PERTUMBUHAN EKONOMI : Pengertian, Teori & Cara Mengukurnya

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi banyak ditemukan di berbagai teori yang telah dibuat berikut dengan indikatornya. Secara sederhana kedua kata ini disusun untuk menunjukkan peningkatan pada perekonomian atau keuangan dalam skala besar.

Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan keadaan ekonomi dalam suatu negara dibandingkan dengan periode sebelumnya dengan memasukkan beberapa indikator yang berkaitan dengan masalah ekonomi warganya.

Banyak indikator yang menjadi tolak ukur sebuah pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara misalnya pendapatan negara, pendapatan warga per kapita, jumlah tenaga kerja dan tingkat penganggurannya, serta berkurangnya tingkat kemiskinan pada negara tersebut.

Jika indikator tersebut tidak bisa dipenuhi atau bahkan bertolak belakang maka negara tersebut mengalami kemunduran ekonomi.

Terdapat banyak hal yang diungkapkan melalui teori yang ada untuk menetapkan bahwa sebuah negara maju atau tidak dalam pertumbuhan ekonominya. Beberapa teori menyebutkan bahwa tingkat pertumbuhan penduduk, terciptanya lapangan kerja, teknologi yang digunakan di negara tersebut, serta kualitas sumber daya alam menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi laju ekonomi sebuah negara.

Oleh karena itulah pertumbuhan ekonomi dijadikan sebagai dasar utama dalam melihat kemajuan negara. Sisi pembangunan, saran dan pra sarana, dan kondisi rakyat yang ada di dalamnya menjadi tolak ukur utama dalam menentukan laju ekonomi tersebut.

Pentingnya mengetahui pertumbuhan ekonomi negara tentunya berdampak pada kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah dalam menyejahterahkan masyarakatnya di kemudian hari. contohnya jika laju ekonomi sedang naik dan tumbuh pesat maka bisa menjadi investasi atau membangun fasilitas merata di seluruh penjuru negara.

Sedangkan jika laju ekonomi kurang maksimal maka bisa memutuskan untuk bekerjasama dengan negara lain yang mampu mengangkat perekonomian tersebut.

 


Teori Pertumbuhan Ekonomi


pertumbuhan ekonomi
financialtribune.com

Terdapat banyak teori yang dikemukakan perihal pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara. Teori ini menjadi landasan yang menjadi acuan dalam memahami makna dan tujuan dari pertumbuhan ekonomi negara.

Tentunya teori ini sudah terlebih dahulu diuji dan dievaluasi sehingga bisa mendapatkan jawaban yang tepat untuk memaknai pertumbuhan ekonomi di setiap negara yang berbeda-beda.

Teori pertama datang dari Adam Smith seorang ilmuan ahli ekonomi yang menyatakan dalam bukunya bahwa laju pertumbuhan ekonomi suatu negara dipengaruhi oleh empat faktor yankni jumlah penduduk yang menjadi tolak ukur pendapatan perkapita, jumlah stok barang-barang modal yang akan diperjual belikan atau diekspor, luas tanah dan kekayaan alam, dan tingkat teknologi yang digunakan.

Sampai saat ini teori yang ditulisnya dalam buku Nature and Causes of the Wealth of Nations terbitan tahun 1776 iini masih digunakan sebagai penilaian suatu negara. Dengan teori ini pula dunia dapat mengklasifikasikan negara berkembang dan negara maju.

Teori kedua datang dari pakar ekonomi David Ricardo yang menyatakan dalam bukunya yang berjudul The Principles of Political Economy and Taxation bahwa laju pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh pertumbuhan penduduk.

David Ricardo yakin bahwa setiap pertambahan jumlah penduduk maka harus ada tanah dan lapangan pekerjaan yang ditambah.

Sedangkan menurut Joseph Schumpeter menyebutkan bahwa peran pengusaha dalam negara lah yang bisa mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi. Dimana pengusaha merupakan golongan yang terus menerus menciptakan lapangan kerja dengan membuat beberapa ide dan inovasi agar lebih berkembang.

Dengan banyaknya inovasi yang dilakukan tentunya dapat mengembangkan ekonomi dalam negara. Beberapa inovasi yang bisa dikembangkan diantaranya penggunaan teknik produksi, penemuan bahan dasar dari alam, membuka daerah pemasaran, menggunakan sistem managemen, dan menggunakan teknik pemasaran.

 


Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi


pengertian pertumbuhan ekonomi
shorouknews.com

Adapun cara mengukur pertumbuhan ekonomi yang sedang berlangsung di suatu negara tentunya memiliki tolak ukur tersendiri. Namun umumnya yang menjadi tolak ukur adalah Gross National Product atau GNP danGross Domestic Product atau GDP.

GNP mempunyai fungsi mengukur jumlah pengeluaran produksi perekonomian nasional oleh seluruh warga negara tersebut. Jadi jumlah keuntungan yang dihitung dari pendapatan yang dihasilkan oleh warga negara negara tersebut baik yang bekerja dalam negeri maupun diluar negeri.

Sedangkan GDP memiliki fungsi sebagai tolak ukur laju pertumbuhan ekonomi yang berdasarkan pada jumlah keuntungan atau pendapatan yang diperoleh dari dalam negara tersebut. Jadi yang penting wilayah produksi tersebut masih dalam negara sehingga tidak memisahkan antara warga asli negeri tersebut atau warga asing yang bekerja disana yang terpenting masih di dalam negara tersebut.

Cara menghitungnya pun sederhana karena sudah banyak rumus yang digunakan untuk mengetahui laju pertumbuhan ekonomi tersebut. Nilai GDP tahun yang diinginkan kemudian dikurangi dengan nilai GDP tahun berikutnya dikurangi satu.

Setelah ditemukan hasilnya langkah berikutnya dibagi dengan GDP  sebelum ada perubahan. Setelah ditemukan hasilnya barulah dirubah kedalam bentuk prosentase dan ditemukan hasil dari pengukuran pertumbuhan ekonomi negara.

Dalam sebuah pengukuran pertumbuhan ekonomi tentunya ada beberapa indikator sebelum memasukkan GDP dan GNP yang menjadi tolak ukur pertumbuhannya.

Indikator tersebut penting untuk mendapatkan hasil dari laju pertumbuhan ekonomi suatu negara. Berikut ini beberapa indikator yang digunakan sebagai acuan dalam menghitung laju pertumbuhan ekonomi.

Pendapatan Nasional Riil

Artinya suatu negara dipastikan tumbuh perekonomiannya jika pendapatan yang didapatkan negara baik dari impor maupun ekspor bisa seimbang dan mendapatkan banyak pemasukan. Pendapatan negara ini penting untuk jangka waktu yang panjang dengan menghitung beberapa perusahaan yang dimiliki negara berikut dengan kerjasama negara asing.

Pendapatan Riil Perkapita

Suatu negara juga bisa dikatakan sukses atau berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonominya jika bisa memastikan pendapatan perkapita dalam negerinya ikut naik dan berkembang secara sehat dan aktif.

Kesejahteraan Penduduk

Tolak ukur kesejahteraan penduduk adalah fasilitas sarana dan pra sarana yang menjadi hak dari masyarakat di negara tersebut. Kesejahteraan meliputi pemerataan terhadap infrastruktur yang memudahkan masyarakat dalam emnerima distribusi ekonomi baik berupa pangan, sandang, maupun papan.

 


Pertumbuhan Ekonomi Indonesia


teropongbisnis.com

Berbicara tentang ekonomi Indonesia saat ini memang sudah semakin membaik setiap tahunnya bahkan di tahun 2018 sudah mencapai lebih dari 5%. Pencapaian ini sudah diprediksi dari awal sehingga keuntungan yang bisa didapatkan bisa digunakan untuk menambahkan infrastruktur dalam negara.

Pertumbuhan ekonomi ini dipengaruhi oleh banyaknya investasi dan perdagangan. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi seperti ini membuat Indonesia sudah berada di atas ekonomi global. Kedepannya target utama untuk membangun pertumbuhan ekonomi adalah lebih dari 6% sehingga dibutuhkan strategi yang tepat untuk sisi ekonomi makro dan mikro.

Pertumbuhan penduduk, terciptanya lapangan pekerjaan, dan banyaknya investasi perdagangan membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa diramalkan meningkat di setiap tahunnya.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia bukan hanya dipengaruhi oleh internal akan tetapi juga dipengaruhi oleh ekonomi global. Kebijakan-kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh negara lain juga turut menyumbangkan pengaruh pada pasar saham sehingga mempengaruhi tingkat ekonomi negara.

Contohnya baru-baru ini adalah perpindahan kursi presiden Amerika Serikat yang membuat kebijakan baru dengan menaikkan suku bunga dan menaikkan pajak menyebabkan adanya pergeseran langkah ekonomi yang harus diterapkan di negara lain termasuk di Indonesia.

Salah satu cara terbaik untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah dengan mentaati kewajiban membayar pajak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.