120+ Kata Kata Bijak, Motivasi, Mutiara Indah Penuh Makna (Cinta & Kehidupan)

By | November 17, 2019

Kata Kata Bijak – Ketika membaca buku atau karya tulis seseorang, tak jarang Anda akan menemukan susunan kata yang bukan hanya indah dan menyentuh, tetapi juga memiliki makna yang mengandung pesan-pesan tertentu. Baik diungkapkan secara eksplisit maupun implisit.

Nah, tahukah Anda kalau kata-kata tersebut sering dikenal dengan sebutan kata bijak, kata mutiara, atau kata motivasi? Ketiganya memiliki fungsi yang sama, meski secara spesifik mengungkapkan pengertian yang berbeda.

Umumnya, ketiga kata tersebut berfungsi sebagai trigger atau pemacu seseorang untuk lebih bersemangat ketika melakukan sesuatu, entah itu dalam bidang karir, pekerjaan, kehidupan, pendidikan, pernikahan, sekolah. olahraga ataupun hal-hal lainnya.

 

KATA KATA BIJAK

kata kata bijak

pixabay.com

Kata-kata bijak adalah kalimat yang memiliki kekuatan, kecerdasan dan penilaian untuk sebuah kebenaran. Biasanya kata-kata bijak berisi nasihat dan saran membangun atau bisa juga petuah untuk memotivasi dan mengambil keputusan secara tegas.

Penggunaan kata-kata bijak tidak ditujukan langsung kepada personal, tetapi pada situasi. Definisi kata bijak berbentuk sopan, baik, dan teratur. Sehingga, pendengar atau pembacanya tidak akan tersinggung, malah merasa jauh lebih nyaman.

Kata bijak memiliki makna yang dalam. ia menyerupai sebuah pesan atau nasehat untuk menggugah hati orang. Kata-kata tersebut juga bisa memberikan antusiasme, spirit atau dorongan energi karena susunan katanya jelas dan mudah meresap secara langsung.

 

1. KATA BIJAK SINGKAT

Berikut ini adalah beberapa kata bijak pendek dan singkat yang diambil dari beberapa tokoh terkenal yang kami saring dari berbagai sumber, mulai dari buku digital (ebook ) atau sumber-sumber serupa dari internet.

  • Janganlah berhenti ketika merasa lelah. Berhentilah ketika Selesai.
  • Hidup jadi terasa mudah. Jika pernah merasakan susah.
  • Lakukan apa yang kamu suka dan jadikan itu bisnis (Bill Gates)
  • Tidak ada karya yang pernah diciptakan oleh seorang seniman malas.
  • “Jika ada yang berkata “Hidup ini begitu sulit". Tanyakan kepada nya “sulit" jika dibandingkan dengan apa?"
  • Jika anda bisa memimpikannya, maka anda bisa menaklukannya.
  • Jika kamu tidak mau mengambil resiko yang luar biasa, Kamu harus puas menjadi orang biasa.
  • Menjadi luar biasa itu perlu waktu, perlu disakiti, perlu air mata, perlu dicaci, perlu dihina, perlu jam terbang yang teruji
  • Hidup itu seperti naik sepeda, agar tetap seimbang. Kau harus terus bergerak.
  • Cobalah untuk tidak menjadi orang yang sukses, melainkan mencoba menjadi orang yang berharga. (Albert Einstein)
  • Sesuatu yang ada dibelakang dan didepan kita masih belum seberapa, dibanding apa yang ada dalam diri kita (Oliver Wendell Holmes).
  • Orang jenius melihat apa yang dilihat orang lain dan berpikir apa yang tidak dipikirkan orang lain (Albert Saunt Gyorgi)
  • Kalau saya tidak pernah berani tersasar. Kalian tidak akan pernah menemukan jalan baru (Christopher Colombus)
  • Sabar itu ada batasnya dan batasannya adalah kematian – Ustadz Syafiq Riza Basalamah.
  • Anda tidak bisa pergi dari tanggung jawab esok hari dengan menghindarinya hari ini. (Abraham Lincoln_)
  • Mengenang boleh, tapi janganlah hidup di dalamnya.
  • Suatu pekerjaan yang tak kunjung bisa diselesaikan adalah pekerjaan yang tak kunjung dimulai (JRR Tolkien)
  • Ketika satu pintu tertutup, ada pintu lain terbuka, namun kadang kita melihat dan menyesali pintu tertutup tersebut terlalu lama sehingga kita tidak melihat pintu lain yang telah terbuka itu (Alexander Graham Bell)
  • Tak perlu menjelaskan siapa anda, karena teman teman anda tidak memerlukannya dan musuh anda tidak akan mempercainya.
  • Nasib baik berpihak pada orang- orang yang berani (Publius Terence)
  • Orang kuat bukanlah orang yang tidak pernah menangis melainkan orang yang tetap tegar ketika menghadapi berbagai cobaan hidup.
  • Singa ditakuti karena diamnya, anjing dimusuhi karena gonggongannya.
  • Dalam situasi apapun, jangan biarkan emosimu mengalahkan kecerdasanmu.
  • Ketika kamu merasa sepi dan sendiri maka saat itu kamu sedang belajar tentang ketangguhan (Dahlan Iskan)
  • Hidup yang sebenarnya adalah saat kita bermimpi dalam kesadaran.
  • Inovasi membedakan antara seorang pemimpin dan pengikut. ~ Steve Jobs
  • Jangan iri atas keberhasilan orang lain, karena kamu tidak mengetahui apa yang telah ia korbankan ununtuk mencapai keberhasilannya itu.
  • Orang tidak akan meraih fajar tanpa melalui perjalanan malam (Kahlil Gibran)
  • Pikiran anda bagaikan api yang perlu dinyalakan, bukan bejana yang menanti untuk diisi (Dorothea Brande)
  • Ketekunan bisa membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin, membuat kemungkinan menjadi kemungkinan besar. Dan membuat kemungkinan besar menjadi Pasti (Robert Half)
  • Prestasi tidak bisa diraih dengan instan, satu detik penampilan adalah hasil tahun demi tahun latihan. Satu tahun pencapaian adalah hasil detik demi detik perjuangan.Anda harus melakukan sesuatu yang anda pikir tak akan bisa anda lakukan (Eleanor Roosevelt)
  • Orang yang bertanya bodoh selama 5 menit dan orang yang tidak bertanya akan tetap bodoh selamanya..
  • Semua orang pernah gagal. Sebagian menyerah, sebagian bangkit kembali. Maka Ada Pecundang, Ada Pemenang
  • Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali – Paulo Cuelho
  • Penampilan sering menipu, Tidak semua yang berkilau itu emas (Miguel de Cervantes)
  • Keberanian adalah kekuatan melawan rasa takut, menguasai rasa taku dan bukan tiadanya rasa takut (Mark Twain)
  • Kesempatan selalu ada. Biarkan kailmu terus siaga di dalam kolam yang paling tidak kau harapkan, seringkali ikan berada disana (Ovid)
  • Lakukan satu hal setiap hari yang membuatmu takut. Dengan begitu kau akan terbiasa menghadapi ketakutan.

 

2. KATA BIJAK KEHIDUPAN

kata bijak

pixabay.com

“Biarkan senyummu mengubah dunia. Tapi jangan biarkan dunia
mengubah senyummu.

Tersenyum adalah kebaikan yang paling gampang dilakukan. Meski hidup sedang dirundung problema, hendaknya tetap menghadapinya dengan senyuman.

“Matahari akan selalu terbit, dan kita akan mencoba bangkit sekali lagi.

Matahari selalu terbit setiap pagi, bahkan pada cuaca mendung sekalipun. Anda bisa mencontoh perilaku matahari yang tetap konsisten memancarkan sinarnya dalam keadaan apapun. Jadi janganlah takut gagal. Yakinlah bahwa usaha tidak pernah mengkhianati hasil.

 

“Tekuni satu bidang. Maka Anda akan menjadi orang hebat yang berhasil.

Jangan mengerjakan banyak hal sekaligus. Karena perhatian Anda akan terbagi dan tidak akan bisa maksimal. Pilih satu yang paling Anda kuasai dan fokus hanya padanya. Dalam beberapa saat Anda akan mahir dan menguasai bidang tersebut, lalu menghasilkan sesuatu darinya.

 

“Sebuah keputusan yang paling baik adalah dengan berpedoman pada pengalaman hidup. Juga pengalaman yang diperoleh dari keputusan yang pernah salah.

Pengalaman adalah guru terbaik. Anda dapat mengambil hikmah dari segala kesalahan yang pernah dibuat. Tentunya dengan harapan Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama dan mengambil keputusan secara lebih efektif saat menghadapi permasalahan.

 

“Setiap hari sangat berharga, janganlah menunggu waktu yang tepat untuk mulai melangkah."

Setiap hari adalah hari yang baik dan Anda tak pernah tahu apa yang akan terjadi. Maka berdasarkan ketidaktahuan tersebut, mengapa Anda tidak mulai melangkah untuk mewujudkan mimpi.

 

“Jangan berjalan di muka bumi dengan penuh kesombongan dan congkak, karena sebentar lagi engkau akan masuk ke dalam bumi juga."

Sesungguhnya sombong adalah salah satu penyakit hati. Lagipula sebenarnya apa yang bisa Anda sombongkan kepada orang lain? Faktanya, semua orang yang pernah hidup sama-sama akan berakhir di liang kubur.

 

3. KATA BIJAK CINTA

kata-kata bijak

pixabay.com

“Ketika seseorang berusaha menjauhimu, biarkanlah. Kepergian dia hanya membuka pintu bagi seseorang yang lebih baik untuk masuk.

Jangan menangisi siapa pun yang pergi meninggalkan Anda. Kepergiannya berarti karena memang dia tidak baik buat Anda. Setelah dia pergi, yakinlah bahwa seorang pengganti yang lebih baik akan segera memasuki kehidupan Anda.

 

“Mengemis cinta seseorang hanya membuat Anda tidak berkualitas. Jika dia mencintai Anda, Anda tak perlu mengemis cintanya."

Tak perlu memaksa seseorang untuk mencintai Anda. Itu justru akan merendahkan derajat Anda. Seseorang yang memang mencintai Anda tidak akan membuat Anda mengemis cintanya. Jika tidak, berarti bukan dia orang yang harusnya Anda cintai.

 

“Ada perbedaan antara ‘cinta’ dan ‘suka’. Kalau Anda menyukai suatu bunga, Anda akan memetiknya. Namun, kalau Anda mencintai bunga itu, Anda akan merawat dan menyiraminya setiap hari.

Kata bijak ini mengandung maksud yang hampir mirip dengan frasa, “Cinta tak harus memiliki." Cinta sejati adalah rasa tulus yang tanpa pamrih. Jadi, jika Anda benar-benar menginginkan seseorang secara berlebihan, barangkali itu bukan love, melainkan hasrat egois belaka.

 

4. KATA BIJAK ISLAMI

pixabay.com

“Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, melainkan orang yang terus istikamah di tengah godaan."

Orang yang tidak pernah menangis sering dianggap sebagai orang kuat. Padahal tangisan bukanlah faktor yang tepat untuk menilai kekuatan seseorang. Orang kuat adalah dia yang mampu bertahan dan tetap menjaga diri di tengah godaan dan cobaan yang dialami.

“Janji Allah tak pernah mengecewakan, dan bila Anda masih merasa kecewa, mungkin ada yang salah dengan iman Anda."

Allah tidak pernah mengecewakan hamba-Nya. Anda hanya perlu percaya, ikhlas, dan berserah diri pada-Nya. Jika tidak, tentu saja Anda akan senantiasa kecewa dan tidak bahagia.

“Ilmu tanpa agama adalah suatu kecacatan,
dan agama tanpa ilmu merupakan kebutaan."

Ilmu dan agama seharusnya bukanlah sesuatu yang bisa dipisahkan. Keduanya berjalan beriringan. Manusia membutuhkan keduanya seimbang jika ingin hidupnya bahagia dan bermanfaat.

 

KATA KATA MOTIVASI

google images

Pada umumnya, kata motivasi berperan sebagai pembakar gairah bagi mereka yang sedang menggapai mimpi, sekaligus menjadi penjaga api semangat dalam dirinya agar tidak padam.

Kata-kata motivasi hanya berfungsi sebagai pendorong. Selebihnya kesuksesan adalah urusan praktek terus menerus tanpa kenal lelah dan juga do’a. Apalah arti ribuan kata motivasi jika kita tidak mewujudkannya kedalam tindakan.

 

  • 1 Tahun = 365 Kesempatan
  • Titik awal dari semua prestasi adalah hasrat. ~ Napolean Hill
  • Pengusaha sejati adalah seseorang yang tidak memiliki jaring pengaman di bawahnya. ~ Henry Kravis
  • Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Bisa anda rasakan dalam semenit, sejam sehari atau setahun. Namun jika menyerah rasa sakit itu akan terasa selamanya (Lance Amstrong)
  • Belajarlah dari masa lalu, hiduplah untuk masa depan. Yang terpenting adalah tidak berhenti bertanya
  • Setiap orang punya jatah gagal, habiskanlah jatah gagalmu ketika kamu masih muda – Dahlan Iskan
  • Urusan besar kita bukanlah melihat apa yang terlihat samar- samar di kejauhan, tetapi melakukan apa yang sudah jelas ada di tangan (Thomas Carlyle)
  • Senjata paling mematikan di dunia ini adalah semangat manusia yang terbakar (Marshal Foch)
  • Sukses berjalan dari kegagalan menuju kegagalan tanpa kehilangan antusiasme.
  • Hal baik datang kepada orang yang menunggu, tapi hal yang lebih baik datang pada mereka yang berani keluar dan berani mendapatkannya.
  • Tugas kita bukanlah untuk berhasil, tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itula kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil

 

KATA MOTIVASI HIDUP

“Angkat layar dengan tangan Anda yang lebih kuat." – Soichiro Honda

Ini diambil dari pepatah dalam bahasa Jepang yang dikutip dari ucapan Soichiro Honda, pendiri perusahaan raksasa otomotif Jepang. Artinya, Anda harus mengejar peluang yang muncul dalam kehidupan dengan keahlian terbaik Anda. Dengan begitu, Anda lebih mudah mewujudkannya.

 

“Silakan rayakan kesuksesan, Tetapi lebih penting untuk memperhatikan pelajaran tentang kegagalan." – Bill Gates

Pendiri perusahaan teknologi Microsoft ini memberikan pengetahuan berharga bagi siapa saja yang ingin sukses. Pelajaran itu terletak pada pengalamannya saat mengalami kegagalan demi kegagalan.

 

“Mengapa harus khawatir? Jika Anda telah melakukan yang terbaik yang Anda bisa, khawatir tidak akan membuatnya menjadi lebih baik." – Walt Disney

Curahkan yang terbaik semampu Anda. Tapi terlebih dulu pikirkan masak-masak sebelum bertindak. Pertimbangkan yang terbaik juga buat semuanya. Jika Anda sudah melakukannya, jangan cemas jika hasilnya tidak seperti keinginan. Lakukan saja.

 

“Optimisme adalah kepercayaan yang mengarah pada pencapaian. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan keyakinan. – Helen Keller

Kalau Anda sudah tidak yakin sejak awal, lebih baik jangan lakukan. Itu tidak akan menghasilkan apa-apa. Tumbuhkanlah sikap optimis jika ingin melakukan sesuatu.

 

“Saat tidak berhasil mewujudkan keinginan, Anda akan menderita. Saat mendapatkan apa yang tidak diinginkan, Anda juga menderita. Bahkan ketika berhasil memperoleh yang diinginkan, Anda tetap akan menderita karena tak mampu memilikinya untuk selamanya. – Sokrates

Jadi, jangan sekali-kali mengandalkan kemauan Anda. Anda memiliki pikiran yang dinamis dan ingin selalu bebas, terutama dari kewajiban. Anda mungkin bisa mewujudan kondisi tersebut, tetapi jangan lupa bahwa ada takdir yang sangat menentukan jalan hidup Anda.

 

“Bahwa beberapa orang berhasil sukses besar, adalah bukti bahwa semua orang pun bisa mendapatkannya." – Abraham Lincoln

Semua orang berhak sukses, sekaligus menyimpan peluang yang sama untuk itu. Perbedaannya mungkin hanya terletak pada konsistensi dan kerja keras masing-masing, dalam usaha mewujudkan kesuksesan tersebut.

 

“Barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam." – Ir. Soekarno

Jika Anda menginginkan hasil yang besar, ingatlah bahwa itu akan membutuhkan usaha yang juga keras. Semakin Anda bekerja keras, maka semakin banyak pula yang akan Anda dapatkan.

 

“Jangan takut untuk bekerja, jangan bekerja kalau takut." – Susi Pudjiastuti

Bangunlah kepercayaan diri dalam bekerja, karena itulah yang paling Anda butuhkan. Jika Anda ragu-ragu, sebaiknya temukan jenis pekerjaan lain di mana Anda benar-benar yakin bisa melakukannya dengan percaya diri.

 

“Kekecewaan itu harus kita salurkan dengan bekerja lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi." – Sri Mulyani

Seperti halnya belajar dari kegagalan, sebuah kekecewaan pun bisa menjadi pengalaman berharga. Jadikan kekecewaan sebagai pemicu perkembangan Anda untuk menjadi orang yang lebih baik. Lebih baik dari Anda sebelumnya, atau lebih baik dari orang yang mengecewakan Anda.

 

KATA MOTIVASI SUKSES BELAJAR & KERJA

 

“Anda menghalangi impian Anda ketika Anda mengizinkan ketakutan Anda tumbuh lebih besar dari keyakinan Anda."

Yakinlah, maka Anda akan percaya bahwa segala hal mungkin terjadi. Bahkan mimpi besar Anda pun bisa terwujud. Ketakutan dan keraguan hanya akan membuat Anda sulit berkembang.

 

“Masa lalu tidak bisa diubah dan masa depan masih ada di tangan Anda."

Jangan menyesal jika masa lalu Anda suram. Biarkan itu jadi pelajaran berharga buat Anda sebagai bekal melangkah ke masa depan. Anda masih berpeluang besar mengubah hal-hal suram di masa lalu menjadi kebaikan di masa mendatang.

 

“Bekerjalah seolah Anda tak butuh uang, cintailah seolah Anda takkan tersakiti dan menarilah seakan tak ada yang melihat Anda."

Bekerja saja segenap hati dan jangan pikirkan hasilnya. Usaha tak akan mengkhianati hasil. Tuangkan pemikiran dan tenaga kita, lakukan apa yang menurut kita perlu dilakukan dengan tetap memperhatikan manfaatnya yang terbaik. Setelahnya, Anda tak perlu memperhatikan beragam penilaian negatif dari orang lain.

 

“Jangan menunggu hari yang terbaik untuk melangkah, karena setiap hari sangatlah berharga."

Jangan suka menunda-nunda pekerjaan atau langkah untuk meraih sukses. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya, gunakan untuk bekerja dengan maksimal demi mimpi Anda.

