WARNA PRIMER Adalah: Pengertian, Contoh Sekunder & Tersier

By | Oktober 8, 2021

Warna Primer Adalah – Warna adalah spektrum tertentu yang ada dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan gelombang cahaya tersebut.

Dalam teori Webster, teori warna digolongkan menjadi 4 kelompok warna, yakni warna primer, sekunder, tersier dan warna netral. Teori ini disusun menggunakan lingkaran warna brewster pada tahun 1831.

Dengan mengetahui teori warna ini. Maka kita akan lebih mudah ketika akan membuat sebuah warna melalui percampuran warna-warna yang ada. Terutama, untuk rekan-rekan yang ada dalam bidang pertukangan, reparasi mobil dsb.

Nah, kemudian apa yang dimaksud dengan warna primer, sekunder, tersier, warna netral dan contohnya. Dalam artikel ini kita akan bahas materi yang biasanya diajarkan pada tingkat SD dan SMP kelas 8 ini.

  • Warna Primer Adalah Merah, Kuning, Biru
  • Warna Sekunder Adalah Orange, Hijau, Ungu

WARNA PRIMER

warna primer adalah

roadwarriorcreative.com

Warna Primer adalah warna dasar atau warna pokok yang tidak diperoleh dari campuran apapun. Berikut yang adalah 3 warna primer

  • Warna Merah
  • Warna Kuning
  • Warna Biru

Agar gampang mengingatnya kamu bisa menghapalkan inisialnya menjadi KBM (kuning, biru, merah). BMK (biru merah kuning) ataupun menyingkatnya dalam bahasa Inggris RYB (Red, Yellow, Blue).

Warna primer adalah warna yang tidak berasal dari campuran warna lain. Warna primer adalah warna dasar yang menjadi cikal bakal warna-warna lain.

Kita bisa membentuk warna apapun dengan perpaduan warna primer selama kombinasi campuran warnanya pas. Hal ini tentu saja membutuhkan keahlian, latihan dan pengalaman tertentu.

WARNA SEKUNDER

roadwarriorcreative.com

Warna sekunder adalah warna yang didapat dari 2 campuran warna primer, dengan proporsi 1:1. Yang termasuk kedalam contoh warna sekunder adalah Warna Orange, Hijau dan Ungu.

Ketiga warna tersebut dihasilkan dari campuran warna berikut:

Warna Merah + Warna Kuning = Warna Orange
Warna Biru + Warna Kuning = Warna Hijau
Warna Biru + Warna Merah = Warna Ungu

Jadi, percampuran 2 warna primer akan menghasilkan warna-warna yang disebutkan diatas. Kamu bisa melihat contoh warna sekunder dan perpaduan warnanya dari gambar diatas.

WARNA TERSIER

roadwarriorcreative.com

Warna Tersier merupakan hasil percampuran antara 1 warna primer dan 1 warna sekunder. Yang termasuk kedalam contoh warna tersier banyak jumlahnya. Yang ada di tabel dibawah ini hanya sebagiannya saja:

Biru (●) + Hijau (●) = Aquamarine (●)
Hijau (●) + Kuning (●) = Chartreuse (●)
Kuning (●) + Jingga (●) = Marigold (●)
Jingga (●) + Merah (●) = Vermilion (●)
Merah (●) + Ungu (●) = Magenta (●)
Ungu (●) + Biru (●) = Violet (●)

Jika diperhatikan, sebetulnya warna ini bisa dikatakan juga seperti campuran 3 warna primer. Namun, perlu pembuktian khusus apakah jika kita mencampur 3 warna primer sekaligus dengan komposisi 1:1:1 akan menghasilkan warna serupa.

Yang jelas. Kita ikuti saja teori yang ada bahwa campuran warna primer dan warna sekunder akan menghasilkan warna baru yang dikategorikan warna tersier.

Nama nama warna itu banyak dan jumlahnya ratusan. Kamu bisa melihat berbagai contoh warna pada artikel sebelumnya. Silahkan klik tautan berikut nama-nama warna.

Dalam teori webster ada 1 lagi golongan warna yakni, WARNA NETRAL. Warna netral adalah warna yang dihasilkan dari perpaduan warna primer, sekunder dan tersier dengan Proporsi 1:1:1. Contoh warna netral adalah warna cokelat gelap atau hitam.

 

ARTI WARNA MENURUT PSIKOLOGI

Pernahkah kamu berpikir, kenapa kebanyakan logo warna bank berwarna Biru, coba lihat bank BCA, BRI, MANDIRI atau Bank Indonesia, semua berwarna biru kan?

Pemilihan warna tersebut tidak dilakukan secara asal, semua warna mengandung filosopis dan juga mempunyai artinya masing-masing. Biru salah satunya melambangkan kepercayaan. Ia mempunyai nilai tanggung jawab, kecerdasan dan juga ketengangan.

Begitupun, dengan warna putih yang melambangkan kesucian, merah dengan kemarahan atau hitam dengan kegelapan. Semua mempunyai arti tersendiri.

Nah, yang ditulis di artikel ini adalah sebagian dari apa yang pernah kami tulis di artikel Arti warna. Silahkan klik tautan ini. Arti warna dalam artikel ini adalah warna-warna yang termasuk kedalam Warna primer yakni warna merah, kuning dan biru. Dan beberapa tambahan warna lainnya.

Arti Warna Merah warna primer

Warna merah melambangkan kekuatan, semangat, energi, nafsu dan juga peringatan. Warna ini adalah warna darah dan api sehingga wajar jika merah melambangkan hal-hal yang menggairahkan.

Dalam konotasi negatif, warna merah identik dengan kemarahan, kekerasan ataupun agresivitas. Ia mempunyai dua mata sisi yang berbeda. Yang satu positif satu negatif.

Selain merah, ada warna merah muda atau kita kenal dengan nama pink. Warna ini melambangkan cinta dan feminisme. Wajar saja jika banyak kaum hawa menyukai warna satu ini.

Arti Warna Biru

pixabay.com

Di dunia desain interion, warna biru digunakan untuk menciptakan kesan sejuk, luas, dingin, stabil dan relaksasi pada ruangan. Ia juga dinilai mampu untuk meningkatkan konsentrasi dan mengatasi berbagai penyakit ringan seperti cemas, migrain bahkan susah tidur atau insomnia.

Warna biru juga melambangkan profesionalitas, rasa percaya diri dan kekuatan. Maka dari itu tak heran jika beberapa bank di Indonesia dan dunia menjadikan warna biru sebagai warna utama dalam logonya.

Ini untuk mengindikasikan bahwa mereka adalah lembaga yang patut di percaya. Ia seolah berkata, kamu jangan khawatir simpan uang di bank kami, kami sangat profesional dan bisa diandalkan.

Selain bank BCA, BRI, BI, Mandiri banyak juga lembaga finansial lain yang menggunakan biru sebagai warna kebanggaannya, misalnya Bank MNC, Bukopin, BJB, BTN dan juga alat pembayaran Visa, Paypal dsb.

Arti Warna Kuning

warna primer adalah

pixabay.com

Pada umumnya, warna-warna terang memberi kesan bahagia, ceria dan optimisme tinggi. Kuning dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan analisis seseorang. Sayangnya, seluruh manfaat positif tersebut tidak lepas dari risiko kecemasan, inkonsisten, rasa gelisah, bahkan tekanan stres–khususnya bagi mereka si penggemar warna kuning.

Dalam anggapan lain, warna kuning melambangkan kecerdasan, kretivitas, bijaksana serta mampu menciptakan inovasi-inovasi atau ide baru.

Tak heran warna ini juga menjadi perpaduan warna dalam logo lembaga-lembaga finansial atau perusahaan seperti halnya juga warna biru.

Arti Warna Hijau

pixabay.com

Hijau adalah warna alam yang menggambarkan kesejukan, kesegaran, kedamaian sehingga orang menjadi lebih relaks ketika berada di tempat yang bernuansa hijau.

Warna ini dipercaya mampu menurunkan stress. Dalam dunia psikologi warna hijau sering digunakan untuk membantu seseorang agar keluar dari situasi cemas dan tertekan agar mempu menyeimbangkan emosinya.

Karena warna ini nyaman. Efek negatifnya warna ini juga menciptakan kesan kelemahan dan kemalasan. Mau bagaimanapun warna hijau adalah warna santai, warna yang cocok menemani rebahan anda di tengah hiruk pikuk pekerjaan yang monoton.


Itulah tadi artikel singkat mengenai apa yang dimaksud warna primer, sekunder, tersier dan juga warna netral. Jika kamu ditanya sebutkan 3 warna primer jawabannya adalah warna merah, kuning dan biru.

Begitupun jika ditanya warna hijau dihasilkan dari apa? Kamu tinggal lihat artikel diatas pada bagian warna sekunder dan contoh campuran warnanya.

Sekian dari kami, tetap semangat menuntut ilmu untuk rekan-rekan semua yang membaca ini karena tugas sekolah ataupun untuk hal lainnya. Terima kasih dan #WASSALAM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress