PENGERTIAN ENERGI: Manfaat, Sifat, Macam Macam & Perubahan Bentuk Energi

Pengertian Energi – Manusia membutuhkan energi untuk melakukan berbagai hal. Tidak hanya manusia, terkadang benda ataupun makhluk hidup lainnya juga membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas.

Tanpa adanya energi manusia akan sangat sulit melakukan aktivitas ataupun melakukan berbagai hal. Sebab energi menjadi salah satu kekuatan yang perlu dimiliki secara dasar sebelum memiliki kekuatan yang lain.

Pengertian Energi

pengertian energi
pixabay.com

Energi merupakan sebuah kekuatan yang dibutuhkan oleh manusia untuk menjalankan aktivitasnya maupun menopang berbagai banyak hal yang tentunya sangat dibutuhkan sebagai kebutuhan dasarnya.

 

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

  • Menurut Mitchell, Campbell dan Reece Energi merupakan sebuah kemampuan untuk mengatur ulang materi. Singkatnya energi sebagai kapasitas agar dapat melaksanakan pekerjaan.
  • Menurut Michael J. Moran Energi merupakan sebuah konsep dasar termodinamika yang dijadikan aspek penting dari analisis teknik.
  • Menurut Robert L. Wolke Energi merupakan suatu kemampuan untuk dapat membuat suatu hal terjadi.

Dari berbagai pengertian energi menurut para ahli, dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya energi merupakan sebuah konsep dasar atau sebuah kemampuan yang dijadikan aspek penting dalam melakukan suatu hal di dalam kehidupan.

Manfaat Energi

pixabay.com

Energi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya. Tanpa adanya energi, manusia maupun makhluk hidup lainnya akan kesulitan dalam melakukan suatu hal, sebab energi menjadi sumber utama bagi manusia dan makhluk lainnya untuk melakukan suatu hal. Berikut beberapa manfaat energi bagi manusia :

1. Energi Digunakan Untuk Aktivitas Kehidupan

Dalam kehidupan, tentunya kita memerlukan sebuah energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Seperti halnya energi panas maupun energi listrik yang kita gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti menggosok pakaian, menghidupkan kipas angin, energi listrik yang berubah menjadi energi cahaya yang dapat menerangi ruangan.

Selain itu, energi matahari juga bermanfaat bagi tumbuhan untuk melakukan fotosintesisnya sehingga tumbuhan akan tetap hidup dengan menghasilkan makanannya sendiri.

2. Energi digunakan sebagai hiburan

Beberapa energi juga dapat dimanfaatkan sebagai hiburan bagi manusia. Contohnya energi listrik yang kemudian berubah menjadi energi suara maupun gambar pada radio maupun televisi yang dijadikan sebagai hiburan.

3. Energi digunakan sebagai alat transportasi

Berbagai alat transportasi sangat membutuhkan energi untuk dapat bergerak. Seperti halnya pada mobil maupun motor yang mengubah minyak menjadi energi panas yang akhirnya berubah menjadi energi mekanik sehingga mesin dapat berjalan.

Selain itu, energi angin di lautan dapat dimanfaatkan oleh para nelayan untuk membantu perahu mereka menuju ke lautan ataupun saat mereka kembali ke darat.

 

Macam Macam Energi

pixabay.com

Sebagai kekuatan utama pada kehidupan, energi memiliki berbagai macam bentuk yang dimanfaatkan dan bekerja sesuai dengan kebutuhannya. Berikut beberapa macam – macam energi yang ada :

1. Energi Otot

Otot merupakan salah satu energi yang berasal dari dalam tubuh manusia maupun makhluk hidup lain. Energi otot sendiri sangat bermanfaat khususnya bagi manusia untuk melakukan berbagai aktivitas.

Sebab, otot menjadi kekuatan dasar bagi manusia untuk melakukan berbagai hal. Tanpa adanya energi otot, manusia akan lemah dan tak berdaya sehingga akan kesulitan dalam bergerak ataupun melakukan aktivitas.

2. Energi Listrik

Energi listrik merupakan salah satu sumber energi yang sangat banyak dimanfaatkan oleh manusia. Energi listrik berupa sumber tegangan arus listrik yang kemudian disalurkan ke berbagai saluran listrik sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Energi listrik dapat diubah menjadi berbagai energi yang lain sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Contohnya, energi listrik yang digunakan pada barang elektronik seperti kulkas yang menghasilkan dingin, televisi yang mengubah energi listrik menjadi suara dan gambar, radio yang mengubah energi listrik menjadi suara.

3. Energi Panas

Energi panas merupakan suatu sumber energi yang dapat menimbulkan panas. Dan biasanya dari energi panas tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Seperti contohnya, energi panas dari matahari dapat dimanfaatkan untuk menjemur pakaian, maupun padi. Sedangkan untuk tumbuhan energi panas dari matahari dapat dimanfaatkan untuk proses fotosintesis.

Energi panas yang lain dapat berupa api, energi listrik, maupun gesekan tangan yang dapat berubah menghasilkan panas.

4. Energi Gerak

pixabay.com

Energi gerak merupakan sebuah sumber energi yang digunakan untuk menggerakkan suatu benda. Energi gerak biasanya digunakan untuk menghasilkan suatu gerakan ataupun perpindahan suatu barang.

Energi gerak dibedakan menjadi dua, yaitu energi gerak kinetik dan energi gerak potensial. Energi gerak kinetik merupakan energi gerak yang dihasilkan oleh benda yang bergerak.

Contohnya, yaitu energi dari angin yang bergerak atau bertiup dapat menggerakan kincir angin dan membuat kincir angin menjadi berputar.

Sedangkan energi gerak potensial yaitu energi yang mengubah benda dari posisi diam menjadi bergerak. Contohnya sebuah jambu di pohon kemudian jatuh dengan sendirinya sehingga menimbulkan gerakan pada jambu tersebut.

5. Energi Potensial

Energi potensial merupakan sebuah energi yang mempengaruhi sebuah posisi (ketinggian) sehingga menghasilkan gerakan yang tak terhingga.

Yang dimaksud gerakan tak terhingga yaitu gerakan yang tidak memiliki batas, sehingga benda yang mendapatkan energi potensial akan bergerak tak terbatas dan tak berarah.

Seperti contohnya, buah jambu yang terjatuh dengan sendirinya dari pohon, maka buah tersebut akan menghasilkan energi potensial, yaitu jambu tersebut akan jatuh tak berarah.

6. Energi Kimia

Energi kimia merupakan sebuah energi yang dihasilkan dari zat-zat kimia. Biasanya energi kimia dibuat dengan campuran zat-zat kimia atau senyawa kimia yang kemudian akan menghasilkan energi kimia berupa panas ataupun reaksi energi lainnya.

Seperti contohnya, energi kimia yang dihasilkan oleh setrika, di mana energi tersebut berupa reaksi kimia dari pemanasan besi sehingga akan menghasilkan panas yang dapat digunakan untuk setrika baju.

7. Energi Bunyi

Energi bunyi merupakan sebuah sumber energi yang disebabkan oleh bunyi. Contohnya seperti alat musik, televisi radio, dan ketika kita berbicara kita akan menghasilkan energi bunyi.

8. Energi Angin

pixabay.com

Energi angin merupakan sebuah sumber energi yang dihasilkan oleh angin. Energi angin digunakan untuk berbagai aktivitas yang membutuhkan angin.

Contohnya, para nelayan mengandalkan energi angin untuk membawanya melaut ataupun kembali ke darat. Seperti halnya juga energi angin dimanfaatkan untuk menggerakan kincir yang kemudian mengalir ke turbin sehingga akan menghasilkan energi listrik.

9. Energi Cahaya

Energi cahaya merupakan sebuah sumber energi yang berupa cahaya yang kemudian akan menghasilkan sebuah hasil dari aktivitas reaksi cahaya tersebut.

Contohnya, cahaya matahari difungsikan untuk menghidupkan panel solar. Selain itu cahaya lain yaitu berupa senter maupun lampu yang dapat digunakan untuk penerangan.

Sifat Sifat Energi

pixabay.com

Setelah kita mengetahui berbagai macam energi, dapat kita ketahui bahwa setiap energi memiliki sifatnya masing-masing. Berikut beberapa sifat energi :

1. Energi dapat bertransformasi

Energi dapat bertransformasi, artinya energi dapat berubah dari suatu benda menjadi benda lainnya. Contohnya ketika energi panas yang dapat diubah menjadi energi mekanik.

2. Energi dapat berpindah

Energi dapat berpindah, artinya energi bersifat mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain atau berpindah dari satu benda ke benda lainnya.

3. Energi dapat mentransfer

Energi dapat mentransfer, artinya energi dapat mentransfer energinya dari suatu benda melalui perantara sehingga dapat menjangkau ke benda lainnya.

·4. Energi bersifat kekal

Energi bersifat kekal, artinya energi tidak akan habis walaupun dimakan usia. Di mana energi akan selalu ada dan akan selalu muncul serta sangat dibutuhkan untuk kehidupan manusia.

Perubahan Bentuk Energi

pxhere.com

Energi memiliki berbagai macam reaksi yang dapat merubah sebuah benda ataupun aktivitas. Berikut beberapa perubahan bentuk dari energi :

  • Perubahan energi listrik menjadi energi geram yang dihasilkan kipas angin, mobil, motor, mixer dan lain-lain
  • Energi kimia pada setrika yang dapat berubah bentuk menjadi energi panas yang dapat digunakan untuk setrika pakaian
  • Perubahan energi listrik menjadi energi panas. Seperti halnya, saat menggunakan microwave, kompor listrik, solder ataupun yang lainnya
  • Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya. Contohnya, energi listrik akan menghasilkan cahaya lampu yang dapat dijadikan sebagai penerangan
  • Perubahan energi potensial menjadi energi gerak. Contohnya pada saat buah terjatuh dari pohonnya, maka buah tersebut akan bergerak tak terhingga dan tak terarah.

Itulah beberapa serba-serbi mengenai energi. Tentunya bacaan tersebut dapat membuat Anda memiliki wawasan yang lebih luas terhadap energi ataupun Anda dapat mampu mengasah otak dengan berbagai serba-serbi mengenai energi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *