orang-orang lokal dan menyesuaikan diri dengan keadaaan disekitar.

 


KOSAKATA BAHASA SUNDA SEHARI-HARI DAN ARTINYA


Berikut ini adalah beberapa dari kosakata bahasa sunda percakapan sehari-hari dan artinya, kata yang dicetak pertama sebelum tanda (/) adalah kata kata sunda yang baik untuk digunakan. Dibandingkan kata sunda setelah tanda (/) yang lebih baik digunakan kepada orang yang sudah kenal dekat.

BAHASA INDONESIA BAHASA SUNDA
Permisi Punten
Terima Kasih Hatur Nuhun
Bagaimana, Sehat? (Apa Kabar?) Kumaha, Damang?
Cantik Banget Geulis Pisan
Ganteng Banget Kasép Pisan
Ada – Ada Saja Aya – Aya Waé.
Ya Iya Dong Nya Enya Atuh.
Jangan Lupa, ya Tong Hilap, nya
Mau Kemana? Badé Kamana? / Rék Kamana 
Lagi Ngapain? Nuju Naon / Keur Naon.
Bagaimana (Dong) Kumaha (Atuh)
Kenapa / Apa Kunaon / Naon
Kapan Iraha
Siapa (Kamu) Saha (Anjeun/Manéh/Didinya)
Darimana Timana
Kemana Kamana
Sebentar Lagi Sakedap Deui / Sakedeung Deui 
Jangan Pura – Pura Tong Api – Api
Apa Cobaa? Naon ciing?
Gimana Nanti Aja Kumaha Engké Weh
Jangan Melamun Tong Ngalamun
Kasihan Karunya Teuing
Duluan ya Tipayun nya / Tiheula nya
Cuma Gitu Doang Ngan Kitu Hungkul
Sedikit (Banget) Sakedik / Saeutik (Pisan)
Banyak (Banget) Se-eur / Loba (Pisan)
Santai Aja Kalem Weh
Sama Aja Sami Waé / Sarua Waé
Sama – Sama Sami – Sami
Terserah Kamu (Aja) Kumaha Anjeun / Kumaha Manéh (Wéh)
Sekarang Ayeuna
Kemarin Kamari
Besok Isukan
Enak Banget Raos Pisan
Banyak Maunya Loba Kahayang
Seru Kayaknya Rame Jigana.
Yang bener? Nu Leres / Nu Bener
Dengarkan Dangukeun / Dengekeun 
Jadi Nggak? Arék Moal
Apa Dong? Naon Atuh
Diem Dong Cicing Atuh
Males Ah Horéam Ah
Ngantuk Ih Tunduh Euy
Pengen Hoyong / Hayang
Gak Ngerti Teu Ngartos / Teu Ngarti
Kirain Sugan teh
Kemana Aja Kamana Wae
Jijik Ih Geleuh Ih
Selamanya Salawasna
Cinta Bogoh
Suka Resep
Ini Ieu
Itu Eta
Ya Enya
Tidak Teu / Henteu
Eta didinya Itu disana
Ieu didieu Ini disini
Barangkali Manawi
Pelan-Pelan Dong Lalaunan Atuh
Lagi Nyari Apa Nuju Milarian Naon / Keur Neangan Naon
Lagi Nunggu Siapa Nuju Ngantosan Saha
Gak Punya Teu Gaduh
Cobain Dulu Aja Cobian heula weh
Kesini Dong Kadieu atuh
Gak Apa-Apa? Teu kunanaon?
Apa – Apaan Ini Nanaonan Ieu.
Hati – Hati Di Jalan Kade di jalan
Cepet Dong! Enggal Atuh / Buru-Buru Atuh 
Jangan Marah Dong Tong Ngambek Atuh
Gak Bisa Teu Tiasa / Teu Bisa
Menyesal Banget Hanjakal Pisan
Nanti Saja Engkin Weh / Engke Weh
Kalau Lamun
Berapa Sabaraha
Satu Hiji
Dua Dua
Tiga Tilu
Empat Opat
Lima Lima
Enam Genep
Tujuh Tujuh
Delapan Dalapan
Sembilan Salapan
Sepuluh Sapuluh
Sebelas Sabelas
Seratus Saratus
Seribu Sarébu.
Gak Tahu Duka/Teu Terang
Laki – Laki Lalaki 
Perempuan Awéwé
Lagi Deui
Membuat Nyieun
Memakai Maké
Kecil Leutik
Tua Kolot
Muda Ngora
Gila Kamu Gelo Manéh
Jangan Begitu Dong Tong Kitu Atuh
Kira – Kira Kinten – Kinten
Nyesel Banget Kaduhung (Pisan)
Semuanya Sadayana / Kabeh
Ngasih Méré
Teman Réréncangan / Babaturan
Jelek Goreng
Mudah Banget Gampil Pisan/Gampang Pisan

Untuk sementara sekian dulu artikel tentang Belajar Bahasa Sunda dan kosakata bahasa sunda sehari-hari. Artikel ini akan saya update kedepannya untuk menambah kosakata – kosakata atau ungkapan dalam bahasa sunda terbaru.

Apabila ada pertanyaan atau tambahan tentang belajar bahasa sunda, saya tunggu komentarnya ya di bawah artikel berikut ini… 🙂

64 Komentar

    • Salamadian PenulisBalas

      hakan artinya makan (agak kasar) tapi bukan makan artian makan nasi . :v
      kayak “makan tu (akibatnya)”.

      hakan ku amang = makan tuh sama paman!!”

      kalau balesannya tergantung konteks pembicaraannya kayak gimana. hehehheu

  1. Sidik Permana Balas

    Tambihan deui hapunten :
    Kemana bahasa sunda halusnya “kamanten”
    Dimana = Dimanten
    Dari mana = Ti manten.

    Hatur Nuhun anu kasuhun.

  2. Sidik Permana Balas

    Kumaha damang (apa kabar) ?
    Waleranna (jawabannya), pangestu (baik), sawalerna/samulihna (menanyakan kabar sebaliknya) ?

    Tambahan :
    Sebutan anak laki2 : Asep / Encep.
    Sebutan anak pr : nyai / nyi.
    Kakak perempuan : Teteh / Ceuceu.

    Kakang pasangannya Ceuceu dan Aa pasangannya Teteh.

    Sakitu nu kapihatur, Hatur Nuhun.

  3. Pingback: 111 Bahasa Jawa Halus Krama dan Ngoko, Terlengkap!! | Salamadian

    • Salamadian PenulisBalas

      itu ada di atas kang.

      kumaha, damang? = bagaimana, sehat? (untuk menanyakan kabar)

  4. Hanny Balas

    Klo mau belajar bahsa sunda, harus menetap/ pnya tmn deket yg ngomongnya sunda psti cepet bisa.
    Saya 2bln dicianjur cpt bisa ko, hehee

    • Salamadian PenulisBalas

      Nanti saya buatkan video tutorial pembelajaran bahasa sundanya 🙂

      Insya_Allah

  5. Arad Balas

    kang, kalo mau minta tolong dalam bahasa Sunda itu gimana ya?

    Hatur nuhun sebelumnya

    • Salamadian PenulisBalas

      tergantung minta tolong apaan dulu kang,

      biasanya sih pake kata ‘Punten’ = Maaf ..
      Punten, kang!! bisa bantuin saya nggak dst . heheu

  6. Diajeng Balas

    Maaf baru bisa mengucapkan kakak gitu bahasa sunda na gimana ya

    • Salamadian PenulisBalas

      Punten nembe tiasa nyarios kitu = maaf baru bisa bicara gitu

  7. Taufik Hidayat Balas

    sangat bermanfaat buat saya yang sedang mencari calon istri orang sunda dan PDKT sama calon mertua ☺. (s)

  8. Diana Balas

    Tertarik mau belajar bhs sunda 😂
    Cuma logatnya belum bisa. Wkwk

    • Salamadian PenulisBalas

      Banyak kosakata Sunda yang sulit untuk diartikan kedalam bahasa Indonesia, Salah satunya peupeuriheun yang berasal dari kata peurih atau pedih .
      biasanya digunakan untuk mengungkapkan kepedihan (rasa) .

      Contohnya Orang tua yang bicara pada anaknya: Kamu harus menjadi orang yang sukses, PEUPEURIHEUN Ayah kamu ini dulu nggak sekolah dan cuma jadi kuli bangunan.

  9. Desi Balas

    Lidahnya jawa ngomong sunda lucu banget 😁😁😁😁😁 . kaku banget mulutnya

    • Salamadian PenulisBalas

      Lebih lucu lagi kalo ngomong bahasa Jawa pake logat sunda neng Desi . Wkwkwk

      #cikkumahacoba :v

  10. Aep Balas

    Sae sae kang tambihan sakedik atuh kang nuju milarian nami sato tina basa sunda kang

    Hatur nuhun

  11. Dimas Resta Balas

    Kebetulan saya wong jowo tapi lagi suka belajar bahasa sunda koq pusing nya 😂

    • Salamadian PenulisBalas

      saya malah orang sunda yg lagi belajar bahasa Jawa .

      ora mudeng, sirahku saiki uis mumet :v Wkwkkk

    • Salamadian PenulisBalas

      mungkin barudak

      kalo barudak artinya anak-anak. tapi dalam artian yg luas .

      barudak leutik : anak-anak kecil
      barudak keur nongkrong : anak-anak lagi nongkrong
      hey barudak: hey anak-anak

  12. kusuma Balas

    Kalau bisa, ya di masukin , kalau di jawa kan antara orangtua, se pantaran, anak kecil, itukan berbeda2 cara bahasanya, karena itu sangat penting.. Kalau orang itu semakin tau bahasa jawa dengan tepat dan benar, itu pasti tau tata krama, heeeee

    • Salamadian PenulisBalas

      gak ada artinya mba.
      belum pernah denger kosakata yayang ogan saya di sunda

  13. Hendra Balas

    Mimpi saya dari kecil pengen bisa bahasa sunda, kumaha atuh, ajarin saya atuh

    • Salamadian PenulisBalas

      Iyah sok mangga saya ajarin.
      ntar saya bikin tutorial videonya . hehe

      ditunggu aja

  14. Urang Cianjur Balas

    Punten.
    Abdi bade ngalereskeun. Basa Sundana ti kecap (Ga tau) eta sanes (Teu) tapi kecap (Duka).

    • Salamadian PenulisBalas

      sami – sami mba.

      kalo ada pertanyaan silahkan diajukan.hehe

  15. Ria Alwin Balas

    Matur nuhun kakak uda buat blog ini.. Saya org jawa tp pngen atuh bljr bahasa sunda .

    • Salamadian PenulisBalas

      saya malah pengen bahasa jawa mba .
      taunya cuma njeh ama monggo aja _ wkwkwk

  16. Vindy Putri Balas

    Ini seru banget bisa tahu kosakata 😀 Apalagi yang singkatan itu tadi. Hahaha.. Lucu. Aku bacanya bareng temen, ngikik-ngikik sendiri…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *