6+ Cara Naik Lift Rumah Sakit, Hotel & Mall

Cara Naik Lift – Bagi sebagian orang, momen ketika harus menggunakan lift adalah momen horor dan membingungkan. Ada perasaan takut salah, takut terlihat gaptek malu dilihat orang, takut terkunci dalam lift dan sebagainya.

Hal ini wajar, apalagi jika anda baru pertama kali menggunakan lift di rumah sakit, hotel, mall, apartment, kampus atau tempat-tempat lainnya.

Nah, naik lift atau elevator itu sebetulnya mudah jika anda sudah terbiasa. Tidak ada cara-cara khusus yang harus dilakukan untuk menaiki lift. Tinggal tekan satu dua tombol anda bisa langsung sampai di lantai tujuan anda.

So, mulai sekarang yuk menggunakan lift ketika akan naik turun rumah sakit, mall, hotel dan lain sebagainya. Daripada naik tangga yang bisa membuat anda lemas dan kecapekan, lebih baik anda belajar cara naik lift mulai dari sekarang.

Cara Naik Lift yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika anda ingin menaiki sebuah lift. Kami sertakan juga beberapa gambar agar memudahkan anda untuk memahami apa yang kami tuliskan.

1. Cara Membuka Lift

cara naik lift
via google.com

Membuka lift dilakukan dengan menekan tombol yang ada di bagian kanan-kiri pintu lift. Tombol tersebut biasanya bergambar segitiga keatas dan segitiga kebawah. Ada juga yang bergambar panah ke atas dan panah ke bawah.

Jika misalnya anda ingin naik dari lantai satu ke lantai diatasnya (1,2,3,5,6 dst), pencetlah tombol segitiga yang mengarah ke atas.

Namun, jika misalnya anda ingin turun dari lantai 3 ke lantai 1, maka pencetlah tombol segitiga ke bawah. Ketika sudah dipencet biasanya akan ada lampu menyala disekitar tombol tersebut.

2. Masuk Ke Dalam Lift

wikimedia.org

Setelah anda memencet tombol segitiga tadi, tunggulah beberapa saat sampai lift tiba di lantai tempat anda berada dan terbuka secara otomatis.

Untuk melihat posisi lift sedang berada di lantai berapa, lihatlah lampu indikator berwarna merah yang biasanya ada diatas/sebelah pintu lift.

Nantinya, pintu lift akan terbuka secara otomatis dan anda bisa masuk langsung kedalam lift tersebut.

3. Menutup Pintu Lift 

cara naik lift
jurnalsecurity.com

Sebetulnya pintu lift akan tertutup secara otomatis setelah anda masuk ke dalam lift. Namun, adakalanya pintu lift akan terbuka beberapa saat.

Jika anda ingin menutup lift secara cepat & manual, tekanlah tombol bertanda dua segitiga yang saling berhadapan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas. Tombol tersebut berguna untuk menutup pintu lift secara manual.

Sedangkan fungsi tombol lift segitiga yang berjauhan digunakan untuk menahan pintu lift agar tetap terbuka. 

4. Menekan Tombol Lantai Tujuan

dutatv.com

Setelah pintu tertutup anda bisa langsung menekan tombol angka lantai yang ingin dituju sampai lampu disekitar tombol tersebut menyala. Jika sudah menyala anda tinggal menunggu lift terbuka di lantai tujuan.

Namun, jika ketika masuk ke lift ternyata di lift sudah ada orang dan posisi tombol lantai tujuan anda sudah menyala. Anda tidak perlu lagi menekan tombol tersebut karena sudah ditekan oleh pengguna lift sebelumnya.

5. Keluar Dari Lift

Jika anda sudah ada di lantai tujuan dan pintu lift sudah terbuka, anda bisa langsung keluar dari dalam lift. Namun, sebelum itu pastikan bahwa anda keluar di lantai yang dituju.

Perhatikan indikator posisi lift sebelum anda keluar dari lift. Jangan sampai anda salah lantai yang nantinya malah membuat anda harus bolak-balik masuk kedalam lift.

Cara Naik Lift Menggunakan Kartu

Di apartment ataupun hotel berbintang, terkadang untuk naik lift diharuskan menggunakan kartu. Ini dilakukan agar tidak sembarang orang bisa keluar masuk pada area-area yang ditempati tamu.

Di hotel, kartu untuk menggunakan lift sendiri adalah kartu yang sama seperti kartu yang akan digunakan untuk membuka pintu kamar.

Adapun, untuk cara naik lift menggunakan kartu sebetulnya sama seperti tutorial menggunakan lift di bahasan sebelumnya.

Hanya saja, sebelum memencet tombol lantai yang akan dituju. Anda diharuskan menempelkan kartu pada mesin yang tersedia di dekat tombol atau dengan cara memasukannya kedalam lubang slot yang ada disekitar tombol lift.

Adapun, jika misalnya anda bukanlah tamu hotel dan datang ke hotel untuk keperluan menghadiri rapat, pernikahan, seminar ataupun workshop. Snda tidak perlu meminta kartu lift ke resepsionis hotel. Anda tinggal langsung masuk kedalam lift dan menuju lantai tempat acara berlangsung.

Ini dikarenakan, lantai-lantai yang digunakan untuk ballroom ataupun acara-acara tertentu, biasanya bisa diakses secara langsung tanpa harus menggunakan kartu.

Yang memerlukan izin untuk penggunaan kartu hanyalah lantai yang biasanya ditempati para tamu-tamu hotel saja.

Nah, itulah tadi artikel singkat tentang cara naik lift atau menggunakan lift di rumah sakit hotel mall dan juga apartment. Jika ingin mengetahui lebih jelas tentang cara menggunakan mesin lift anda bisa menonton tutorial-tutorialnya di situs youtube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.