35+ Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya, LENGKAP!!

Macam Macam Profesi – Untuk menyambung hidup, manusia perlu melakukan pekerjaan yang dapat menghasilkan uang. Ada banyak macam pekerjaan yang dapat dilakukan, mulai dari pekerjaan yang di kantor, terjun langsung ke lapangan, pabrik dan lain sebagainya.

Ada juga yang melakukan pekerjaannya demi melakukan kegiatan sosial dan kemanusiaan bahkan ada yang berbahaya dan mau mempertaruhkan nyawa sekaligus. Meski demikian mereka rela melakukannya dengan ikhlas.

Macam Macam Profesi dan Pekerjaan

pixabay.com

Berikut ini ada 50 macam profesi dan tugasnya yang ada di dunia.

1. Guru

Menjadi seorang guru sering dilontarkan oleh anak-anak jika menjawab apa yang menjadi cita-cita mereka. Guru merupakan salah satu profesi yang dianggap mulia oleh banyak orang karena membantu dalam bidang pendidikan masyarakat di seluruh dunia. Meski demikian, ada juga risiko yang harus dihadapi seorang guru.

2. Dokter

Sama seperti halnya profesi guru, dokter merupakan profesi yang paling banyak dicita-citakan oleh anak-anak. Tugas seorang dokter tidak hanya membantu pasien sembuh dari penyakitnya, namun juga tempat konsultasi, serta mendiagnosis sebuah penyakit. Pekerjaan dokter menanggung risiko cukup tinggi.

Oleh sebab itu banyak yang mengambil spesialis tertentu untuk lebih mendalami pengetahuan mereka, tidak boleh sembarangan melakukan tindakan medis terhadap pasien, dan tidak boleh melakukan kesalahan ketika operasi pembedahan.

3. Tentara

Menjadi seorang tentara berati sudah siap lahir batin untuk menghadapi segala sesuatu di tempat bertugas. Tugas seorang tentara adalah membela bangsa dan negara sampai tetes darah terakhir, terlebih bagi yang ditugaskan di perbatasan ataupun medan pertempuran.

Banyak risiko yang dihadapi oleh seorang tentara, di antaranya seperti jauh dari keluarga, tempat kerja yang cukup berbahaya hingga kehilangan nyawa.

4. Polisi

Tidak hanya tentara yang ikut menjaga keamanan negara, salah satu aparatur negara yaitu polisi ikut andil di dalamnya. Tugas polisi tidak kalah sulit dibandingkan para tentara. Mereka harus menangani masalah yang ada di sekitar masyarakat, menangkap penjahat, pengedar narkoba, mengayomi serta menjaga ketertiban yang terjadi dilingkungan. Tidak sedikit juga polisi yang kehilangan nyawa mereka saat sedang bertugas.

5. Pilot

Salah satu profesi yang cukup berbahaya adalah menjadi seorang pilot. Mereka harus menerbangkan sebuah pesawat di udara yang berisi puluhan bahkan ratusan penumpang agar tiba sampai tujuan dengan selamat. Kondisi cuaca di udara dapat berubah sewaktu-waktu, tidak sedikit kecelakaan yang terjadi di seluruh dunia, namun ada juga pendaratan hebat yang dilakukan para pilot demi keselamatan para penumpang.

6. Pramugari

Pendamping pilot pada pesawat terbang, pramugari memiliki risiko kecelakaan yang cukup tinggi. Namun banyak yang meminati pekerjaan tersebut

7. Pemadam Kebakaran

Profesi yang satu ini memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi, melakukan pemadaman, dan menolong para korban yang terjebak dalam kebakaran merupakan salah satu dari tugas mereka. Terkadang mereka harus menembus kobaran api yang mengancam nyawa demi keselamatan para korban.

8. Pembersih Jendela Gedung

Di negara-negara maju yang memiliki kondisi gedung pencakar langit, ada pekerja pembersih jendela yang memiliki tingkat bahaya cukup tinggi. Pasalnya jendela yang mereka bersihkan terkadang sampai lantai dua puluh bahkan bisa lebih tinggi.

9. Nelayan

Mencari ikan dilaut merupakan tugas seorang nelayan. Profesi yang satu ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Mengapa demikian? seringnya terjadi badai, gelombang tinggi, dan cuaca yang tidak menentu sering menjadi kendala bagi seorang nelayan.

10. Sopir

Menjadi seorang sopir memiliki banyak kendala dan hambatan, mulai dari cuaca, kelelahan, sampai kondisi kendaraan. Tidak heran jika sopir merupakan pekerjaan yang cukup riskan dan berbahaya.

11. Pemasang Atap

Menjadi pemasang atap tidaklah mudah. Harus tetap berhati-hati jika perlu memaki pengaman yang dapat melindungi diri dari berbagai macam bahaya. Angin kencang dan hujan sering menjadi permasalahan bagi pemasang atap.

12. Pekerja Konstruksi

Tentunya kalian pernah melihat pekerja konstruksi bangunan suatu gedung atau rumah. Pekerjaan tersebut cukup berisiko terlebih jika tidak dilengkapi dengan peralatan perlindungan diri.

13. Para Penebang Pohon

Menebangi pohon-pohon yang harus ditanam kembali menjadi tugas para penebang pohon. Namun pekerjaan ini memiliki risiko berbahaya karena peralatan yang tajam serta arah jatuhnya pepohonan yang tidak dapat diprediksi.

14. Lineman

Pernah mendengar istilah lineman? Lineman merupakan sebutan untuk seseorang yang bertugas memperbaiki kabel listrik. Pekerjaan ini sangat berisiko tinggi karena berhadapan dengan kabel listrik dengan tegangan tinggi, dan cuaca serta angin kencang.

15. Pemain Sirkus

Para pemain sirkus sering melakukan atraksi yang mengagumkan. Dibalik atraksi tersebut mereka mempertaruhkan nyawa. Adegan demi adegan dilakukan tanpa menggunakan alat bantu. Sedikit saja kesalahan yang mereka buat maka bisa berakibat fatal.

16. Stuntman

Stuntman, atau pemeran pengganti dalam tiap film laga merupakan sebuah pekerjaan yang memiliki risiko besar. Pasalnya mereka melakukan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh bintang utama. Mereka harus beradegan sesuai arahan sutradara bahkan melakukan hal yang berbahaya sekalipun.

17. Pilot Di Daerah Terpencil

Menjadi pilot di tempat terpencil banyak diminati oleh banyak orang. Namun pekerjaan ini cukup berbahaya karena mendarat tanpa menara kendali, jalanan yang tidak mulus dan kendala lainnya.

18. Pendamping Pendaki Gunung Evrest

Pendamping atau biasa di sebut sherpa Gunung Everest memiliki gaji yang cukup tinggi. Mereka mendampingi para pendaki untuk mencapai puncak. Namun pekerjaan ini cukup berbahaya karena banyak sherpa yang meninggal karena beku.

19. Smoke Jumpers

Profesi smoke jumpers merupakan pekerjaan berbahaya selanjutnya. Mereka melakukan aksi pemadaman dengan terjun dari pesawat.

20. Tukang Las di Bawah Laut

Profesi yang satu ini memiliki risiko yang tinggi, dimana harus menghadapi gas beracun dari alat las, serta gelombang laut yang cukup deras.

21. Penyelam

Ada banyak jenis penyelam, baik itu penyelam untuk penelitian, pekerjaan konstruksi dan lain sebagainya. Pekerjaan ini penuh dengan risiko karena medan serta peralatan yang cukup berbahaya.

22. Atlet Gulat

Para atlet gulat mengadu kekuatan mereka di atas ring demi memenangkan sebuah kejuaraan. Namun profesi yang satu ini memiliki bahaya serius, dapat menyebabkan cacat seumur hidup ataupun kematian.

23. Pekerja Nuklir

Banyak negara-negara maju yang bekerja di tempat pembangkit Nuklir. Tentu saja hal tersebut memiliki risiko yang tinggi. Radiasi nuklir dapat menyebabkan seseorang meninggal.

24. Penangkap Lobster dan Kepiting

Sebuah pekerjaan yang cukup menantang maut adalah mengambil kepiting dan lobster. Kedua hewan tersebut sangat enak. Namun cara mengambilnya harus menyelam ke dasar laut yang dalam serta arus yang kencang

25. Peternak Sapi

Di beberapa negara, menjadi peternak sapi sering menghadapi risiko menghadapi sapi yang galak atau mengamuk tentunya hal tersebut cukup berbahaya.

26. Pembongkar Kapal

Di Bangladesh, ada sebuah pekerjaan yang sangat berbahaya yaitu sebagai pembongkar kapal. Pekerjaan ini cukup banyak diminati karena memiliki gaji besar namun mereka harus menantang bahaya karena membongkar kapal dengan tangan kosong.

27. Pengumpul Racun Ular

Pengumpul ular merupakan pekerjaan ahli, ular-ular yang mereka kumpulkan dengan bisa tertinggi. Pekerjaan ini tentu memiliki risiko mematikan paling tinggi.

28. Penambang Belerang

Mereka yang bekerja sebagai penambang sangatlah riskan terpapar racun belerang. Namun pekerjaan tersebut harus tetap dilakukan demi sesuap nasi.

29. Regu Penolong

Tim penolong harus menyelamatkan korban yang terkena musibah bencana alam. Mereka harus menantang bahaya demi menyelamatkan banyak nyawa meski tidak tahu prediksi bencana susulan akan terjadi.

30. White Helmet

Sebutan white helmet digunakan oleh tim penolong yang ada di Suriah. Mereka menolong korban yang terkena bom meski mereka tahu bahaya yang mengintai yang mengakibatkan kehilangan nyawa.

31-35. Dalam penulisan

Seluruh 35 macam profesi dan tugasnya memiliki risiko tersendiri meski memiliki nilai bayaran yang cukup tinggi. Mereka melakukannya dengan ikhlas demi kesejahteraan masyarakat banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *