15+ Contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign | Format, Cara Membuat dan Alasannya

Contoh Surat pengunduran Diri –  Surat resign (Pengunduran diri) kerja karyawan dari perusahaan ataupun intansi resmi dibuat untuk menyatakan keinginan memutuskan hubungan kerja dengan instansi atau perusahaan. Fungsinya adalah untuk melegalkan status tidak memiliki tanggung jawab pada suatu perusahaan. Bagi perusahaan, surat tersebut juga penting untuk persyaratan administratif.

Surat pengunduran diri termasuk surat pribadi kedinasan karena ditulis atas nama individu untuk instansi resmi atau perusahaan. Seperti surat dinas lainnya, surat pengunduran diri seseorang harus ditulis dengan ejaan yang tepat, diksi yang benar, dan kalimat yang efektif.

Menulis surat pengunduran diri terkadang menjadi sulit karena perasaan tidak enak terhadap perusahaan. Apalagi jika Anda pemegang posisi strategis. Oleh karena itu, dibutuhkan tatanan bahasa yang sopan dan baik sewaktu menuliskannya.

 


CARA MEMBUAT SURAT PENGUNDURAN DIRI


contoh surat resign
pixabay.com

Di sub- bagian ini kita akan menguraikan hal-hal yang harus anda ketahui atau pikirkan sebelum membuat surat pengunduran kerja.

  • Alasan Mengundurkan Diri 
    Biasanya seorang karyawan atau pegawai yang mengundurkan diri dari sebuah perusahaan memiliki bermacam alasan/ argumen tertentu. Alasan paling sopan adalah kesehatan dan keluarga. Namun tidak usah bertele-tele dalam menuliskan alasan mengundurkan diri. Buatlah surat resign dengan jelas dan padat.
  • Menulis Surat Pengunduran Diri
    Surat pengunduran diri lazimnya terdiri dari bagian pembuka, isi, ucapan terima kasih dan penutup, bagian ini dijelaskan lebih rinci di sub bab selanjutnya (Format Surat Pengunduran Diri).
  • Ajukan Selambat-Lambatnya 30 Hari Sebelumnya 
    Sebagaimana yang tertuang dalam  Pasal 162 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UUK”): yang menyebutkan bahwa surat pengajuan pengunduran diri ditulis selambat-lambatnya 30 hari selepas tanggal pengunduran diri.Selama masa tersebut selesaikanlah pekerjaan yang menjadi tanggungan anda. 

    Dalam strata jabatan yang lebih tinggi baiknya anda membantu proses transisi dari pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya anda pegang ke calon pegawai yang menempati posisimu setelahnya.

  • Buat Kesan yang Baik
    Lebih bagus lagi, ceritakan langsung kepada atasan latar belakang mengapa anda memilih keluar dari pekerjaan. Tentu saja dengan tidak mengungkapkan alasan seperti tidak betah, bosan, gaji kecil, susah naik jabatan dsb. Sembunyikan alasan-alasan tersebut.Bagaimanapun surat pengunduran diri berguna sebagai persyaratan administrasi dan berbincang- bincang secara langsung dengan sopan berguna untuk  menjaga relasi baik dengan pihak perusahaan atau lembaga.

 


FORMAT SURAT PENGUNDURAN DIRI


resign
pixabay.com

Sebelum membahas contoh surat pengunduran diri. Berikut ini adalah  format surat pengunduran diri atau resign secara umum:

  1. Kota dan Tanggal Pembuatan Surat
    Bagian ini berisi kota, tanggal, bulan, dan tahun surat dibuat.
  2. Nama dan Alamat yang Dituju
    Surat tersebut biasanya ditujukan kepada bagian Human Resources Development (HRD) atau langsung kepada kepala instansi.Jika harus menuliskan nama atasan atau jabatannya tulislah dengan benar lengkap dengan gelar, bagian atau unit kerja, dan nama instansi atau perusahaan Anda. Hindari penulisan di tempat, sebaiknya sebutkan langsung kota instansi Anda.
  1. Salam Pembuka
    Gunakan salam pembuka yang resmi atau biasa digunakan dalam surat yang bersifat kedinasan, yaitu dengan hormat atau salam dalam bahasa Arab.
  1. Identitas Penulis
    Sebutkan identitas Anda lengkap, meliputi nama, nomor karyawan, bagian atau unit tempat Anda bekerja, jabatan Anda, dan informasi lainnya berkaitan dengan identitas Anda di instansi tersebut.
  1. Alasan Pengunduran Diri
    Bagian ini mungkin menjadi yang paling sulit. Akan tetapi, katakan alasan pengunduran diri Anda dengan sopan dan bahasa yang baik.Hindari menulis alasan secara detail. Jangan mengatakan Anda mengundurkan diri karena tidak betah atau alasan lainnya yang menjelekkan perusahaan. Ciptakanlah kesan terakhir yang baik.
  1. Tuliskan Tanggal Pengunduran Diri Anda
    Tegaskan kembali tanggal, bulan, tahun Anda mengundurkan diri agar semuanya jelas dan terang.
  1. Ucapan Terima Kasih
    Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada instansi yang telah memberikan kepercayaan Anda untuk bekerja dan belajar di sana.
  1. Permohonan Maaf
    Sebaiknya, Anda juga menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan Anda selama bekerja di sana. Tambahkan pula harapan agar perusahaan makin berkembang untuk menjaga citra positif di saat-saat terakhir Anda sebagai karyawan di sana, meskipun terkadang pengunduran diri terjadi karena konflik dengan perusahaan atau antar karyawan.
  2. Salam Penutup
    Jika Anda membuka surat dengan bahasa Arab, tutuplah juga dengan bahasa Arab. Tambahkan pula frasa hormat saya sebagai penutup karena surat ini dibuat sendiri oleh orang yang bersangkutan.
  1. Nama dan Tanda Tangan Pembuat Surat
    Tulislah nama lengkap Anda dan tambahkan tanda tangan di sana. Terkadang, perusahaan meminta surat tersebut bermaterai untuk pengurusan administratif. Tanda tangan ditempatkan di kanan atau kiri sesuai dengan posisi Tempat dan tanggal pembuatan surat.

CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI 


contoh surat pengunduran diri
pixabay.com

Berikut ini kami ulas kumpulan contoh- contoh surat pengunduran diri yang dapat digunakan untuk pegawai, karyawan ataupun umum baik itu yang ingin resign dari kantor, lembaga, perusahaan, bank, hotel dan lain sebagaiinya.

Anda tinggal menirunya, mengganti beberapa bagian dan menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi anda masing-masing.

 


1. CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI DARI PERUSAHAAN


Jakarta, 12 Oktober 2017

 

Kepada Yth:
Ibu Elissa Lestiawati
Direktur Utama
PT GRAHA CORPORATION

Jl. Mahameru III No. 1023
Jakarta 12650

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Hendri Gunawan dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Produksi di departemen Teknik. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Ibu pimpin efektif tertanggal  12 November 2017.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga  PT. GRAHA CORPORATION selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

 

Hendri Gunawan

 


2. CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI KERJA ALASAN KESEHATAN


Bandung, 16 Juni 2017

Kepada Yth.
HRD Manager
PT MANDIRI JAYA INDONESIA

Jl. Soekarno Hatta No 143
Bandung

Perihal: Surat Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama           : Dian Nur Hasanah
NIK               :19820000094
Unit              : Pengadaan Logistik
Jabatan        : Supervisi

Bermaksud mengajukan pengunduran diri kerja terhitung sejak 16 Juli 2018. Dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik sehingga membutuhkan waktu istirahat yang lebih intensif. Terima kasih saya ucapkan pada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama lebih dari 3 tahun dan terlibat dalam pengembangan perusahaan.

Saya mempunyai keyakinan perusahaan ini dapat lebih berkembang kedepannya. Tak lupa, pada kesempatan ini juga, saya memohon maaf atas kesalahan- kesalahan saya selama bekerja sama dengan perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari pihak mana pun. Atas perhatian, kerja sama, dan perhatian Bapak/Ibu sekalian, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Dian Nur Hasanah

 


3. CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI KARENA KELUARGA


Semarang, 17 September 2018

 

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Raung Kautama
Jl. Gatot Subroto No 189

Semarang

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Raung Kautama sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                    : Resih Maulani
Jabatan                 : Logistic and Planning Manager
Departemen          : Keuangan
Alamat                  : Jln. Brawijaya No 92, Semarang

Dengan ini bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Raung Kautama, dikarenakan ingin lebih dekat keluarga di Wonosobo. Surat pengunduran ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial tanpa andanya motivasi negatif.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf pada perusahaan juga rekan-rekan sejawat apabila selama ini saya banyak melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian, kerjasama serta pemahamannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

 

Resih Maulani

 


4. CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI KARYAWAN


Bekasi, 22 Februari 2018

 

Kepada Yth,
Supervisor PT. Jaya Pradana
Jl. Wahab Affan No.120 Harapan Baru

Bekasi Barat

Perihal : Permohonan pengunduran diri kerja

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya Sawita Hendrokusumo dengan NIK AT182181 mengajukan permohonan pengundurkan diri dari PT. Jaya Pradana Putra sebagai Engineering staff di departement Teknik. terhitung sejak tanggal 28 Februari 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan PT. Jaya Perdana untuk bekerja di perusahaan ini selama kurang lebih 3 tahun. Tidak lupa juga saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Jaya Pradana apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan baik disengaja ataupun tidak selama bekerja. Saya berharap PT. Jaya Pradana menjadi perusahaan yang terus berkembang dan sukses

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan, kerjasama dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Sawita Hendrokusumo


5. PENGUNDURAN DIRI KARENA HAMIL


 

Yogyakarta, 18 Oktober  2018

 

Kepada Yth,
HRD Manager PT. Kinenta Indonesia
Jl. Imam Bonjol 201
Yogyakarta

Perihal : Permohonan pengunduran diri

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Astri Wulandari bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Kinenta Indonesia sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 18 Oktober 2018.Dikarenakan usia kehamilan anak kedua kami dan keinginan untuk fokus dalam mengurus buah hati kami..

Saya menyampaikan rasa terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Kinenta Indonesia selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen, apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja. Saya berharap selalu, PT. Kinenta Indonesia dapat terus maju dan mendapat pencapaian terbaik.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sesungguhnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

 

Astri Wulandari

 


6. CONTOH SURAT RESIGN SIMPLE


Surabaya, 15 Juli 2018

 

Kepada Yth:
Bapak Risman Syahputra
Pimpinan PT DIGITAL MAYA
Jl. Syahbandar Kav. 611
Surabaya 130432

Perihal: Pengunduran diri

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan mengundurkan diri sebagai Web Programmer di perusahaan yang Bapak pimpin, terhitung sejak tanggal surat permohonan pengunduran diri ini disetujui.

Saya mengucapkan rasa terima kasih atas segala kesempatan dan bimbingan yang telah perusahaan berikan kepada saya selama bekerja di PT. DIGITAL MAYA ini.

Hormat saya,

 

Ryan Kusuma NS

 

 

7. CONTOH SURAT RESIGN SIMPLE


Solo, 25 Maret 2018

 

Kepada Yth:
Bapak Ilham Firdaus DS
HRD Manager
PT. KIMITECH INDO INC
Jln. Gajah Mada No. 12
Solo

Perihal : Permohonan pengunduran diri

 

Dengan hormat,

Setelah melewati pertimbangan matang dan mendalam. Maka dengan berat hati bersama ini saya

Nama                   : Dini Anggraeni Pratiwi
Jabatan                : Finance & Accounting Manager

Menyampaikan permohonan pengunduran diri saya sebagai karyawan di perusahaan Bapak. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan yang seharusnya saya sampaikan atas pengunduran diri ini. Namun saya percaya bahwa alasan utama pengunduran diri saya ini telah Bapak ketahui sebelumnya.

Saya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan untuk berkarya di PT. KIMITECH INDO INC selama kurang lebih 3 tahun ini. Semoga perusahaan yang Bapak pimpin akan sukses dan jaya selalu di masa kini dan mendatang.

Hormat saya,


Dini Anggraeni Pratiwi

 


8. CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI ALASAN KARIR


Tangerang, 12 Januari 2018

Kepada Yth:
HRD Manager
PT. TANI SEJAHTERA MANDIRI
Jln. Cut Nyak Dien No 30 Kav 12
Tangerang

Perihal : Permohonan pengunduran diri

 

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya selaku karyawan PT. Tani Sejahtera Mandiri;

Nama Lengkap   :
Departemen       :
Jabatan              :
No. Karyawan    :
Alamat               :

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. dikarenakan ingin berfokus pada karir bisnis yang sedang saya geluti. Terhitung sejak tanggal 12 Februari 2018.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan PT. Tani Sejahtera Mandiri untuk berkarya di perusahaan ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada rekan-rekan karyawan dan para staff yang telah banyak membantu saya dalam hal pekerjaan maupun pengembangan diri. Tak lupa saya juga menghaturkan permohonan maaf apabila terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya yakin dan percaya bahwa PT. Tani Sejahtera Mandiri dapat menemukan pengganti posisi saya yang lebih baik dan sukses kedepannya. 

Demikian surat ini saya buat. Atas perhatian, kerjasama dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

(Nama Anda)

 


9. CONTOH SURAT RESIGN PENGUNDURAN DIRI KARYAWAN


Semarang, 02 September 2019
Kepada Yth,
HRD Manager
PT. INAMOTO KAWAKI
Jln. Industri Sagara Blok 12, No 100
Semarang
Dengan Hormat
Melalui surat ini saya Risnandar (NIK 00129123) dengan jabatan terakhir sebagai QC di bagian gudang. mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Ibu / Bapak pimpin. terhitung sejak tanggal 02 Oktober 2019.
Saya ucapkan terima kasih atas bimbingan dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya sehingga saya dapat lebih berkembang baik dalam bidang keahlian ataupun kepribadian. Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila ini banyak melakukan kesalahan selama bekerja di peusahaan ini.
Saya berharap PT. INAMOTO KAWAKI dapat terus berkembang, maju dan mendapatkan yang terbaik.
 
 
Hormat Saya
 
 
Risnandar

 


10. SURAT PENGUNDURAN DIRI DARI JABATAN ORGANISASI


———————————————————————————————————————————–

Yang bertanda tangan dibawah ini

Nama                                    : Ari Rezaldi Heriawan
Jabatan                                :  Bendahara

Dengan ini menyatakan bahwa :

Secara resmi mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Bendahara di organisasi …. Terhitung sejak tanggal 11 Januari 2018. Hal ini dikarenakan karena banyaknya kesibukan dan aktivitas lain diluar organisasi yang harus saya prioritaskan.

Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan selama ini menjadi bendahara di Organisasi ….

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Tanpa ada paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

 

                                                                                                                Sukabumi, 05 Januari 2018
                                                                                                                         Hormat Saya

 

                                                                                                                   (Ari Rezaldi Heriawan)

 

 


11 TEMPLATE SURAT PENGUNDURAN DIRI


Purwakarta, 19 Maret 2018

Kepada Yth,
HRD Manager / Pimpinan 
(Nama Perusahaan Tempat Anda Bekerja)
(Alamat Perusahaan)
(Kota Tempat Perusahaan)
Perihal : Permohonan pengunduran diri
 
 
Dengan Hormat, Melalui surat ini, saya   nama anda        bermaksud untuk mengundurkan diri dari     nama perusahaan   sebagai       jabatan         terhitung sejak tanggal    tanggal           .

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk 
bekerja di
    nama perusahaan       .Saya juga memohon maaf kepada segenap karyawan dan
manajemen  nama perusahaan    
apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama berada di perusahaan ini. Saya berharap perusahaan ini dapat terus maju dan berkembang di masa depan. 
 
Hormat Saya,

 

(Nama Lengkap Anda)

 

 

12. Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi 

13. Contoh Surat Pengunduran  / Resign Bahasa Inggris

14 – 15 .

 


CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI (.JPG)


 

contoh surat pengunduran diri
winarkogroup.blogspot.com
contoh surat resign
scribd.com

Nah, demikian artikel mengenai contoh surat pengunduran diri atau biasa juga disebut contoh surat resign dari perusahaan, hotel, alfamart ataupun lembaga. Baik anda sebagai pegawai, karyawan kontrak, guru atau-pun lain sebagainya.

Semoga Bermanfaat dan menambah wawasan anda sekalian.

 

#WASSALAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *