√ Cara Melihat Letak Nomor Ijazah SMA, D3 & S1, TERLENGKAP!!

Nomor Ijazah – Letak nomor ijazah kadang dianggap hal remah, padahal masih banyak yang bingung ketika diminta untuk mengecek nomor dan tanggal ijazah.

Nomor ijazah biasanya diperlukan dalam isian salah satu form untuk melamar kerja, baik itu di perusahaan ataupun untuk seleksi Calon pegawai negeri sipil atau CPNS.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang nomor ijazah, mulai dari bagian-bagian ijazah, cara melakukan cek dan menemukan tanggal – no ijazah serta contoh nomor ijazah Sma, Smk, D3, S1, S2 dan jenjang tingkat pendidikan lainnya.

NOMOR IJAZAH YANG MANA?

Nomor Ijazah itu yang mana sih? kurang lebih seperti itulah pertanyaan ketika kita bingung mencari nomor ijazah. Tapi jangan khawatir, berikut adalah hal yang perlu anda ketahui ketika mencari nomor dan juga tanggal ijazah.

 

1. Letak No Ijazah SD-SMA Umumnya di Bagian Bawah

Pada Jenjang Pendidikan SD, SMP, SMA/SMK/sederajat, nomor ijazah umumnya terletak di bagian bawah dan ditandai dengan awalan “DN”

DN sendiri adalah singkatan dari “Dalam Negeri” itu adalah menandakan ijazah diterbitkan di dalam negeri. Kata DN diikuti dengan nomor DN-01 yang menandakan kode Provinsi. Selain itu kode ini juga diikuti oleh kata Dd (sekolah dasar), Dp (Sma) dan juga Mk (Smk)

2. Letak No Ijazah Diploma-Sarjana Umumnya di Pojok Kiri Atas

Letak nomor Ijazah perkuliahan umumnya terdapat di bagian atas sebelah kiri sesuai dengan ketentuan Universitas masing-masing. No Ijazah Diploma dan Sarjana diawali dengan kata “No” atau “Nomor” diikuti oleh kode-kode nomor tertentu.

LETAK NOMOR IJAZAH

Berikut ini adalah contoh letak nomor ijazah mulai dari jenjang sekolah dasar, smp, sma, D3, S1 dan juga no ijazah S2.

1. Letak Nomor Ijazah SD

nomor ijazah
slideshare.net

Nomor Ijazah SD pada contoh diatas terletak di bagian kanan bawah, yaitu No. DN-01.Dd 0124038. Sedangkan Tanggal Ijazahnya adalah 24 Juni 2006.

2. Letak Nomor Ijazah SMP

slideshare.net

Nomor Ijazah SMP umumnya terletak di bagian kanan bawah, yaitu No.DN-14 Dl 1961809. Sedangkan Tanggal Ijazahnya adalah 29 Juni 2005.

3. Letak Nomor Ijazah SMA

letak nomor ijazah sma
slideshare.net

Nomor Ijazah SMA terletak di bagian tengah bawah, yaitu DN-01 Ma 0007343. Sedangkan Tanggal Ijazahnya adalah 15 Mei 2015.

4. Letak Nomor Ijazah SMK

scribd.id

Sama seperti ijazah SMA, Nomor Ijazah SMK juga terletak di bagian tengah bawah, yaitu: DN-07 Mk 0051436. Sedangkan Tanggal Ijazahnya adalah 15 Mei 2015.

5. Letak Nomor Ijazah D3

slideshare.net

Nomor Ijazah D3 terletak di bagian pojok kanan atas, yaitu Nomor: 03535/H32/5/D3/2010. Sedangkan Tanggal Ijazahnya ditulis dalam huruf alfabet, sehingga dibaca 28 September 2010.

6. Letak Nomor Ijazah S1

slideshare.net

Nomor Ijazah S1 terletak di pojok kanan atas, yaitu Nomor: 28643/UN18/5/S1/2011. Sedangkan Tanggal Ijazahnya tertulis dalam huruf alfabet, sehingga dibaca 27 Agustus 2011.

7. Letak Nomor Ijazah S2

no ijazah
linked.in

Nomor Ijazah S2 juga terletak di bagian kanan atas, yaitu No. 6743/ITS-43/FTIEJ/S2/2013. Sedangkan Tanggal Ijazahnya dibaca 21 Agustus 2013.


PERBEDAAN TANGGAL LULUS DAN TANGGAL IJAZAH


dinus.ac.id

Beberapa Universitas mencantumkan dua tanggal dalam ijazah yang mereka keluarkan. Hal seperti ini terkadang membuat bingung, apa perbedaan kedua tanggal tersebut. Kedua tanggal tersebut terdiri dari:

  1. Tanggal Lulus = tanggal dimana peserta didik dinyatakan lulus oleh dosen setelah menyelesaikan sidang. Ciri-cirinya, sebelum tanggal ada kata “Lulus”.
  2. Tanggal Ijazah = tanggal diterbitkannya ijazah. Ciri-cirinya, sebelum tanggal terdapat kalimat “Diberikan di (kota) pada tanggal”.


KODE DALAM NOMOR IJAZAH


Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.Indonesia menetapkan beberapa kode yang tercantum dalam nomor ijazah, antara lain kode penerbitan dalam / luar negeri, kode satuan dan jenjang pendidikan, kode program pendidikan (jika mengikuti program tersebut), serta kode kurikulum.

1. Kode Penerbitan Dalam Negeri

Kode penerbitan dibuat berbeda tiap provinsi, sehingga dengan melihat kode penerbitan saja kita bisa tahu ijazah diterbitkan di provinsi mana. Berikut tabelnya.

Provinsi Kode Penerbitan
DKI Jakarta DN-01
Jawa Barat DN-02
Jawa Tengah DN-03
Daerah Istimewa Yogyakarta DN-04
Jawa Timur DN-05
Aceh DN-06
Sumatera Utara DN-07
Sumatera Barat DN-08
Riau DN-09
Jambi DN-10
Sumatera Selatan DN-11
Lampung DN-12
Kalimantan Barat DN-13
Kalimantan Tengah DN-14
Kalimantan Selatan DN-15
Kalimantan Timur DN-16
Sulawesi Utara DN-17
Sulawesi Tengah DN-18
Sulawesi Selatan DN-19
Sulawesi Tenggara DN-20
Maluku DN-21
Bali DN-22
Nusat Tenggara Barat DN-23
Nusa Tenggara Timur DN-24
Papua DN-25
Bengkulu DN-26
Maluku Utara DN-27
Bangka belitung DN-28
Gorontalo DN-29
Banten DN-30
Kepulauan Riau DN-31
Sulawesi Barat DN-32
Papua Barat DN-33
Kalimantan Utara DN-34

2. Kode Penerbitan Luar Negeri

Indonesia memiliki beberapa sekolah di luar negeri. Oleh karena itu diterapkan kode penerbitan yang berbeda. Berikut tabelnya.

Kode Luar Negeri (LN) Kode Penerbitan
Sekolah Indonesia Wassenar LN-01
Sekolah Indonesia Moskow LN-02
Sekolah Indonesia Cairo LN-03
Sekolah Indonesia Riyadh LN-04
Sekolah Indonesia Jeddah LN-05
Sekolah Indonesia Islamabad LN-06
Sekolah Indonesia Yangoon LN-07
Sekolah Indonesia Bangkok LN-08
Sekolah Indonesia Kuala Lumpur LN-09
Sekolah Indonesia Singapura LN-10
Sekolah Indonesia Tokyo LN-11
Sekolah Indonesia Damascus LN-12
Sekolah Indonesia Davao. LN-13
Sekolah Indonesia Kinabalu LN-14

3. Kode Penerbitan Pendidikan Kesetaraan di Luar Negeri

Para imigran Indonesia yang sedang mencari nafkah di luar negeri, bisa mengikuti Ujian Paket Kesetaraan (paket A, B, C) yang diselenggarakan pemerintah Indonesia. Biasanya dilaksanakan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) masing-masing negara. Berikut kodenya.

Pedidikan Kesetaraan di Luar Negeri Kode Penerbitan
Program Paket Singapura LN-01
Program Paket Malaysia LN-02
Program Paket Hongkong LN-03
Program Paket Arab Saudi LN-04
Program Paket Taiwan LN-05

4. Kode Satuan dan Jenjang Pendidikan

Tiap jenjang pendidikan seperti SD, SMP, SMA memiliki kodenya masing-masing. Berikut tabel kode satuan dan jenjang pendidikan.

Kode Satuan Pendidikan Kode Jenjang Pendidikan
D = Pendidikan Dasar Dd = SD / MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Ddb = SDLB
Dl = SMP / MTS (Madrasah Tsanawiyah)
Dlb = SMPLB
M = Pendidikan Menengah Ma = SMA /MA (Madrasah Aliyah)
Mab = SMALB
  Mk = SMK / MAK (Madrasah Aliyah Kejuruan)

4. Kode Program Pendidikan

Lulusan dari program pendidikan kesetaraan paket A, B maupun C akan memiliki kode tersendiri di nomor ijazahnya. Kode program pendidikannya sebagai berikut.

  • PA = Pendidikan Kesetaraan Paket A / Ula
  • PB = Pendidikan Kesetaraan Paket B / Wustha
  • PC = Pendidikan Kesetaraan Paket C dan Paket C Kejuruan

5. Kode Kurikulum Pendidikan

Terdapat beberapa kurikulum yang digunakan dalam pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu ada perbedaan kode kurikulum, contohnya:

  • 06 = Kurikulum 2006
  • 13 = Kurikulum 2013
  • SPK = Satuan Pendidikan Kerjasama


CARA CEK DAN VERIFIKASI IJAZAH DI SIVIL (Online)


Keabsahan ijazah perguruan tinggi yang kita miliki bisa di cek dan verifikasi secara online melalui Sistem Verifikasi Ijazah Secara Online (SIVIL). Website miliki Dikti ini dapat dikunjungi melalui https://ijazah.ristekdikti.go.id/

nomor ijazah

Kita hanya perlu mengisi data perguruan tinggi, nomor ijazah dan verifikasi keamanan di kolom yang tersedia. Selanjutnya klik Verifikasi untuk memunculkan hasil.

Jika data yang muncul sesuai dengan ijazah, maka ijazah kita terbukti keabsahannya. Namun jika data salah atau bahkan tidak muncul maka segera hubungi pihak Universitas yang menerbitkan ijazah kita.


Demikian artikel singkat mengenai letak nomor ijazah baik itu untuk jenjang sd, smp, smp, smk, d3, s1 dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *