15+ Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana, Izin, Kerjasama (Proposal)

Contoh Surat Permohonan – Dokumentasi berupa surat dibutuhkan untuk keperluan pekerjaan, bisnis, pendidikan dan lain-lain. Misalnya surat permohonan bantuan dana ke perusahaan atau surat permintaan bantuan beasiswa, dan lain-lain.

Barangkali Anda sedang mencari cara menulis surat permohonan yang efektif? Di sini bisa dilihat penjelasan mengenai format surat permohonan, cara membuat proposal yang dibutuhkan dan contoh suratnya. Selamat menyimak!

 

Format Surat Permohonan

format surat permohonan
pixabay.com

Apabila Anda membutuhkan keterangan mengenai format surat untuk meminta sesuatu, berupa bantuan dana tunai, ini informasinya. Format surat memiliki unsur-unsur seperti: 

1. Bagian Pendahuluan

Jika surat permohonan tersebut dibuat oleh organisasi atau institusi resmi maka perlu ada kop surat berupa logo atau nama di atasnya. Namun, untuk perseorangan tidak perlu. Kop surat itu harus mencantumkan identitas organisasi yang mengajukan surat permohonan.

Bagi mereka yang mengatasnamakan pribadi atau mewakili pihak tertentu yang bukan lembaga, kop surat dapat mencantumkan nama, alamat atau jika mampu buat semacam desain identitas pribadi yang unik.

Bagian pendahuluan ini memuat nomor surat, tanggal pembuatan serta perihal mengenai keperluan pengajuan surat tersebut. Jangan lupa menulis salam pembuka.

2. Bagian Isi Surat Permohonan

Dalam bagian isi, perlu diperhatikan pemakaian kalimat efektif. Usahakan menulis surat tersebut dengan kata-kata sopan, tidak memaksa, tapi tepat sasaran. Pilih kata-kata yang menarik minat pembaca agar memahami pesan utama dari pengajuan surat. 

Jika surat permohonan itu dibuat untuk meminta bantuan dana, jelaskan maksudnya. Jangan memakai kata-kata yang memaksa, sehingga membuat jengkel pihak yang dituju. Begitu pula jika surat bantuan itu untuk mendapatkan beasiswa.

Apabila surat permohonan itu untuk mendapatkan pekerjaan, cantumkan kualifikasi serta pengalaman bekerja sebelumnya. Tidak usah panjang, cukup kalimat sederhana.

Namun bila surat tersebut untuk surat izin cuti dari pekerjaan, jelaskan alasannya secara detail. Apakah karena sakit, mengunjungi keluarga atau alasan lainnya.

3. Bagian Penutup

Selanjutnya adalah bagian penutup surat. Di bagian ini akhiri surat dengan ucapan terima kasih atas waktu yang disediakan untuk membaca surat Anda. Tulis pula salam penutup.

Jangan lupa cantumkan keterangan mengenai kapan batas terakhir surat tersebut dibalas oleh pihak yang dituju. Hal ini penting karena pemohon tidak dibuat terlunta-lunta menunggu jawaban dari pihak yang dimintai dana bantuan atau beasiswa.

Begitu pula surat permohonan mencari pekerjaan. Berbeda untuk surat permohonan izin. Surat tipe ini tidak membutuhkan respons cepat dari pihak tujuan. Walau beberapa perusahaan akan memberikan respons sesuai kebutuhan karyawan.

4. Tambahan atau Lampiran Lain

Bagian ini ditambahkan bila perlu. Contohnya untuk surat permohonan beasiswa, pemohon dapat melampirkan ijazah, curriculum vitae (data diri), dan formulir lainnya. Sedangkan untuk surat permohonan bantuan dana, lampiran mengenai jumlah dana yang dibutuhkan beserta keterangan pemakaian dapat ditambahkan.

Contoh Surat Permohonan

contoh surat permohonan bantuan
play.google.com

Ini adalah beberapa contoh surat permohonan, baik itu permohonan dana bantuan ke perusahaan, permohonan izin, kerjasama, rekomendasi, maaf, permohonan cuti dan lain sebagainya.

 

1. Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Kegiatan

Panitia Acara HUT Republik Indonesia
Kompleks Tangerang Indah VI
Tangerang Selatan
(kop surat lembaga atau organisasi pemohon)


Nomor : 567/08/2017
Lampiran : Proposal Kegiatan
Perihal : Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth,
Bapak/Ibu ……
Pimpinan CV. Kasih Ibu
di Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb  (salam pembuka),
Rasa syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa atas rahmat dan berkah-Nya. Kami panitia HUT Republik Indonesia ….
(bagian pendahuluan ditambahkan dengan menulis informasi mengenai pihak pemohon bantuan dana)

Acara ini kami perkirakan membutuhkan dana sebesar 5 juta rupiah. Namun, pihak panitia masih kekurangan dana sebesar 1 juta rupiah. Kami mohon bantuan ….
(bagian isi surat dibuat agar pihak yang dituju paham maksud dari surat permohonan tersebut)

Demikian surat permohonan dana ini dibuat … atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

(bagian penutup singkat saja)
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Tangerang 1 Agustus 2019

Heri Kusumah
Ketua Panitia HUT Kemerdekaan Republik Indonesia
(beri keterangan kapan Anda ingin surat permohonan bantuan dana tersebut direspons)
—————————————————————————————————————-

2. Surat Permohonan Bantuan Dana Pembangunan Masjid

PANITIA PEMBANGUNAN MASJID AL-IJTIHAD
Jl. Imam Bonjol No. 12 Cijaura Timur
Sekretariat : Dusun Cijaura RT 03 RW 01 Desa Bungur Asri Kecamatan Plered – Purwakarta
Telp : (0264)352999 / 350292394


Purwakarta, 12 Oktober 2019

Nomor       : 70/PPMI/VII/2019
Lampiran   :
Perihal       : Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth.
Direktur PT. Il Jin Sun Garment
Jl. Bungur Asri No 134 Purwakarta
Jawa Barat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Semoga Ibu/Bapak selalu dalam keadaan sehat wal’afiat dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT dan senantiasa mendapat kelimpahan dan keberkahan rizki.

Sehubungan dengan rencana pembangunan masjid Al-Ijtihad yang terletak di Desa Cijaura Timur Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta. yang Insya Allah akan dimulai pada:

Hari : Sabtu
Tanggal : 03 November 2019
Tempat : Jl. Imam Bonjol No. 12 Cijaura Timur

Maka kami, selaku panitia dari pembangunan masjid tersebut berharap bantuan dari Bapak/Ibu pimpinan PT. Il Jin Sun Garment agar memberikan sedikit bantuannya demi kelancaran pembangunan Masjid di desa kami.

Adapun sesuai estimasi pihak panitia, pembangunan masjid Al-Ijtihad ini membutuhkan dana sebesar Rp. 90.000.000,00 (Seratus dua puluh juta rupiah) dan saat ini dana yang terkumpul baru mencapai 55.000.000,00 (Lima puluh lima juta rupiah)

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi amal ibadah kita semua. Atas perhatian dan dana yang bapak/Ibu berikan kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami

Ketua Panitia                                                                                                 Sekretaris

Hoeruddin                                                                                             Nilam Sari Harimurti

                                                         Mengetahui
                                                        Kepala Desa

                                                   Raden Supraptono

 

3. Surat Permohonan Bantuan Dana PHBI

PANITIA PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI)
ISRA MI’RAJ MASJID AL-FATAH
Jln. Kecapi, Desa Bungur Asri RT 14 RW 03, Kecamatan Buah Batu – Bandung


Bandung, 12 April 2019

Nomor : 66/PHBI/IIX/2019
Lampiran : 1 (satu) Berjas
Perihal : Permohonan Bantuan Dana PHBI

Kepada Yth.
Para Dermawan
Warga Desa Bungur Asri
di Tempat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Pertama-tama kami sampaikan salam hormat dan silaturahim pada Bapak/Ibu sekalian. Mudah- mudahan segala aktivitas kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

Sehubungan dengan akan diadakannya peringatan Isra Mi’raj di Masji Al-Fatah, kami dari panitia kegiatan tersebut berharap kepada bapak/ibu sekalian untuk ikut menyukseskan acara tersebut.

Mengingat kami memiliki keterbatasan dana. Maka dari itu kami mengetuk hati bapak/ibu/saudara untuk menyisihkan sebagian hartanya dalam kegiatan yang rencananya akan diadakan pada:
Hari        :
Tanggal  :
Tempat   :

Demikian surat permohonan bantuan dana ini kami sampaikan. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi amal ibadah kita semua. Atas perhatian dan dana yang bapak/Ibu berikan kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami

Ketua Panitia                                                                                    Sekretaris

Hoeruddin                                                                                  Nilam Sari Harimurti

             

                                                 Mengetahui
                                                Kepala Desa

 

                                            Suparmin Raharjo

 

4. Surat Permohonan Bantuan Dana Bencana

 

KEPALA SURAT (LOGO, NAMA ORGANISASI & ALAMAT


Kepada Yth.
Bapak/Ibu Warga Perumahan Indah Permai
di tempat

Dengan hormat,

Mengingat banyaknya saudara kita yang terkena musibah akibat banjir di Bandung. Maka kami dari Karang Taruna desa Ciwangi mengharapkan partisipasi dan bantuan dari seluruh warga perumahan Indah permai untuk meringankan beban yang dialami oleh saudara- saudara kita yang menjadi korban.

Kami menerima segala jenis sumbangan, baik berupa materi ataupun non materi sesuai keikhlasan dari bapak/Ibu sekalian. Selanjutnya hasil dari sumbangan yang telah terkumpul akan segera kami salurkan ke Posko banjir II di daerah Bale Endah.

Demikian surat permohonan ini kami buat. semoga apa keikhlasan dari apa yang bapak/ibu sisihkan mendapatkan keridhoan Allah SWT. kami ucapkan banyak terima kasih atas segala perhatian dan partisipasinya.

Ketua Karang Taruna

 

Mukidi

5. Surat Permohoanan Beasiswa 

SURAT PERMOHONAN
Bandung, 19 Maret 2019

Kepada Yth :
Ketua Bidang Akademik dan Bidang Kemahasiswaan
Dra. Sumarni, S.Pd MM
Universitas Islam Pembangunan

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan adanya pemberituahuan mengenai beasiswa yang tertera di website universitas, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                    : 
Nim                      : 
Fakultas/Jurusan :
Semester              :

Dengan ini bermaksud mengajukan surat permohonan beasiswa, sebagai kelengkapan surat permohonan ini, berikut saya lampirkan berkas- berkas pendukung untuk dijadikan bahan pertimbangan. Besar harapan saya dapat menerima beasiswa ini.

Demikian surat permohonan beasiswa ini saya ajukan. Atas perhatian Bapak / Ibu. saya ucapkan banyak terima kasih

Mengetahui

Orang Tua / Wali                                                                                      Hormat saya

Nining Murti                                                                                              Adi Jayanto

 

6-15 (Dalam Proses Penulisan)

Cara Membuat Proposal yang Baik

contoh surat permohonan
pixabay.com

Selanjutnya beralih ke cara menulis proposal bantuan dana. Proposal untuk membuat pihak lain memberi bantuan uang perlu dirancang detail. Pihak tersebut tentu ingin tahu untuk keperluan apa saja uang yang organisasinya berikan. Apalagi jika bantuan dana tersebut diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Sebelum memulai menulis proposal, ada baiknya Anda mencari informasi mengenai organisasi atau pribadi yang akan dikirimkan proposal itu. Proposal sudah termasuk surat permohonan bantuan dana. Proposal terperinci sehingga pihak yang membaca paham akan alokasi dananya kelak.

Proposal dibuat mengikuti format untuk surat permohonan, seperti di atas. Jadi ada bagian pendahuluan, isi, penutup, dan tambahan. Proposal dijilid rapi, menggunakan sampul khusus. Tulis judul proposal, alamat pihak yang mengajukan proposal tersebut serta tahun pembuatan proposal.

Di bagian isi tulis keterangan mengenai maksud dan tujuan dibuatnya proposal itu. Jangan lupa menulis kalimat pendahuluan dan tulis mengenai organisasi yang mengajukan permohonan dana tersebut. Pada bagian isi, cantumkan pula mengenai anggaran yang dibutuhkan beserta peruntukannya.

Proposal membutuhkan bagian penutup. Di bagian ini Anda perlu mencantumkan nomor telepon atau surat elektronik yang bisa dihubungi.

Biasanya untuk pengajuan dana ke perusahaan, pihak pemohon harus membuat proposal sesuai standar perusahaan tersebut. Beberapa BUMN atau perusahaan swasta memiliki dana khusus untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Nah, penting untuk mengetahui seperti apa standar proposal pengajuan dana yang diterima.

Anda dapat mencari informasi dari website perusahaan yang bersangkutan, bertanya kepada pihak yang sebelumnya pernah mengajukan proposal untuk mendapat bantuan dana, atau bertanya langsung ke pihak perusahaan (contact person) yang bisa dihubungi.

Ada pula perusahaan yang tidak memberikan bantuan berupa dana atau uang tunai. Tapi memberikan barang atau produk perusahaan tersebut. Contohnya perusahaan semen atau makanan ringan yang setiap tahun menyumbang barang produksinya ke pihak yang membutuhkan.

Anda dapat membuat surat permintaan bantuan berupa barang atau produk seperti yang disediakan pihak perusahaan. Barangkali ini menjadi solusi bersama.

 

Ingat, gunakan kalimat efektif yang tidak bertele-tele. Pilih kata-kata menarik perhatian, jelaskan secara sederhana. Pembaca pun paham saat membaca surat permohonan tersebut. Semoga informasi ini berguna, ya.

Itu tadi beberapa contoh surat permohonan baik itu permohonan bantuan dana pembangunan kegiatan sosial acara Islam izin maaf, peroposal pengajuan rekomendasi dan lain sebagainya. Sekian dan Wassalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *