KERJASAMA INTERNASIONAL : Pengertian, Tujuan, Manfaat & Contohnya

By | September 11, 2018

Pengertian kerjasama adalah melakukan sesuatu kegiatan dengan cara bersama-sama atau tidak dengan secara individualis. Kegiatan dengan kerja sama nantinya dapat merangkul setiap orang untuk bisa saling peduli, mengerti, berbagi bahkan saling melengkapi satu sama lain demi untuk mendapatkan tujuan bersama yang saling menguntungkan antara satu individu kepada individu lainnya.

Kerjasama sendiri dapat diwujudkan dengan berbagai bentuk, tergantung dari tujuan kerjasama itu sendiri. contohnya saja dalam sebuah perusahaan, biasanya pada perusahaan melakukan bentuk kerjasamanya dalam bentuk sebuah tim yang mana tim tersebut memiliki tujuan untuk menyukseskan sebuah perusahaan agar senantiasa berjalan dengan lancar dan perusahaan tersebut bisa maju.

Dalam kerjasama nantinya dapat mendorong serta memotivasi setiap individu untuk bekerja tidak sendiri. Selain itu dengan kerjasama juga dapat membentuk rasa empati, simpati, tanggung jawab, serta komunikasi dalam diri kita. Tidak hanya itu dengan kerjasama kita belajar untuk bisa saling menghargai pendapat orang lain dan melatih kesabaran setiap individu.


Pengertian Kerjasama Internasional


pengertian kerjasama internasional

pixabay.com

Pengertian kerjasama internasional adalah kerjasama yang dilakukan antara satu negara dengan negara lainnya, dengan memiliki tujuan bersama dan saling menguntungkan namun tetap berpedoman dengan politik,dan ekonomi dari negara-negara yang menjalin kerjasama.

Biasanya kerjasama internasional meliputi beberapa bidang, mulai dari kerjasama dibidang ekonomi, pertahanan, pendidikan, teknologi serta keamanan. Kerjasama internasional juga dilakukan berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati oleh negara yang bekerjasama. Selain itu kerjasama sama bisa dilakukan oleh semua negara tanpa pengeculian berdasarkan kebutuhan dari negara tersebut.

Selain akan berdampak terhadap keuntungan negara masing-masing, kerjasama internasional nantinya akan mempererat hubungan diplomasi yang baik dari negara yang mengikuti atau menjalani kerjasama.

Untuk anggota yang mengikuti kerjasama tidak ada batasan berapa banyak anggota yang mengikuti kerjasama. Hal tersebut tergantung dari kesepakatan yang disetuju oleh negara-negara yang melakukan kerjasama. Kerjasama Internasional juga memilki juga memiliki tujuan yang positif.


Tujuan Kerjasama Internasional


pixabay.com

Tujuan kerjasama internasional pada umumnya memberikan dampak baik kepada negera tersebut. Berikut diantaranya tujuan kerjasama internasional yang bisa kita pahami.

  1. Mempererat Persahabatan

Menjalin hubungan kerjasama internasional nantinya akan berdampak pada eratnya persahabatan antara negara-negara yang saling melakukan kerjasama. Hal ini mampu menghindari kita dari rasa permusuhan antara negara-negara yang mengikuti kerjasama.

  1. Menciptakan Perdamaian Dunia

Salah satu dampak kerjasama internasional bisa dilihat dari terciptanya perdamaian dunia. Menghindari kekerasan dan peperangan yang akan terjadi. Kerjasama internasional tergolong cukup ampuh untuk mengatasi hal ini.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi pada Setiap Negara

Salah satu faktor banyak negara yang menjalin kerjasama adalah untuk menunjang serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Indonesia contohnya bagi negara berkembang.

Untuk mencapai dan menjadikannya negara yang maju Indonesia melakukan kerjasama Internasional dalam bidang ekonomi misalnya saja pada sektor pariwisata. Indonesia melakukan kerjasama kepada pihak asing atau negara lain seperti yang baru-baru terjadi pada saat Indonesia kedatangan Raja Arab, dimana indonesia menjalin kerjasama kepada negara Arab Saudi pada saat itu.

  1. Memperluas Tenaga Kerja

Kerjasama internasional juga mampu memperluas tenaga kerja. Bukan TKW melainkan tenaga ahli. Biasanya berawal dari pertukaran pelajar. Adanya pertukuran pelajar hasil dari kerjasama internasional nantinya akan memberi dampak baik pada tenaga kerja ahli yang handal.

Serta dengan pertukaran pelajar menbuat sektor tenaga kerja menjadi lebih luas dan mempunyai skill yang cukup baik.

 


Bentuk Kerjasama Internasional


Selain empat tujuan yang disebutkan, kerjasama internasional memiliki bentuk kerjasama yang berbeda-beda. Bentuk kerjasama internasional meliputi beberapa sektor seperti, ekonomi, politik, budaya, sosial dan lain sebagainya. Berikut kita bahas bentuk kerjasama internasional yang umum dilakukan.

  1. Kerjasama Bilateral

Kerjasama ini bukan hal yang baru lagi kita kenal. Kerjasama bilateral adalah kerjasama yang dijalin oleh dua negara atau lebih, biasanya didasari oleh hubungan baik dan manfaat yang saling menguntungkan. Misalnya kerjasama pada sektor ekonomi ataupun pariwisata.

  1. Kerjasama Regional

Sedikit berbeda dengan kerjasama bilateral, untuk kerjasama regional sendiri adalah merupakan suatu bentuk kerjasama antar negara dimana negara-negara tersebut berada dalam satu wilayah atau satu kawasan saja. Misalnya saja negara-negara yang ada di Asia Tenggara, yang tergabung dalam kelompok ASEAN. Sektor kerjasama yang dilakukan biasanya pada sektor pertahanan, politik dan ekonomi.

  1. Kerjasama Multi Lateral

Kerjasama sama ini merupakan kerjasama yang dilakukan oleh lebih dari dua negara dan tidak terbatas pada status negara serta wilayah negara tersebut.

Anggota yang mengikuti kerjasama ini dibagi menjadi dua tipe yaitu anggota aktif dan anggota utama. Contoh kerjasama pada hal ini adalah organisasi Kenferensi Islam yang sering kita sebut dengan OKI.

Bentuk kerjasama yang berbeda-beda juga memberikan manfaat yang baik dalam kerjasama internasional.

 


Manfaat Kerjasama Internasional


Manfaat kerjasama internasional diantaranya adalah memberikan dampak terhadap terjalinnya persahabatan yang baik antara bangsa-bangsa, hal ini berdampak agar terhindar dari permusuhan dan peperangan, selain itu manfaat dari kerjasama internasinal dapat kita rasakan pada tercukupnya kebutuhan pada suatu negara. Misalnya saja Indonesia.

Negara Indonesia sendiri salahsatu negara dengan tingkat konsumtif terbesar dikawasan Asia bahkan dunia. Tidak bisa kita pungkiri untuk urusan produksi Indonesia masih tergolong lambat dari pada negara-negara lain.

Hal ini disebabkan jumlah penduduknya yang banyak secara otomatis kebutuhan pun meningkat. Hal tersebut juga yang menyebabkan kita tidak bisa mencukupi kebutuhan dalam negeri sendiri. Namun dengan adanya kerjasama internasional akan memberikan manfaat untuk tercukupnya kebutuhan pada negara kita.

Selain bermanfaat kepada hubungan persahabatan dan ekonomi, kerjasama internasional juga memberikan manfaat bagi kita untuk bisa belajar dari pengalaman yang ada di negara-negara lain. Kita bisa belajar bagaimana membentuk kekuatan untuk menjadi negara maju.

Dengan adanya pembelajaran dari negara lain, dapat kita jadikan contoh dan pedoman untuk negara menjadi lebih maju dan bisa menguasai pasar global.

 


Contoh Kerjasama Internasional


Setelah manfaat kerjasama internasional, mari kita lihat berbagai macam contoh kerjasama internasional. Contoh kerjasama internasional dapat dibagi menjadi beberapa sektor. Berikut contohnya,

  1. Bidang Ekonomi

Pada bidang ekonomi kerjasama internasional dapat dilihat pada APEC ( Asia-Pasific Economic Cooperation) tujuan dari organisasi ini adalah untuk meningkatkan pertumbahan ekonomi pada kawasan asia-pasifik, selain APEC ada juga MEE ( Masyarakat Ekonomi Eropa) memiliki tujuan yang hampir sama dengan APEC yaitu bertujuan menyatukan ekonomi di negara- negara eropa agar lebih kuat.

  1. Bidang Sosial

Pada bidang sendiri contoh kerjasama Ekonomi bisa kita lihat pada WHO. WHO sendiri merupakan organisasi atau lembaga dimana memiliki tujuan untuk menyehatkan serta memberikan pertolongan dalam bentuk medis atau kesehatan kepada negera-negara yang membutuhkan. Organisasi ini berada pada naunggan PBB.

  1. Bidang Politik dan Pertahanan

Kerjasama pada bidang ini bisa kita lihat pada organisasi NATO. NATO merupakan sebuah organisasi internasional yang memiliki tujuan untuk melakukan keamanan bersama, baik ketika ada perang atau konflik politik yang terjadi antara dua negara yang bersengketa.

Dengan tujuan membuat negara yang maju tidak ada salahnya melakukan kerjasama internasional untuk setiap pemerintahan. Karena pada dasarnya kerjasama internasional dapat membantu negara tersebut untuk bisa bersaing dalam hal positif demi kepentingan bangsa dan negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress