15+ Contoh Benda Berbentuk Kubus yang Ada Di Rumah & Sehari-Hari

Benda Berbentuk Kubus – Kubus adalah bangun ruang yang sisi sisinya berbentuk persegi dengan 6 sisi. Materi tentang bangun ruang kubus umumnya dipelajari pada mata pelajaran Matematika di kelas 6 Sekolah Dasar (SD).

Nah, kubus sendiri mempunyai ciri-ciri, diantaranya Sisi kubus berbentuk persegi sama luas dengan 6 sisi, kubus juga memiliki 12 rusuk sama panjang dan memiliki 8 titik sudut.

Dalam tulisan ini, mari sama-sama belajar tentang kubus, terutama pengetahuan tentang contoh benda-benda berbentuk bangun ruang kubus yang ada di lingkungan sekitar kita sehari hari. Yuk mari simak.

CONTOH BENDA BERBENTUK KUBUS

Contoh benda sehari-hari berbentuk kubus paling sering ditemui adalah DADU dan RUBIK, selain kedua benda tersebut tentu saja masih banyak lain. berikut ini adalah contoh benda berbentuk kubus yang bisa ditemui di sekitar kita.

1. Rubik

benda berbentuk kubus
pixabay.com

Rubik adalah benda berbentuk kubus yang mempunyai 6 sisi dan terdiri dari 54 kotak kecil dengan warna berbeda-beda yang bisa diputar secara acak.

Nah, tugas pemain rubik adalah menyusun warna-warna acak tersebut hingga memiliki warna sama pada 6 sisi bagiannya. Memainkan alat berbentuk kubus 1 ini membutuhkan keahlian dan keterampilan tersendiri.

Dalam setiap kota, terutama kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Makassar, Surabaya, Solo, Yogya umumnya memiliki komunitas para pemain rubik. Dalam setiap tahunnya banyak perlombaan rubik, mulai dari tingkat kota sampai Internasional.

2. Dadu

contoh benda berbentuk kubus
anissanurhidayati.wordpress.com

Dadu adalah benda kecil berbentuk kubus yang digunakan untuk memunculkan angka 1 sampai enam secara acak. Benda ini digunakan pada permainan anak seperti contohnya permainan monopoli atau ular tangga.

Alat ini dirancang untuk mengeluarkan angka 1-6 dengan probabilitas atau kemungkinan angka keluar sama. Ia disusun dengan sisi berpasangan 1 dan 6, 2 dan 5, 3 dan 4.

3. Aquarium Kubus

via shopee.co.id

Aquarium adalah tempat atau wadah untuk menempatkan ikan hias, tanaman kecil ataupun hewan kecil lainnya yang memiliki habitat hidup di air.

Benda ini ada bentuknya kubus dan balok. Ukurannya juga bervariasi mulai dari ukuran kecil sampai besar. Aquarium biasanya diletakan di ruang tengah rumah sebagai hiasan.

4. Brankas

blibli.com

Brankas adalah benda berbentuk kubus untuk menyimpan uang, perhiasan emas, berlian, surat tanah, bpkb, cek, giro, kwitansi pembayaran dan benda berharga lainnya di rumah.

Pada masa dulu, masyarakat suka menyimpan barang berharga dibawah bantal atau kasur. Dengan hadirnya brankas aset lebih aman karena ia tahan api dan sulit dibuka orang lain jika tidak memiliki kode akses pembukanya.

Penggunaan brankas tidak terbatas pada rumah, melainkan juga kantor atau perusahaan. Di perkantoran brankas diperuntukan untuk penyimpanan uang cash sebelum disetorkan ke bank dan juga data-data transaksi penting perusahaan.

5. Kado

pixabay.com

Siapa tak tahu apa itu kado? kado adalah bungkusan berisi barang-barang tertentu yang nantinya akan diberikan pada orang yang kita sayangi baik itu, anak, istri, saudara, keluarga ataupun teman kerabat.

Hadiah ini diberikan pada momen-momen spesial tertentu atau diberikan sebagai tanda sayang dan kejutan pada orang-orang tercinta. contoh isi kado misalnya perhiasan, boneka, baju, pakaian, buku, alat alat tertentu, game mainan, playstation, laptop, smartphone, sepatu, sendal, dompet, tas dsb.

6. Es Batu Kotak

mesinraya.co.id

Es batu adalah potongan es atau air beku yang berfungsi untuk mendinginkan air. Es dibuat menggunakan kulkas, air di masukan kedalam cetakan berbentuk kotak-kotak kecil kemudian ditaruh pada freezer.

Adapun, cetakan pembuas es bentuk kubus biasanya diberikan oleh penjual ketika kita membeli kulkas baru. Tentu saja itu bermanfaat untuk membuat es lebih simple & mudah.

7. Jam Alarm

alibaba.com

Gambar diatas adalah contoh gambar benda bentuknya kubus sehari-hari. Selain bentuk tersebut jam alarm juga memiliki beragam variasi bentuk seperti persegi panjang dan juga bulat.

Jam alarm berperan sebagai pengingat waktu bangun seseorang, alat ini akan berbunyi pada waktu spesifik yang disetel oleh pemilik untuk bersuara pada jam tertentu. Misal pukul 04.00 subuh pagi hari.

8. Speaker Mini

vis shopee.co.id

Speaker adalah perangkat output untuk mengeluarkan suara, alat ini berguna terutama untuk acara besar yang melibatkan banyak orang. Pada perkembangannya kini ada speaker mini yang bisa tersambung ke hp melalui kabel atau bluetooth.

Device satu ini digunakan untuk mengeraskan suara, seperti misalnya panggilan adzan, acara hajatan, pengajian ataupun gelaran lain yang sifatnya hiburan.

9. Bak Mandi

ruangguru.com

Bak mandi ada yang berbentuk kubus dan balok. Jika semua sisi memiliki bentuk dan ukuran sama maka bak mandi bentuk kubus. Namun jika beberapa sisi bak mandi berbentuk persegi panjang maka bak mandi berbentuk balok.

Tanpa perlu dijelaskan, semuanya sudah tahu fungsi bak mandi adalah untuk menampung air agar dapat digunakan untuk mandi, mencuci dan sebagainya.

Dulu, untuk mengisi bak mandi orang pergi ke sumber air atau menimbanya di sumur kemudian menampungnya, . Sekarang air telah gampang didapat, terlebih selepas teknologi seperti pompa air elektrik, sanyo, jetpump diperkenalkan di Indonesia.

10. Celengan Kubus

via google.com

Ada celengan berbentuk tabung, balok, buah-buahan, tokoh kartun, hewan-hewanan, ayam, sapi, ikan, bebek, kura-kura. Ada juga celengan berbentuk kubus.

Celengan bentuk bangun ruang kubus bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan seadanya seperti stik es krim, kayu, kardus ataupun bahan lain di sekitar.

Tutorial pembuatan celengan simpel seperti gambar diatas bisa kamu lihat di situs youtube. Banyak banget video tentang cara pembuatan celengan sederhana, unik dan menarik.

11. Televisi Jadul

firshout.blogspot.com

Jauh sebelum televisi berbentuk LCD datar seperti era ini. Tahun 80an, 90an, televisi berbentuk kotak kubus dengan tombol pemutaran bulat untuk memindahkan frekuensi saluran.

Jaman dahulu, televisi berwujud seperti gambar diatas, layarnya hitam putih, tidak berwarna. Selain itu channelnya terbatas, hanya TVRI dan segelintir channel saja, seperti misalnya RCTI, SCTV, AN, TPI itu pun baru muncul sekitaran 90-an.

Zaman now mah, tv tersebut sudah sukar ditemukan, rumah-rumah menggunakan tv layar datar yang lebih efisien dalam penggunaan tempat dan juga elegan.

12. Toples Persegi 

aroma packing via alibaba.com

Toples adalah barang terbuat dari kaca atau plastik untuk menyimpan panganan ringan seperti kue atau cemilan dan juga menyimpan bumbu-bumbu dapur.

Pada momen tertentu, semisal perayaan hari raya lebaran, toples kerap difungsikan sebagai wadah kue kering seperti nastar, kastengel, lidah kucing, kue gabus, kacang kacangan ataupun kue khas tradisional lainnya.

Toples berbentuk kubus dapat ditemui di dapur, biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan garam, mecin, merica, lada, gula ataupun bumbu-bumbuan rempah bubuk.

Selain kubus, ada juga toples desain elips, kerucut, tabung, balok atau berbentuk pola-pola tak beraturan dengan desain, bahan, ukuran dan harga berbeda.

13. Gula Kubus/Gula Dadu
14. Kursi Kubus/Meja Kubus
15. Kotak Tisu Kubus


Itu dia tadi sekilas contoh benda berbentuk kubus, semua contoh disertai dengan foto gambar kubus dan penjelasan singkatnya. gambar-gambar tersebut dapat kita tengok di sekitar kita.

Jadi, jika mendapat tugas PR dengan pertanyaan tuliskan contoh benda berbentuk kubus yang ada di sekelilingmu, kamu tinggal tulis benda-benda tadi. Yakin jawabannya pasti benar hehe

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman sekalian para penuntut ilmu. Jangan pernah menyerah, Teruslah menuntut ilmu dan Tetap semangat belajarnya yaa. #admin1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.