 

KATA KATA MUTIARA

pixabay.com

Mutiara berasal dari endapan benda laut yang diselubungi oleh kulit air di dalam cangkang kerang. Mutiara tergolong dalam jenis batu mulia yang biasa dijadikan perhiasan yang mahal harganya.

Karena mutiara bukanlah batu sembarangan, begitu pula dengan kata mutiara. Kata mutiara dapat berarti sebuah kalimat yang memiliki makna seindah batu mulia tersebut. Berisikan pesan mendalam untuk membuka hati dan pikiran seseorang.

Kata mutiara dianggap akan dapat bermanfaat dalam menjalani kehidupan karena memiliki bermacam-macam penjelasan yang dapat meningkatkan kebijaksanaan hidup dan kebajikan.

  • Dalam hidup ada kekecewaan, tetapi kekecewaan tidak boleh menghentikanmu dari usaha untuk mencobanya lagi (Benedict Mulega)
  • Keinginan merupakan titik awal dari semua pencapaian, bukan sebuah harapan, bukan sebuah angan- angan, tetapi sebuah keinginan yang bergetar hebat, yang melebihi segalanya (Napoleon Hill)
  • Cinta itu seperti angin, kamu tidak bisa melihatnya tapi bisa merasakannya.
  • Kuat itu menerima kelemahan, cantik itu menerima kekurangan dan bijaksana itu mau mengakui kesalahan.
  • Kebahagiaan adalah kupu-kupu, yang bila dikejar ia akan menjauh. Tapi jika kau duduk mungkin ia akan hinggap di kepala anda.
  • Jika kamu tak mampu memimpikan masa depanmu, maka kamu adalah orang yg tak tahu kemana tujuan hidupmu.
  • Tersenyumlah, bukan karena hidup memberikanmu alasan tuk tersenyum, namun karena senyummu adalah alasan orang lain tersenyum.
  • Kenapa harus takut gelap kalau ada banyak hal indah yang hanya bisa dilihat sewaktu gelap? — llana tan
  • Sejauh apapun kamu pergi, bahagiamu tercipta atas doa Ibumu
  • Orang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapan, hebat dalam tindakan
  • Mendo’akan adalah cara mencintai seseorang yang paling rahasia
  • Hidup sesuai kemampuan. Jangan sesuai kemauan
  • Lakukan hal kecil dengan cinta yang besar
  • Tidak perlu mematikan cahaya orang lain untuk membuat dirimu bercahaya.

 

KATA MUTIARA KEHIDUPAN

quotes

pixabay.com

Anda membutuhkan kata-kata mutiara untuk belajar memperbaiki kualitas hidup. Banyak hal yang bisa dipetik saat Anda membacanya. Karena kata mutiara selalu bermakna positif, agar pembacanya dapat berkembang menjadi sosok yang lebih baik.

 

“Sehari selembar benang, lama-lama jadilah selembar kain."

Mulailah sesuatu dengan langkah-langkah kecil. Tapi pastikan Anda melakukannya dengan harmonis dan sepenuh hati. Maka lama-kelamaan Anda akan mendapatkan hasil yang tidak terbayangkan.

“Kebencian adalah penyakit yang akan mematikan kebaikan."

Perang antara kebaikan melawan keburukan tidak pernah ada habisnya. Keduanya selalu saling mengalahkan. Maka jika ingin menjadi orang baik, jangan menanamkan kebencian sedikitpun dalam diri Anda.

“Sebelum menjadi kupu-kupu yang indah, betapa banyak waktu yang harus dilaluinya dalam kepompong." – Aiman Bagea

Kupu-kupu mendapatkan bentuk yang indah setelah melalui proses panjang dan suram. Dia harus mengurung diri dalam selubung kepompong di kegelapan. Jika Anda ingin seindah kupu-kupu, beranikan diri untuk menempuh jalan terjal, seberat apapun itu.

“Masalah itu mendewasakan."

Hadirnya setiap permasalahan dalam hidup memang merepotkan. Tapi ketika bisa mengatasi dan melaluinya dengan baik, Anda akan menjadi sosok baru yang lebih bijaksana.

“Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi."

Mimpi itu penting untuk memperbaiki kualitas hidup. Tapi kalau Anda hanya terus bermimpi tanpa berusaha mewujudkannya, bisa jadi waktu Anda akan terbuang sia-sia.

“Hilangkan egomu. Karena hidup tak hanya tentang kebahagiaanmu sendiri, namun tentang berbagi kebahagiaanmu bersama orang lain.

Anda perlu memberikan porsi yang pas untuk ego, karena hidup bukan cuma milik Anda. Ada orang lain yang terlibat dalam kehidupan, dan mereka juga membutuhkan sesuatu dari Anda. Jadilah orang yang bermanfaat bagi sesama dan lingkungan Anda.

“Dunia dipenuhi orang-orang baik. Kalau Anda tidak dapat menemukannya, jadilah salah satunya.

Tak perlu menunggu ajakan untuk menjadi orang baik. Bahkan jika Anda berada di lingkungan yang buruk, jadilah cahaya yang menyinari tempat tersebut. Dengan menjadi sosok lebih baik dari mereka yang ada di sana.

“Apa yang hilang darimu, berarti memang bukan milikmu."

Kehilangan membuka pintu bagi hal lain untuk masuk ke dalam kehidupan Anda. Jadi janganlah meratapi kesedihan dan teruslah berharap akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya.

 

KATA MUTIARA CINTA

pixabay.com

Kata mutiara cinta tidak hanya berupa kalimat romantis dan puitis seperti yang banyak diciptakan oleh pujangga. Yang terpenting adalah kandungan keterangan di dalamnya. Bisa menjadi pencerahan agar para pembacanya bisa lebih memahami cinta dengan cara yang lebih bijak.

“Begitulah cinta, ketika ia terurai jadi perbuatan. Ukuran integritas cinta adalah ketika ia bersemi dalam hati… terkembang dalam kata… terurai dalam perbuatan… – Fyodor Dostoyevsky

Cara menunjukkan cinta bukan hanya melalui ungkapan perasaan pada kata-kata. Namun akan lebih kongkrit jika disajikan dalam bentuk perbuatan.

“Kecantikan bukan berada pada raut wajah, dia terpancar bagai serunai sinar dari dalam hati." – Kahlil Gibran

Hati yang penuh cinta akan tampak di luar. Tapi tidak selamanya kecantikan fisik merupakan cerminan dari hati yang bersih. Di atas semua itu, hati yang bersih lebih penting dari sekadar kecantikan wajah.

“Cinta sejati tak selalu berjalan mulus." – William Shakespeare

Hidup tak selalu berjalan mulus, begitu pula cinta. Sepasang kekasih akan mendapatkan ujian berat yang menjadi sarana untuk membuktikan ketulusan cinta mereka. Begitulah kata sastrawan penulis kisah cinta Romeo dan Juliet ini.

“Asmara bukan hanya sekadar saling memandang satu sama lain, melainkan juga sama-sama melihat ke satu arah yang sama." – Antoine de Saint-Exupéry

Hubungan asmara bisa berjalan lebih langgeng jika sepasang kekasih tidak hanya saling mencintai. Tapi juga mengantongi pandangan dan visi ke depan yang saling bersinergi.

Beberapa dari kita berpikir dengan bertahan akan membuat kita kuat. Tapi terkadang, justru dengan melepaskan membuat kita jadi kuat – Herman Hesse

Jangan ragu untuk melepaskan seseorang yang tidak baik untuk Anda. Bisa jadi itulah salah satu perwujudan dari rasa cinta tulus Anda kepadanya.

“Bukankah kita baru bisa bergerak jika ada jarak? Dan saling menyayangi bila ada ruang? Kasih sayang akan membawa dua orang semakin berdekatan, tapi dia tidak ingin mencekik, jadi ulurlah tali itu. – Dewi lestari

Hubungan asmara memang identik dengan rasa saling memiliki. Tapi itu bukan berarti Anda berhak memperlakukan pasangan seperti benda mati yang bisa dikekang. Anda perlu memberikan kepercayaan kepada pasangan. Karena hubungan yang dilandasi ketidakpercayaan tidak pernah berakhir baik.

“Cintai dirimu terlebih dahulu, maka yang lainnya akan jatuh cinta kepadamu. Kau harus benar-benar mencintai dirimu sendiri untuk mendapatkan apa pun di dunia ini. – Lucille Ball

Sebelum berharap dicintai oleh orang lain, hendaknya Anda mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Orang akan mengetahui cara memperlakukan Anda. Jika Anda sendiri yang menunjukkan caranya.

 

KATA MUTIARA LUCU

pixabay.com

Tak hanya bernada serius, kata mutiara juga ada yang bersifat lucu. Kata-kata ini mampu menghibur, sekaligus mengobati kegundahan hati Anda. Agar Anda bisa lebih bijak lagi dalam menghadapi permasalahan hidup, tak ada salahnya untuk sekali-kali menertawakan diri.

“Sebelum menikahi seseorang, cobalah untuk membuatnya menggunakan komputer dengan koneksi internet lambat untuk melihat siapa calonmu itu sebenarnya."

Memilih pasangan hidup sebaiknya melalui pertimbangan yang benar-benar matang. Salah satu caranya adalah dengan menguji kesabaran calon pasangan. Itu digambarkan dengan koneksi internet lambat pada kata mutiara yang satu ini.

“Aku harus kerja keras, karena aku sadar cicilan belum lunas."

Adakalanya anda tak membutuhkan motivasi yang muluk-muluk agar selalu bekerja keras. Dengan sekadar mengingat jumlah tagihan bulanan, dapat memicu Anda untuk bekerja maksimal setiap hari.

“Saya tidak suka sama orang yang sok tahu, banyak ngomong tetapi nggak ngerti. Makanya saya diam, supaya saya tidak membenci diri sendiri." – Cak Lontong

Jangan berbicara tentang hal yang tidak Anda mengerti. Anda hanya akan mempermalukan diri sendiri. Dalam arti lain, jika Anda membenci sikap seseorang, pastikan tidak berlaku sama seperti orang tersebut.

“Mari berpikir terbuka, tetapi jangan terlalu terbuka sampai otak kita keluar." – Richard Dawkins

Selalu berpikiran terbuka dan menerima hal-hal baru itu penting. Tapi Anda juga harus mengingat bahwa semua itu ada batasnya. Anda tak bisa memaksakan diri melakukan sesuatu di luar kemampuan. Itu hanya akan menjadi bumerang yang akan berdampak negatif pada diri Anda sendiri.

“Lebih indah hidup sederhana tetapi apa adanya, daripada hidup mewah dengan utang di mana-mana.

Kemewahan yang dihasilkan dari utang adalah asal muasal malapetaka. Anda mungkin bisa menikmatinya, tetapi tanpa disadari itu akan mengakibatkan kerugian di kemudian hari. Hindari gengsi yang berlebihan dan mulailah hidup apa adanya.


Itulah tadi uraian tentang kata mutiara, juga quotes motivasi yang dilengkapi list atau daftar kumpulan kata bijak disertai penjelasannya dari figur motivator-motivator Indonesia dan mancanegara.

Kiranya kita bisa memulai meluangkan sejenak waktu untuk merenungkan kalimat-kalimat bermakna positif di sela kesibukan aktivitas keseharian yang sesekali membuat mood turun, kurang bergairah dalam merengkuh apa yang diidam-idamkan .. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress