3 Contoh Percakapan Bahasa Sunda dan Artinya

Percakapan Bahasa Sunda – Berikut ini adalah percakapan- percakapan dalam bahasa sunda dalam bentuk singkat dan artinya dalam bahasa Indonesia.

Percakapan- percakapan berikut menggunakan bahasa yang sering digunakan masyarakat sunda dalam keseharian, beberapa diantaranya ada yang menggunakan bahasa yang sedang ada juga bahasa sunda yang halus. Namun semuanya adalah bahasa yang masih sopan untuk digunakan.

 


Percakapan Bahasa Sunda Tentang Sekolah


Berikut ini adalah percakapan bahasa sunda di sekolah. Situasinya adalah ketika Risna lupa membawa buku pelajaran bahasa Inggris dan akan meminjam buku tersebut pada temannya (Sinta).

Risna: Ta, gaduh kamus basa Inggris teu? (Ta, Punya kamus bahasa Inggris nggak?)

Sinta: Gaduh, kunaon kitu (Punya, kenapa gitu?)

Risna: Nambut atuh! abdi hilap teu nyandak kamus tadi ti bumi, ayeuna aya pelajaran bahasa Inggris. (Pinjem dong, aku lupa gak bawa kamus tadi dari rumah, sekarang ada pelajaran bahasa Inggris)

Sinta: Jam kabaraha pelajarana?
(Jam keberapa pelajarannya?)

Risna: engkin, tos istirahat.
(Nanti, udah istirahat.)

Sinta: nya engkin pas jam istirahat candak weh ka kelas, da sateuacan ka kelas Risna ge, pak Hilman na ngajar di kelas abdi heula. (ya nanti pas jam istirahat ambil aja ke kelas, sebelum ke kelas Tina juga, pak Hilmannya ngajar di kelas saya dulu)

Risna: Enya sukur atuh ai kitu mah, abdi meuni gempeur, soalna kan Risna ge terang pak Hilman mah jalmina galak pisan. (Ya syukur kalo gitu mah, aku deg-degan banget, soalnya kan Risna juga tahu pak Hilman itu orangnya galak banget).

(Risna jeung Sinta tuluy seuri babarengan. hahahaha)
(Risna dan Tina kemudian tertawa bersamaan. hahahaha)

(Dalam Proses Penulisan_)

2 Komentar

  1. Pingback: Kosakata Bahasa Sunda Sehari-Hari dan Artinya #57 | Salamadian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *