Apa Itu Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate dan Postgraduate

Apa Itu Bachelor Degree – Arti dari bachelor degree adalah gelar sarjana (bahasa Inggris) yang bila kita samakan dengan gelar pendidikan di Indonesia setara dengan S1. untuk memperoleh bachelor degree seseorang harus mengikuti program undergraduate dengan beban studi 120 SKS.

Nah, keduanya bisa dikatakan sama, namun tentu saja berbeda, ini dikarenakan perbedaan program pendidikan tinggi di Indonesia. Negara-negara luar seperti Inggris, Amerika Serikat, India, Thailand, Australian bahkan Singapura dan Malaysia tidak mengenal program pendidikan Strata 1 (S1) seperti di Negara kita.

Yang mereka kenal adalah program Undergraduate (bachelor degree) dan juga program Graduate (Master Degree). Untuk menyelesaikan program undergraduate umumnya memerlukan waktu 3 tahun dengan (120 SKS). dan Apabila ingin mendapatkan gelar master maka memerlukan waktu tambahan sekitar 2 tahun  (150 SKS).

Sedangkan di negara kita, untuk mendapat gelar S1 seseorang harus menempuh pendidikan 3,5 atau 4 tahun ataupun (kebanyakan) lebih, dengan beban studi 120 Satuan Kredit Semester (SKS).

bachelor degree
Ribttes.com

Jadi, sebetulnya gelar S1 di negara kita berada di tengah-tengahnya, Undergraduate dan graduate baik ,baik itu dilihat dari beban studi maupun waktu studi. Bila disimpulkan secara teori. Gelar S1 bila disetarakan dengan Undergraduate (Bachelor) Degree itu sebetulnya terlalu rendah, dan bila disetarakan dengan dengan graduate (master) degree malah terlalu tinggi.

Undergraduate  – (Strata 1) –  Graduate – Post Graduate 


Gelar S1 Vs Undergraduate (Bachelor) Degree


Ketika kita melamar pekerjaan di perusahaan asing atau multinasional, Atau juga melanjutkan pendidikan luar negeri dan lain sebagainya. Tentu saja mereka akan menganggap ijazah S1 yang kita miliki setara dengan undergraduate (bachelor) degree. Walaupun bila dihitung secara lama masa studi. Sarjana Strata 1 lebih lama masa pendidikannya dibandingkan undergraduate (bachelor) degree.

Hal ini menjadi semacam kerugian dan keuntungan bagi Pelajar Indonesia. Rugi karena mereka harus mengeluarkan banyak waktu dan biaya untuk mendapatkan Gelar S1. Namun ini juga memiliki keuntungan karena dengan masa studi yang lebih lama. Maka diharapkan kemampuan akademis Pelajar Indonesia dapat sebanding, bersaing atau melebihi kemampuan pelajar-pelajar Asing ketika mereka terjun ke dunia luar.

Demikian penjelasan tentang Arti dari Bachelor Degree atau Apa Arti Dari Bachelor Degree.dan juga arti Postgraduate (Pasca Sarjana), Semoga Bermanfaat ….

 

Terima Kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *