16+ Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya (SINGKAT, JELAS, PADAT)

Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya – Pengertian Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat objek kecil yang tak dapat dilihat secara kasat mata. Mikroskop dapat ditemukan di laboratorium-laboratorium. ia digunakan untuk mengamati Mikroskopis atau organisme berukuran kecil yang sulit terlihat oleh mata.

Sejak ditemukan pertaman kali tahun 1600, mikroskop menjadi alat untuk melihat benda mikroskopis dengan perbesaran yang bisa mencapai 1000x.

 


BAGIAN BAGIAN MIKROSKOP DAN FUNGSINYA


bagian mikroskop
nabilasyalalala.blogspot.com

Bagian-bagian mikroskop secara umum terdiri dari:

Bagian-Bagian Mikroskop

1. Lensa Okuler
Lensa okuler terletak di bagian atas dan dekat dengan mata. Lensa ini memiliki fungsi membentuk bayangan maya, tegak, dan diperkecil.

2. Tabung Mikroskop (Tubus)
Merupakan bagian yang memiliki fungsi sebagai penghunung antara lensa Okuler dengan lensa objektif mikroskop.

3.Revolver
Alat yang digunakan untuk mengatur perbesaran yang diinginkan dengan cara memutar naik dan turun lensa dari benda preparat.

4/5. Lensa Objektif Perbesaran Lemah dan Kuat
Lensa obyektif adalah lensa yang terletak tepat diatas meja benda dan tugasnya membentuk bayangan nyata, terbalik, diperbesar. Pengaturan jarak lensa ini dilakukan oleh revolver.

6. Meja Mikroskop
Tempat untuk meletakkan benda yang akan diteliti.

7. Klip/Penjepit
Alat yang digunakan untuk menahan kaca preparat agar kaca tidak mudah bergeser.

8. Kaki Mikroskop
Alat penopang mikroskop agar tetap stabil

9. Cermin
Fungsi cermin pada mikroskop adalah untuk menerima serta mengarahkan cahaya yang diterima dengan memantulkan cahaya tersebut.

10. Bagian Diafragma
Alat yang digunakan untuk mengatur gelap terang area pengamatan preparat dengan pengaturan cahaya yang masuk.

11. Lengan Mikroskop
Penyangga bagian mikroskop  

12. Pemutar Halus (Mikrometer)
Alat untuk menaik-turunkan bagian kondensor dan gerakannya lambat.

13. Pemutar Kasar (Makrometer)
Lawan dari mikrometer dengan ukuran yang lebih besar.

14. Reflektor
Alat ini terletak dibawah dan terdiri dari cermin datar serta cermin cekung. Fungsi alat ini adalah untuk memantulkan cahaya ke meja objek agar benda preparat yang terletak di meja mikroskop teramati dengan baik.

15. Kondensor
Alat yang satu ini berfungsi mengumpulkan cahaya yang masuk dan terletak menempel dibawah meja benda. Alat ini bisa diputar atau dinaik-turunkan menggunakan mikrometer.

16. Sendi Inklinasi
Alat yang digunakan untuk mengatur derajat kemiringan mikroskop untuk memudahkan pengamatan.

 


CARA MENGGUNAKAN MIKROSKOP


Berikut adalah cara umum untuk pemakaian mikroskop.

  1. Benda yang diletakkan diatas kaca preparat diletakkan diatas meja benda dan kemudian lensa okuler mulai diputar perlahan ke perbesaran lemah.
  2. Putar bagian makrometer kearah belakang dan geser pemutar lensa. Atur posisi lensa objektif agar sesuai dengan arah datangnya cahaya. Pengaturan awal bisa dilakukan dengan perbesaran 10x atau 25x.
  3. Naikkan bagian kondensor dan buka bagian diafragma agar vahaya yang masuk terserap sempurna. Putar cermin secara perlahan dan lakukan pengamatan sampai terlihat ada bagian gelap terang.
  4. Putar bagian mikrometer mendekat kearah meja benda dan posisikan lensa objektif cukup dekat dengan benda preparat. Amati dan ulangi prosedur diatas dengan menambah perbesaran ke perbesaran yang lebih kuat.

JENIS-JENIS MIKROSKOP DAN GAMBAR MIKROSKOP


Sampai saat ini ada beragam jenis mikroskop yang digunakan oleh para peneliti di seluruh dunia. Masing-massing memiliki fungsi yang serupa maupun berbeda, yaitu:

1. Gambar Mikroskop Monokuler

gambar mikroskop monokuler
tokopedia.net

Mikroskop yang satu ini hanya dilengkapi satu jenis lensa okuler dan pengoperasiannya memakai cahaya. Untuk mendapatkan perbesaran optimal, pengguna mikroskop harus bisa memutar fokus perbesaran yang tersedia. Karena hanya memiliki satu jenis lensa, mikroskop ini hanya mampu melihat benda yang sederhana seperti penampang melintang sel hewan dan tumbuhan atau jaringan otot.

2. Gambar Mikroskop Binokuler

gambar mikroskop
hendrosmk.wordpress.com

Mikroskop binokuler memiliki dua jenis lensa yang membantu mengoptimalkan penerimaan cahaya dan perbesaran benda amatan. Ketika Anda menggunakan mikroskop ini, beragam objek yang berukuran lebih kecil, seperti sel darah, bakteri, atau fungus bisa terdeteksi dengan baik. Mikroskop semacam ini bisa ditemukan di sekolah, rumah sakit, maupun lembaga penelitian.

3. Gambar Mikroskop Fase Kontras

Mikroskop PCM merupakan salah satu bentuk mikroskop cahaya yang mampu memberikan perbesaran benda amatan mencapai 1000x dan fungsi mikroskop ini adalah mengamati bakteri, virus, atau sel yang masih hidup. Dengan demikian, pergerakan atau aktivitas sel yang tidak mudah diamati menggunakan mikroskop lainnya bisa diperjelas dan dipakai sebagai bahan penelitian.

4. Gambar Mikroskop Medan Terang

Mikroskop medan terang atau BFM termasuk mikroskop cahaya yang berfungsi melihat benda yang berukuran nano atau sel yang tidak mudah terlihat dengan mikroskop PCM. Salah satu keunikan mikroskop ini terletak pada lensa khusus yang hanya bisa menampilkan efek terang, sehingga saat benda yang diamati bergerak, benda tersebut akan langsung terlihat gelap.

5. Gambar Mikroskop Medan Gelap

Mikroskop medan gelap atau DFM memiliki cara kerja yang sedikit berbeda dengan mikroskop BFM. Pada mikroskop yang satu ini, ada kondensor khusus yang memiliki kemampuan membentuk kerucut hampa dari berkas cahaya yang diterima. Ketika berkas cahaya ini diterima, berkasnya akan langsung dipantulkan ke gelas preparat dengan sudut yang lebih kecil, sehingga perbesaran dan rincian yang terlihat di gelas preparat mendekati tampilan asli organisme. Mikroskop DFM umumnya digunakan untuk mengamati virus atau bakteri yang berukuran nano atau sangat kecil dalam kondisi hidup.

6. Gambar Mikroskop Pendar

Mikroskop pendar menggunakan teknologi cahaya fluorescence yang memungkinkan peneliti melihat struktur protein yang ada dalam antibodi atau antigen makhluk hidup. Mikroskop ini umum digunakan untuk kegiatan penelitian yang berhubungan dengan teknologi untuk menemukan vaksin atau obat dari penyakit tertentu.

7. Gambar Mikroskop Ultraviolet

Mkroskop ultraviolet merupakan salah satu jenis mikroskop cahaya yang menggunakan panjang gelombang ultraviolet untuk melihat benda preparat dengan daya pisah dua kali lipat lebih besar daripada mikroskop biasa. Hasil mikroskop ini bisa dilihat menggunakan photografi plate dan umumnya mikroskop semacam ini dipakai untuk melihat struktur paling sederhana dari mikroorganisme maupun organ tubuh manussia untuk melihat patologi penyakit.

8. Gambar Mikroskop SEM (Scanning Electron Microscope)

Sesuai dengan namanya, mikroskop SEM adalah salah satu varian mikroskop elektron yang memiliki perbesaran mencapai 0.1nm. Saat menggunakannya, cahaya dari elektron (hasil reaksi tungsten filamen dengan LaB6) akan difokuskan ke lensa magnetik dan kemudian diteruskan ke pemindai objek di koil detektor. Hasilnya akan langsung diperlihatkan di monitor dan pada saat pemakaian, mikroskop ini dipastikan berada di ruang vakum. Umumnya, mikroskop ini digunakan untuk mengamati permukaan sel, seperti sel epidermis, jaringan palisade, dan lainnya.

9. Gambar Mikroskop TEM

Mikroskop TEM mampu memberikan perbesaran lebih tinggi daripada SEM, yaitu mencapai 0.01-0.02nm. Dari cara kerja yang diperlihatkan, mikroskop yang satu ini juga memiliki hasil yang lebih akurat jika dibandingkan dengan SEM, sehingga umumnya TEM digunakan untuk mengamati beragam patologi sel maupun morfologinya.

10. Gambar Mikroskop Stereo

Mikroskop stereo juga merupakan mikroskop elektron yang memberikan perbesaran benda antara 7-30x. Mikroskop ini dianggap lebih menarik dan berakurasi tinggi daripada TEM dan SEM, karena hasil yang diperlihatkan berupa gambar 3D. 


Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian Mikroskop, bagian-bagian mikroskop, bagian bagian mikroskop dan fungsinya serta gambar mikroskop beserta dengan fungsi-fungsinya.

 

Teriima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *