PENGERTIAN PROCESSOR: Fungsi, Cara Kerja & Jenis Processor

Pengertian Processor – Ketika menawarkan sebuah perangkat komputer atau telepon pintar, umumnya penjual menjelaskan tentang spesifikasi dari perangkat tersebut, mulai dari OS, ram dan jenis prosesor di dalamnya.

Mengetahui sedikit-banyak tentang pengertian prosesor sangat penting agar dapat membeli perangkat yang sesuai dengan kebutuhan.

Pengertian Processor

pengertian processor
pixabay.com

Prosesor ialah komponen utama dalam komputer atau smartphone yang berfungsi sebagai pusat operasi atau otak komputer. Prosesor bekerja mengatur arus data untuk menghindari penumpukan data pada sistem operasi komputer.

Prosesor bekerja melakukan manajemen data dengan menggunakan penghitungan yang kompleks.

Prosesor mempunyai tiga bagian utama, yang pertama yaitu arithmetic logical unit. Bagian ini bertugas melakukan perhitungan aritmetika yang dijalankan menggunakan instruksi kode program yang sudah ada.

Kedua, control unit, bagian dari prosesor untuk mengendalikan proses dalam prosesor, yaitu kegiatan input dan output di bawah kendali prosesor.

Bagian terakhir, yaitu memori unit, yang merupakan bagian dari prosesor yang disebut dengan cache, berupa ruang penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.

Fungsi Prosesor

processor
pixabay.com

Prosesor memiliki banyak fungsi yang sangat penting dalam sebuah perangkat komputer. Berikut uraian lengkapnya.

1. Memproses Informasi

Fungsi utama sebuah prosesor ialah mengolah informasi dalam sebuah komputer. Komputer bekerja dengan menggunakan komponen informasi. Prosesor bekerja mengolah informasi yang masuk ke dalam komputer.

2. Mengintegrasikan Komponen Internal di Dalam Komputer

Prosesor berfungsi mengintegrasikan komponen internal dalam komputer seperti chipset, hard disk, VGA, dan RAM agar dapat bekerja sama satu sama lain. Komponen-komponen tersebut akan dihubungkan oleh prosesor sehingga dapat terintegrasi dan berfungsi secara maksimal.

3. Mencegah Overlapping Komponen-Komponen Komputer

Prosesor akan mencegah tumpang-tindih atau overlapping pada komponen-komponen komputer ketika anda mengakses sebuah informasi.

Prosesor akan memastikan komponen bekerja sesuai dengan fungsinya dan mencegah komponen lain yang tidak ada keterkaitan dengan proses menjalankan fungsi yang berbeda.

Fungsi prosesor ini terkait erat dengan tugas prosesor sebagai alat integrasi yang menjaga keutuhan fungsi-fungsi komponennya.

4. Memastikan Komputer Bekerja Maksimal

Semakin bagus sebuah prosesor, semakin bagus pula fungsinya dalam menjaga performa komputer. Jenis dan tipe prosesor kerap dianggap sebagai indikator kualitas kerja komputer secara keseluruhan.

Semakin banyak inti prosesor, semakin tinggi pula kecepatannya, dan komputer dianggap lebih baik. Akan tetapi, kinerja prosesor juga harus didukung oleh komponen lainnya di dalam komputer.

5. Mengolah Algoritma dalam Menjalankan Perintah

Komputer bekerja dengan dasar perhitungan algoritme yang diolah sedemikian rupa sehingga komputer dapat membaca apa yang diperintahkan oleh pengguna, sehingga komputer berjalan sesuai perintah user.

Untuk mendukung proses ini, prosesor memiliki peranan sangat penting untuk mengeksekusi perintah user.

6. Mendukung Kebutuhan Khusus pada Komputer

Komputer difungsikan sebagai alat untuk mempermudah menjalankan tugas. Ada tugas umum, seperti untuk desain dan arsitektur, gaming, dan sebagai server, ada juga tugas yang lebih spesifik seperti memprediksikan cuaca, membaca pergerakan awan, dan seismograf.

Untuk menjalankan tugas khusus, komputer harus dilengkapi dengan prosesor yang memadai dan didesain secara khusus, sehingga komputer dapat bekerja maksimal sesuai fungsinya.

7. Menjaga Stabilitas Komponen Komputer

Prosesor berfungsi menjaga stabilitas komponen yang bekerja di dalamnya. Hal ini sesuai dengan kegunaan komputer untuk menjaga arus listrik sehingga dapat mencegah terjadinya overvoltage pada komponen-komponen di dalam sistem.

8. Menyalakan Komputer

Prosesor harus dipasangkan pada power supply yang merupakan komponen untuk menyalurkan listrik bagi komputer. Arus listrik yang disalurkan itu akan diatur oleh prosesor yang bekerja di dalamnya.

9. Sebagai Pusat Komputer

Fungsi terakhir ialah sebagai pusat atau otak komputer yang jika dia lumpuh, komputer akan berhenti bekerja dan berfungsi secara normal.

Cara Kerja Processor

pixabay.com

Prosesor bekerja dengan mengendalikan suatu kompute ryang dibantu oleh komponen-komponen lain di dalamnya. Cara kerjanya yaitu menjalankan sekumpulan perintah dari mesin yang akan memberikan perintah kepada prosesor tentang apa yang harus dilakukan.

Prosesor memiliki bagian ALU yang mengerjakan perhitungan aritmetika dan matematika, untuk menjalankan perintah yang kompleks pada perhitungan yang cukup besar.

Setelah dilakukan penghitungan, kemudian data dipindahkan dari satu memori ke lokasi yang lain untuk mengambil keputusan dan mengerjakan instruksi sesuai perintah pengguna.

Jadi, secara umum cara kerja prosesor, yaitu menerima instruksi kemudian menerjemahkan data-data tersebut, menyimpannya dalam memori utama, dan menampilkan ke dalam hardware atau software yang sedang digunakan.

Prosesor bekerja menggunakan bahasa bilangan biner yang terdiri dari angka 0 dan 1. Angka 0 berarti tidak ada arus listrik, sedangkan angka 1 berarti ada arus listrik.

Kinerja prosesor tidak dapat lepas dari RAM dan hard disk. Bagian tersebut tak terpisahkan dan menjadi satu kesatuan pada komputer.

Jenis-Jenis Processor

gambar processor
pixabay.com

Jenis-jenis prosesor yang ada di pasaran saat ini, yaitu sebagai berikut

1. Prosesor Intel

Prosesor Intel adalah salah satu prosesor yang paling terkenal. Prosesor ini dibuat oleh Intel Corp. yang telah berdiri sejak tahun 1968. Produk Intel yang ada di pasaran seperti Intel Atom, Intel Celeron, Intel Core i3, Intel Core i5, dan Intel Core i7.

2. Prosesor AMD (Advanced Micro Processor)

AMD (Advanced Micro Processor) adalah produsen dan pemasok prosesor kedua setelah Intel yang mengembangkan produk prosesornya di Sunnyvale, California. Prosesor AMD sudah disertai dengan graphic card, sehingga menjadi kegemaran pecinta gim.

Kemampuan prosesor ini sangat mumpuni untuk desain grafis dan permainan. Prosesor AMD yang tersedia di pasaran meliputi AMD E2, AMD A4, dan AMD A9.

3. Prosesor ARM

ARM dikembangkan di Cambridge, Inggris, dan berdiri sejak 1990 dengan nama Advanced RISC Machines.

Prosesor ARM yang dikembangkan oleh ARM Limited memiliki arsitektur prosesor 32 bit. Prosesor ini banyak digunakan berbagai merek smartphone yang ada saat ini. Prosesor produksi ARM antara lain Qualcomm Snapdragon, Texas Instrument OMAP, dan Nvidia Tegra.

4. Prosesor Cyrix

Prosesor Cyrix diproduksi oleh perusahaan yang mengembangkan komponen mikroprosesor pada komputer. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1988 ini mengembangkan produknya di Texas.

Prosesor jenis ini memiliki kemampuan yang maksimal, meski popularitasnya ada di bawah Intel dan AMD. Termasuk dalam jenis prosesor ini adalah Cyrix FasMath, Cyrix 486SLC, Cyrix 486DLC, dan Cyrix 5×86.

5. Prosesor Transmeta

Transmeta ialah prosesor yang cukup bagus namun tidak begitu populer dan cukup sulit ditemukan di pasaran. Prosesor ini memiliki keunggulan tidak cepat panas, murah, dan dapat digunakan dalam waktu lama.

6. Prosesor VIA

Prosesor VIA yang diproduksi oleh VIA Technology ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu VIA C3 dan VIA Envy. Berbeda dengan prosesor lain yang umumnya diproduksi di Eropa atau Amerika, VIA diproduksi oleh Formisa Plastics Group di Taiwan.

7. Prosesor Apple

Apple yang merupakan perusahaan teknologi yang berbasis di Silicon Valley juga memproduksi berbagai jenis prosesor. Produk prosesor dari Apple antara lain Apple I, Apple II, Apple DOS, Machintos, dan lainnya.

8. Prosesor IBM

IBM adalah singkatan dari International Bussiness Machines Corporation, perusahaan yang sudah beroperasi sejak 1988 ini juga memiliki produk prosesor, yaitu Pentium Classic, Pentium Pro, IBM Power 4, dan lainnya.

9. Prosesor IDT

Perusahaan IDT memproduksi prosesor dengan harga murah dibandingkan merek lain. Perusahaan yang berpusat di San Jose, California, Amerika Serikat ini memproduksi Winchip C6, Winchip 2, dan Winchip 2A.


Dengan demikian, pengertian prosesor tidak hanya sebatas otak pada komponen-komponen komputer, melainkan perangkat yang menentukan bagaimana kinerja komputer secara keseluruhan dan spesifik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *