√ UKURAN KTP dalam Cm, Mm, Inch di Word & Photoshop

Ukuran KTP – Ktp adalah kependekan dari Kartu Tanda Penduduk, kartu ini adalah identitas resmi yang dapat dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara Asing (WNA) yang memiliki surat izin menetap berusia diatas 17 tahun.

Ktp di Indonesia awalnya terbuat dari kertas tipis yang dilaminasi, namun setelah tahun 2011 berubah menjadi kartu elektronik yang berbahan plastik Polyethylene Terephthalate (PET) atau Polyethylene Terephthalate Glycol (PETG) yang lebih tebal.

Ktp elektronik pun mempunyai beberapa keunggulan diantaranya adalah kartu ini berlaku secara nasional sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti, pembukaan rekening bank, pengurusan izin dll.

E-Ktp pun memiliki sistem basis data terpusat dan dilengkapi teknologi tertentu untuk menghindari adanya double data kependudukan, hal ini bermanfaat agar seseorang tidak menyalahgunakan kepemilikan e-ktp.

Masa berlaku ktp yang awalnya hanya 5 tahun pun berubah menjadi seumur hidup, artinya jika masa ktp habis, maka tidak perlu dilakukan perpanjangan lagi seperti sebelumnya.

Ukuran KTP di Indonesia

SATUAN E-KTP KTP Lama
Ukuran KTP dalam MM 85,60 x 53,98 mm 85,60 x 53,98 mm
Ukuran KTP dalam CM 8,56 x 5,39 cm 8,56 x 5,39 cm
Ukuran KTP dalam Inci 2,12 x 3,38 inch 2,12 x 3,38 inch
Ukuran KTP dalam Pixel 323 x 204 px 323 x 204 px
Ketebalan 0,76 – 1 mm

Ukuran E-KTP di Indonesia sudah diatur sesuai standar National ID Card keluaran ISO (International Standar Organization) 7810 (ID-1).

Menurut Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ukuran KTP elektronik di Indonesia adalah 85,60 x 53,98 mm yang terdiri dari 7 layer atau lapisan berbahan dasar PET-G (Polyethylene terephthalate Glycol).

Di dalam e-KTP terdapat teknologi biometrics dan kartu chip berbasis mikroprosessor yang dapat menyimpan data pemilik Kt, photo, tanda tangan dan juga sidik jari. Interface dari chip ini telah dibuat sesuai dengan standar ISO 1443 A/B.

Begitupun denga ktp lama yang masih digunakan untuk keperluan kartu tanda penduduk sementara. Ukuran ktp lama dan elektronik adalah sama (tertera pada tabel).

 

Ukuran Kartu Lain di Indonesia

Beberapa jenis kartu seperti kartu SIM (Surat Ijin Mengemudi), kartu ATM, kartu kredit, kartu BPJS, kartu NPWP, kartu pelajar / mahasiswa dll

Memiliki ukuran yang sama dengan KTP, karena sama-sama berpatokan pada ISO 7810 (ID-1). Dengan ukuran sebagai berikut.

Satuan Ukuran Ukuran
mm (milimeter) 85,60 x 53,98 mm
cm (centimeter) 8,56 x 5,39 cm
in (inch) 2,12 x 3,38 in

 

Standar Ukuran Kartu Menurut ISO

Setiap negara tidak diperkenankan menentukan ukuran kartu tanda penduduknya karena ukuran-ukuran tersebut sudah di atur oleh ISO (International Standard Organtization) dan berlaku secara global.

Kartu Identitas yang didalamnya termasuk National Identity Card (KTP), Driving License (SIM), Bank Card (Kartu ATM, Kartu Kredit), SIM Card (untuk handphone), dll, telah diatur dalam ISO/IEC 7810.

ISO/IEC 7810 ini terbagi menjadi 4 ukuran standar, yaitu:

Jenis Ukuran Kegunaan
ID-1 85.60 × 53.98 mm
  • Kartu Debit/Kredit Bank
  • Kartu Identitas Nasional (ID Card)
ID-2 105 × 74 mm
  • Kartu Identitas Negara Perancis, Jerman dan beberapa negara lain
  • Kartu VISA
ID-3 125 × 88 mm
  • Paspor
ID-000 25 × 15 mm
  • Kartu SIM handphone dengan sudut terpotong di satu sisinya.

 


Cara Print Bolak Balik Ukuran KTP di Word


Mencetak gambar KTP bolak balik dianggap sulit untuk sebagian orang. Oleh karena itu pada bab kali ini akan dijelaskan step by step nya secara detail dan mudah.

Tutorial di jalankan di Microsoft Word 2013, namun dapat dilakukan juga di versi lain seperti 2003, 2007, 2010, 2016 dan 365.

 

Langkah 1:

Pilih menu Insert, lalu pilih menu Picture.

masukkan-gambar-ktp

 

Langkah 2:

Pilih hasil scan/foto ktp yang ingin dicetak (Kondisi image harus sudah ter crop secara rapi). Klik Insert untuk memasukkan image ke halaman Word.

pilih-scan-ktp

 

Langkah 3:

Klik kanan pada gambar KTP, lalu pilih menu Size and Position.

atur-ukuran-ktp

 

Langkah 4:

Pada kolom tinggi masukkan angka 5.398 cm, sedangkan di kolom lebar masukkan angka 8.56 cm. Klik OK jika sudah.

NB: Jika settingan Word anda menggunakan Bahasa Indonesia, maka ganti titik menjadi koma pada saat memasukkan angka. Misalnya 5,398 cm dan 8,56 cm.

setting-ukuran-ktp

 

Langkah 5:

Klik kanan pada gambar KTP, lalu pilih Wrap Text dan Klik pada pilihan In Front of Text.

atur-letak-ktp

 

Langkah 6:

Klik gambar KTP, pilih menu Format. Selanjutnya Klik Colors dan pilih warna Grayscale, supaya hasil print nanti seperti fotocopy.

atur-ktp-fotokopian

 

Langkah 7:

Atur posisi gambar KTP. Agar lebih rapi bisa mengaktifkan fitur Gridlines.

atur-posisi-ktp

 

Langkah 8:

Jika dirasa sudah pas, lanjutkan dengan Klik menu File dan pilih Print. Klik ikon printer untuk mencetak dokumen.

print-ktp

 

Langkah 9:

Setelah sisi KTP belakang tercetak, kembali ke dokumen Word. Sekarang masukkan gambar KTP bagian depan. Pengaturan ukuran dan warna sama dengan sisi belakang.

atur-ktp-depan

 

Langkah 10:

Agar nanti hasil cetak pas, tumpuk saja gambar KTP bagian belakang dengan KTP bagian depan. Pastikan sisi KTP Belakang tidak tampak lagi.

atur-posisi-ktp-depan

 

Langkah 11:

Sebelum mencetak sisi depan KTP, kita harus memutar dulu hasil cetak sisi belakang KTP. Sehingga bagian atas menjadi bawah begitupun sebaliknya.

Selanjutnya balik kertas, sehingga bagian belakang yang kosong menjadi di depan. Baru setelah itu masukkan kembali kertas ke mesin printer. Cetak dengan settingan yang sama seperti pada sisi bagian belakang KTP.

print-ktp-bolak-balik

Jika benar maka bagian belakang dan depan akan pas dan rapi. Sehingga akan memudahkan kita saat menggunting hasil cetaknya.

Tutorial ukuran ktp di Word ini juga dapat diaplikasikan di software lain seperti Adobe Photoshop dan Corel Draw. Selamat mencoba.

NB: Ukuran Foto KTP yang berlaku secara nasional adalah 2 x 3 cm. Dimana warga yang memiliki tahun kelahiran genap harus menggunakan background biru pada fotonya. Sedangkan tahun kelahiran ganjil menggunakan background merah.

Mengenal E-KTP Negara-Negara Lain

Terlepas dari pengadaan E-Ktp di Indonesia yang bermasalah, bagaimanapun kita harus mengapresiasi perubahan dari ktp kovensional menjadi ktp elektronik. Namun tentu saja banyak yang harus diperbaiki dan dimaksimalkan fitur-fiturnya.

Di beberapa negara, Ktp tidak hanya berfungsi sebagai identitas, melainkan layanan-layanan lain yang berhubungan dengan data kepemerintahan. Berikut ini adalah beberapa E-Ktp canggih yang dimiliki oleh negara-negara lain;

1. MyKad (Malaysia) 

via twitter.com

MyKad adalah kartu identitas elektronik yang dimiliki oleh setiap warga negara Malaysia berusia diatas 12 tahun.  Selain sebagai kartu identitas, kartu ini memiliki beberapa fungsi lain.

Diantaranya sebagai Surat Izin Mengemudi dan juga Dompet Elektronik yang mendukung layanan transaksi perbankan. Selain itu MyKad berfungsi sebagai catatan informasi kesehatan, imigrasi, alat pembayaran transportasi dan layanan perbankan.

MyKad bersifat multifungsi, semua fungsi yang terdapat dalam KTP, SIM, ATM, E-cash dan lain sebagainya berada dalam satu kartu yang sistemnya terintegrasi. Mantap kan?

2. E-Id Estonia

aolcdn.com

Ktp elektronik atau E-Id yang dimiliki Estonia dianggap sebagai electronic ID terbaik di dunia saat ini. Negara yang dikenal dengan surganya Start-up ini mempunyai E-id yang memungkinkan warga untuk mem-vote Presiden pilihannya sambil rebahan dari rumah. 

Kartu digital Estonia selain berfungsi sebagai identitas, juga memiliki fungsi sebagai kartu asuransi kesehatan, pemeriksaan catatan medis, perpajakan, e-shoop. e-school, e-business register, e-police, e-land register,  transaksi perbankan, pemungutan suara online dan lain sebagainya.


Demikian artikel singkat mengenai ukuran kartu ktp baik dalam centimeter cm, milimeter mm, ataupun inci inch yang bisa digunakan untuk mencetak salinan dari microsoft word ataupun aplikasi photosop. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *