10+ Alat Tukang Kayu Tradisonal & Modern Lengkap

By | November 4, 2019

Alat Tukang Kayu – Guna menghasilkan karya yang baik, seorang tukang kayu memerlukan berbagai alat untuk menunjang kerjanya. Beruntungnya kini teknologi telah berkembang dengan pesat sehingga akses untuk mendapatkan alat yang diinginkan pun semakin terbuka lebar.

Tak hanya akses, kini peralatan kayu juga telah dimodifikasi untuk memudahkan pengerjaan. Bahkan demi alasan efektivitas, peralatan manual telah banyak ditinggalkan.

Namun tahukah Anda alat apa saja yang kerap digunakan oleh tukang kayu? Berikut adalah beberapa yang kerap digunakan.

 

Alat Tukang Kayu Tradisonal dan Modern

  • Meteran atau Roll Meter
  • Pahat
  • Palu (besi, kayu, karet)\
  • Gergaji (gergaji potong dan belah)
  • Alat Pengukur Sudut
  • Penggaris dan Pensil
  • Mesin Bor
  • Alat Serut Kayu
  • Mesin Profil Pahat
  • Gergaji Mesin
  • Wood Router dll

Alat Pertukangan Kayu

Berikut ini adalah alat alat tukang kayu modern dan tradisional beserta dengan gambar dan penjelasannya lengkap;

Meteran atau Roll Meter

bricoetloisirs.ch

Salah satu alat ukur yang dimiliki nyaris semua tukang kayu adalah meteran. Namun kerap kali barang ini tak dijaga dengan baik karena harganya yang murah. Padahal apabila kurang dirawat, lapisan luar di mana tertulis skala angka dapat terkelupas dan sulit digunakan dengan akurat.

Pahat

banggood.com

Alat pahat lubang terdiri dari beberapa macam. mereka dibedakan dari segi penampang ujungnya. Meski terlihat serupa, fungsi masing-masing sangatlah berbeda. Maka penting untuk memerhatikan fungsinya terlebih dahulu dan menyesuaikan dengan keperluan Anda.

Penampang lebar bermanfaat untuk meratakan permukaan kayu, penampang balok untuk melubangi permukaan lebih dalam, dan penampang trapesium untuk melubangi atau membuat alur pada kayu.

Palu

peralatan tukang kayu

via google images

Berbeda dengan jenis palu lain yang mengandung material aluminium atau besi, palu kayu jauh lebih ringan dan cocok untuk mengukir. Karena fungsinya yang sangat spesifik itulah, kita mungkin jarang melihat keberadaan palu kayu.

Palu besi adalah salah satu jenis palu yang paling banyak digunakan. Fungsinya secara umum adalah untuk memasang paku atau meratakan permukaan benda kerja.

Gergaji

lazada.co.id

Secara umum, ada dua jenis gergaji yang paling sering digunakan, namun orang awam mungkin tak akan menyadari bahwa keduanya berbeda. Meski terlihat serupa, namun sesungguhnya baik dari segi fungsi maupun tampilannya berbeda.

a. Gergaji Belah

Memiliki nama lain rip saw, gergaji ini dipakai untuk memotong kayu searah seratnya. Sudut kemiringan dan bentuk mata gergajinya pun berbeda.

Gergaji belah memiliki sudut kemiringan kurang lebih sebesar 60 derajat dan tak ada sisi-sisinya yang tajam. Jadi, mata gergaji yang runcing hanya berada di ujungnya, tepat 60 derajat.

b. Gergaji Potong

Crosscut saw atau gergaji potong digunakan untuk memotong kayu dengan cara melintang arah seratnya.Berbeda dengan gergaji belah, gergaji potong memiliki sudut mata gergaji 30 hingga 45 derajat. Sisi-sisinya pun dibuat tajam untuk memudahkan memotong kayu.

Alat Pengukur Sudut

tokoonline88.com

Mengukur sudut tak akan bisa berjalan dengan baik tanpa alat ukur yang sesuai. Anda akan membutuhkan alat ukur yang mampu menentukan besaran sudut beserta kemiringannya, membuat garis sudut, dan mencari titik pusat suatu lingkaran. Contohnya adalah busur derajat dan siku.

Mesin Bor

timbangharga.com

Seorang tukang kayu pasti akan membutuhkan alat yang membantunya untuk melubangi kayu berdasarkan ukuran tertentu. Ada beberapa jenis mesin bor dengan fungsi spesifiknya masing-masing.

Anda bisa memilih mesin bor meja apabila ingin membuat lubang berdiameter maksimal 16 mm. Prinsip kerjanya dengan memutar motor listrik lalu diteruskan ke poros mesin agar dapat berputar. Atur tekanan saat mengebor dengan cara menaikkan dan menurunkan roda gigi.

Berbeda dengan bor meja yang biasa diletakkan di atas meja, mesin bor lantai diletakkan di lantai untuk memudahkan membuat lubang pada benda besar dan berat. Sedangkan, mesin bor koordinat difungsikan untuk memperbesar lubang yang mengharuskan keakuratan tinggi.

Alat Serut Kayu

klikglodok.com

Supaya permukaan kayu lebih halus, bersih, dan rata, Anda membutuhkan alat serut kayu. Tujuannya untuk mendapatkan hasil akhir yang tingginya sama dan tiap sudut tepat 90 derajat.

Meski terlihat sederhana, namun ada yang harus diperhatikan agar hasil serutan tidak pecah atau meninggalkan bekas yang mengganggu. Pertama, pastikan mata pisau dalam kondisi sudah diasah dan tajam.

Letakkan daun meja belakang pada posisi lebih rendah dari bagian depannya. Besarnya perbedaan ini kurang lebih satu sampai 4 mm atau setebal kayu yang akan diserut. Jangan terlalu tebal karena akan memaksa mesin bekerja keras.

Jangan lupa untuk memasang sisi kayu pada posisi yang benar dan penutup pengaman pisau telah terpasang dengan baik. Kayu pun siap diserut.

Mesin Profil Pahat

monotaro.id

Memahat kayu menggunakan alat sederhana dan dikerjakan sepenuhnya manual tentu akan menghabiskan banyak waktu. Sebagai alternatifnya, Anda dapat menggunakan mesin profil pahat. Setelah menggunakan alat ini diharapkan hasil pahatan akan lebih cepat, kuat, dan tepat.

Cara kerja mesin ini tergolong sederhana dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Baik itu menyesuaikan dari segi ukuran balok kayunya, maupun desain pahatan yang akan dibuat, semua dapat dilakukan dengan alat ini

Obeng

monotaro.id

Seperti yang telah banyak diketahui, obeng berfungsi untuk mengencangkan atau mengendurkan sekrup. Tak hanya digunakan oleh para tukang kayu, obeng pun biasanya menjadi bagian dari peralatan darurat sederhana yang Anda peroleh saat membeli motor.

Kini, obeng tak hanya hadir sebagai alat manual seperti yang pada umumnya beredar di pasaran. Telah ada teknologi obeng elektronik, sehingga Anda tak perlu repot memutar sekrup karena hal tersebut dapat dikerjakan secara otomatis.

Hal ini sangat bermanfaat terutama untuk melepas sekrup yang telah masuk terlalu dalam dan sulit untuk dikendurkan apabila hanya mengandalkan tenaga manusia.

Wood Router

homethods.com

Terlihat sepintas, mesin router terkesan hanyalah alat sederhana pertukangan yang lazim dimiliki. Bagian-bagian mesinnya pun cenderung tak terlalu rumit karena hanya terdiri dari scalar, mata profil, dan beberapa pegangan.

Namun, tanpa persiapan dan pengetahuan yang cukup, sebaiknya Anda jangan asal mengoperasikan alat ini. Sekali mesin ini dihidupkan, Anda akan merasakan daya dorong yang sangat kuat sehingga mata router sulit untuk dikendalikan dengan baik.

Sebelum menggunakan alat ini, pastikan Anda telah memakai alat perlindungan, minimal berupa penutup telinga dan pelindung mata. Beberapa jenis router mengeluarkan suara hingga lebih dari 100 dB. Tanpa penutup telinga, dikhawatirkan gendang telinga Anda akan rusak.

Pada saat mata router menyentuh permukaan kayu, sangat mungkin bila ada serpihan atau partikel kayu yang ikut beterbangan. Lindungi mata Anda agar serpihan ini tak melukai mata.

Periksa kembali apakah mata router sudah melekat kencang. Apabila masih ada serpihan kayu yang menumpuk di sekitar mata router, bersihkan terlebih dahulu. Usahakan hingga masuk ke dalam collet minimal 1/8 inch.

Tang Catut

harga-jual.com

Mencabut paku atau memotong kawat membutuhkan alat khusus, yaitu tang catut. Bentuknya yang cukup unik, yaitu gagang yang cukup panjang dan berbentuk sepeti capit bulat kecil di bagian ujungnya. Sangat memudahkan untuk memotong atau mencabut sesuatu seperti paku.

Gergaji Mesin

Dalam konteks peralatan tukang kayu, ada dua jenis gergaji mesin yang umum digunakan, yaitu circular saw dan jig saw. Namun, jangan terkecoh dengan gergaji jenis chain saw atau mesin gergaji rantai. Chain saw digunakan untuk menebang pohon dengan bahan bakar minyak.

Jig saw memiliki mata gergaji lurus yang memungkinkan Anda memotong kayu tipis seperti tripleks dengan gerakan zig-zag, melengkung, melingkar, atau bahkan berkelok-kelok.

Jadi, walaupun tak mampu menangani ukuran kayu yang terlalu besar, jig saw jauh lebih bisa diandalkan untuk pekerjaan yang membutuhkan detail rumit dan presisi tinggi.

Sedangkan circular saw, seperti namanya, memiliki mata gergaji berbentuk melingkar. Alat ini lebih cocok digunakan untuk memotong kayu tebal dengan gerakan lurus memanjang. Hasil potongan mesin ini umumnya masih kasar sehingga Anda perlu untuk menghaluskan lagi.


Demikianlah penjelasan lengkap mengenai alat tukang kayu apa saja yang lazim dimiliki dan dimanfaatkan. Ingatlah selalu bahwa hampir seluruh alat untuk kayu ini tajam dan berpotensi melukai. Jadi, jangan lupa perhatikan setiap instruksi dengan baik.

Demi menunjang faktor keamanan dan keselamatan kerja, Anda juga bisa membekali diri dengan berbagai alat perlindungan diri yang disesuaikan dengan risiko setiap alat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2021
Purwakarta Digital Network
Iconic One Theme | Powered by Wordpress