PENGERTIAN LAPTOP: Sejarah, Fungsi, Komponen & Perbedaan Laptop..

Pengertian Laptop – Laptop menjadi perangkat yang sangat membantu pekerjaan manusia. Berbagai macam fungsi yang dimilikinya memudahkan urusan banyak orang, terutama para pelajar, dosen, mahasiswa, pekerja kantoran, freelancer dan lainnya. 

Laptop sering disebut sebagai komputer jinjing. Ini tidak lepas dari fisiknya yang dapat dibawa ke mana-mana. Bentuknya yang  kecil lebih lebih flexible dan efektif digunakan dibandingkan dengan komputer dekstop yang memakan ruang dan daya listrik.

Nah, di artikel ini, kita akan membahas apa itu definisi laptop? mulai dari pengertian laptop. fungsi, komponen serta perbedaan laptop dengan notebook.

Pengertian Laptop

gambar laptop
pixabay.com

Laptop berasal dari kata lap yang artinya pangkuan, dan top artinya atas. Jadi, secara sederhana pengertian laptop adalah komputer kecil yang bisa digunakan diatas pangkuan.

Bentuk laptop kecil, ringan, flexible dan dapat dibawa kemana-mana. Ia terdiri dari beberapa komponen yang mencakup casing, perangkat input output (keyboard, monitor, touchpad dll), motherboard, baterai dan juga perangkat lunak berupa sistem operasi dan aplikasi-aplikasi.

Berbeda dengan komputer dekstop, laptop dilengkapi baterai yang memungkinkan ia tetap beroperasi meskipun tidak terhubung langsung ke sumber listrik. 

Di Indonesia sendiri, terdapat beragam merk laptop yang beredar, mulai dari Asus, apple, acer, lenovo, hp, dell yang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Adapun, ketika kita ingin membeli laptop kita harus memperhatikan spesifikasi yang dimiliki laptop. Spesifikasi tersebut biasanya berupa;

  • Tipe atau jenis laptop (asus …, acer ..)
  • Processor (intel, amd dll)
  • Ukuran layar (10,11,12,13,14,15 dll)
  • Sistem Operasi (Windows 7, 10 premium, enterprise dll)
  • Kapasitas RAM
  • Hard Drive / hard disk
  • Optical Drive 
  • Konektivitas dan Fitur-Fitur Pendukung. (webcam, wifi, bluetooth dll)

Fungsi Laptop

laptop
pixabay.com

Laptop sangat berguna dalam kehidupan manusia karena telah memudahkan berbagai pekerjaan. Berikut adalah beberapa fungsi laptop yang sebetulnya juga menjadi fungsi komputer secara keseluruhan.

1. Mengetik dan Membuat Presentasi

Dulunya, mengetik hanya dapat dilakukan dengan mesin ketik yang penggunaannya juga agak ribet. Misalnya, kesalahan pengetikan sekali saja berarti harus mengganti kertas dan memulainya dari awal lagi.

Hal tersebut bukan lagi menjadi masalah sejak komputer dan kemudian laptop hadir. Dengan aplikasi pengolah kata, pengguna dapat dengan bebas mengetik tanpa takut akan adanya kesalahan. Tersedia pula fitur formatting text yang akan membantu proses pengeditan.

Selain pengetikan, laptop juga dapat dipakai untuk membuat suatu presentasi. Salah satu perangkat lunak yang menyediakan fitur ini bernama Ms. Power Point. Berbagai fitur menarik dapat membuat presentasi menjadi lebih informatif.

2. Media Hiburan

Ketika Anda sedang dilanda rasa lelah atau jenuh, laptop dapat menjadi media hiburan untuk Anda. Mendengarkan Murottal, menonton film, maupun bermain game dapat dilakukan di laptop.

Memang aktivitas tersebut dapat pula dilakukan di ponsel pintar. Akan tetapi, menonton film di laptop akan memberikan kesan yang lebih memuaskan. Selain itu, beberapa game juga akan lebih menyenangkan jika dimainkan di laptop.

3.  Desain, Editing Foto dan Video

Dengan bantuan aplikasi desain dan editing, Anda dapat membuat desain poster, pamflet, maupun desain lainnya. Selain itu, Anda dapat pula melakukan editing pada foto maupun video.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi seperti After Effect, Adobe Ilustrator, Photoshop, maupun Corel Draw. Bahkan, untuk editing video dengan sederhana, Anda dapat menggunakan Movie Maker.

4. Sebagai Alat Komunikasi

Laptop juga bisa digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi. Aplikasi smartphone seperti WhatsApp dapat pula Anda buka di laptop via WA WEB. Selain itu, Anda juga dapat menginstal Skype untuk berkomunikasi jarak jauh.

5. Sebagai Media Penyimpanan Data

Anda dapat menyimpan data Anda di laptop, mulai dari dokumen, foto, video, maupun format file lainnya. Besarnya data yang dapat disimpan akan bergantung pada besarnya storage yang ada pada laptop yang dimiliki.

6. Memudahkan Pekerjaan atau Aktivitas

Selain fungsi yang telah disebutkan, masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari sebuah laptop. Anda dapat melakukan aktivitas seperti browsing, blogging, dan lain-lain.

Bagi banyak orang, laptop bahkan sudah menjadi penunjang utama untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah atau dolar. Baik itu dari bisnis online, mencari pekerjaan paruh waktu dan sebagainya.

Sejarah Laptop

telegraph.co.uik

Wacana mengenai komputer yang dapat dibawa dan digunakan di mana saja sudah menjadi perbincangan sejak 1970-an. Sejak saat itu, bermunculan berbagai macam komputer mikro dengan fungsi masing-masing.

Sejarah laptop ditandai dari kemunculan IBM Portable PC 5100 pada tahun 1975. Ini adalah komputer mikro pertama yang dibuat khusus untuk kebutuhan matematika dan engineering.

Setelah itu, bermunculan produk yang memiliki fitur yang lebih lengkap seperti Rockwell AIM 5, IBM Portable PC 5110, hingga Heathkit H9.

Pada tahun 1981, Osborne Computer Corporation berhasil membuat perangkat yang dinamai Osborne 1. Meskipun masih mempunyai banyak kekurangan, perangkat ini dapat disebut sebagai komputer portabel yang pertama.

Sementara itu, perangkat pertama yang dipasarkan dengan nama “laptop” adalah Gavilans yang dibuat pada tahun 1983. Perangkat ini mempunyai berat hingga 4 kg dan menggunakan baterai Nickel Cadmium yang mampu bertahan hingga sembilan jam.

Medio 1980an juga dimanfaatkan oleh Compaq yang turut terjun dalam dunia persaingan dan perkembangan laptop. Mereka berhasil merilis Compaq SLT 286 yang beresolusi VGA dan memiliki processor 28. Selain itu, perangkat ini juga memiliki 1,44 Floppy Disk.

Tahun 1990 menjadi tahun yang luar biasa. Perkembangan besar-besaran terjadi di dunia laptop. Ini ditandai oleh munculnya Minisport oleh Znith data System. Perangkat ini memiliki 640 kb RAM, 1.44 inch floppy disk, dan juga 20 mb Hard Drive.

Setelah itu, muncul Macintosh Portable yang membawa inovasi besar pada dunia laptop.

Meski memiliki bobot yang berat, yaitu sekitar 8 kg, perangkat ini telah memiliki layar 9.8 inci dengan resolusi 640×400 pixel. Macintosh juga sudah dilengkapi trackball yang cukup inovatif.

Pada tahun 1996, muncul sebuah produk bernama Toughbooks. Perangkat ini dirilis oleh Panasonic dan memili desain yang mirip dengan laptop pada masa kini. Toughbooks diklaim dapat bertahan walau jatuh dari ketinggian 70 cm.

Akhirnya, pada medio 2000an, laptop dengan ukuran yang ramping terus bermunculan. Berbagai kreasi dan inovasi dihadirkan sehingga membuat laptop memiliki desain ciamik dan fitur yang mumpuni. Inilah laptop zaman sekarang yang banyak dipakai kalangan milenial.

Komponen Laptop

pixabay.com

Laptop memiliki komponen penyusun yang hampir sama dengan komputer. Perbedaannya adalah komponen laptop relatif lebih kecil. Secara umum, berikut komponen-komponen yang terdapat dalam laptop.

1. Chasing

Bagian ini berfungsi untuk memasang semua perangkat laptop. Motherboard, LCD, dan perangkat lainnya akan terpasang pada chasing. Selain itu, chasing juga berfungsi untuk melindungi semua perangkat keras yang ada di dalam laptop.

2. Motherboard

Disebut juga sebagai mainboard, bagian ini berfungsi sebagai tempat untuk memasang perangkat dan periferal utama seperti processor, chipset, VGA card, maupun perangkat lain untuk mendukung kinerja laptop.

3. LCD

LCD ini diibaratkan sebagai pengganti layar monitor pada komputer. Fungsinya adalah untuk menampilkan hasil proses komputer baik berupa gambar maupun teks.

4. Processor

Processor merupakan otak dari laptop. Semua aktivitas maupun proses akan melalui processor sebelum ditampilkan pada perangkat output. Processor mempunyai beragam merk, diantaranya adalah intel dan AMD.

5. Keyboard

Perangkat ini merupakan perangkat masukan (input) yang berfungsi untuk memasukkan data berupa angka (a b c), huruf (1 2 3), maupun simbol ($ @). Perangkat ini rawan rusak, biasanya karena air tumpah atau debu. Maka labih baik lindungi keyboard dengan seliput pelindung.

6. Touchpad

Perangkat ini juga merupakan perangkat masukan yang menjadi pengganti tetikus (mouse) pada komputer. Touchpad akan menggerakkan pointer pada layar LCD. Letak touchpad berdekatan dengan posisi keyboard.

7. Random Access Memory (RAM)

RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara sebelum disimpan secara permanen pada media penyimpanan lainnya. Besaran kapasitas RAM akan turut mempengaruhi kecepatan proses dari laptop.

8. Harddisk

Harddisk merupakan perangkat penyimpanan data permanen. Artinya, data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang jika pengguna tidak menghapus data tersebut. Ukuran harddisk bermacam-macam seperti 160 GB, 500 GB, bahkan 1 TB.

9. DVD

DVD merupakan sebuah perangkat periferal yang berfungsi untuk membaca data dari CD. Selain itu, aktivitas burning CD juga dapat dilakukan di perangkat ini. Tidak semua laptop dibekali dengan perangkat ini.

10. Wireless Card

Perangkat ini berfungsi untuk menangkap sinyal wifi dari Access Point atau perangkat lain tanpa menggunakan kabel sehingga laptop dapat terhubung ke internet.

11. Kipas

Kipas berfungsi untuk mendinginkan perangkat laptop, terutama pada bagian processor. Suara dari kipas laptop nyaris tidak terdengar, ini berbeda dengan suara kipas yang ada di komputer dekstop.

12. Baterai

Baterai laptop adalah komponen untuk menyimpan daya pada laptop. dengan baterai laptop dapat tetap hidup meskipun perangkat tidak terhubung ke outlet listrik. Dalam kondisi baru baterai laptop dapat membuat laptop on 6-8 jam.

Namun, baterai laptop juga perangkat yang mudah rusak atau drop, maka dari itu user harus menjaganya sebaik mungkin. Terutama dengan disiplin mencabut adaptor atau cashan ketika baterai sudah terisi penuh 100%.

Cara Mengoperasikan Laptop Dengan Benar

pixabay.com

Mengoperasikan laptop bukanlah hal yang sulit. Dengan menekan tombol Power saja, laptop sudah dapat menyala. Akan tetapi, bagi seorang pemula, langkah-langkah berikut perlu diperhatikan.

  1. Akan lebih baik jika Anda menggunakan laptop dalam kondisi daya yang terisi penuh. Cobalah untuk mencari stop kontak dan hubungkan dengan charger laptop.
  2. Taruh laptop dengan baik. Laptop banyak digunakan di pangkuan seseorang. Akan tetapi, langkah ini kurang direkomendasikan. Lebih baik Anda memosisikan laptop di meja atau pada tempat yang datar. 
  3. Hindari peletakan laptop di atas kasur karena bisa menghambat sirkulasi udara dan menyebabkan laptop cepat panas atau overheat.
  4. Kebanyakan laptop juga memiliki lubang udara di bagian samping dan bawah. Usahakan untuk membiarkan keduanya tetap terbuka agar laptop tidak cepat panas.
  5. Angkat layar laptop. Jangan menarik layar terlalu jauh. Sudut kemiringan yang disarankan adalah 45 derajat karena akan lebih enak dipandang mata.
  6. Tekan tombol Power untuk menyalakan laptop. Tombol ini biasanya terletak pada bagian atas kiri keyboard. Tekan tombol tersebut dan tunggu proses booting selesai
  7. Gunakan touchpad untuk mengarahkan kursor. Selain itu, cobalah untuk menggunakan tombol klik kiri dan klik kanan.
  8. Mulailah untuk menjalankan aplikasi. Biasanya, laptop akan dibekali oleh beberapa aplikasi dari toko di mana Anda membeli laptop tersebut. Anda dapat mencoba satu per satu aplikasi dasar yang sudah terinstal.
  9. Coba untuk menyambungkan laptop dengan perangkat lain, misalnya speaker, proyektor, dan lain-lain. Langkah ini dapat dijalankan untuk mengetahui bahwa seluruh komponen laptop dapat bekerja dengan baik.

Perbedaan Laptop dan Notebook

pixabay.com

Laptop dan notebook memang memiliki kemiripan dari segi bentuknya. Akan tetapi, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Berikut adalah perbedaan dari laptop dan notebook.

  • Laptop merupakan transformasi dari komputer desktop, sementara notebook merupakan transformasi dari laptop itu sendiri.
  • Ukuran layar yang dimiliki notebook umumnya lebih kecil dibanding dengan laptop. Hal ini karena notebook didesain menyerupai sebuah buku catatan. Selain itu, spesifikasi dari notebook pun biasanya hanya menengah.
  • Sebuah notebook dapat dikategorikan sebagai laptop, sementara sebuah laptop belum tentu merupakan Notebook dapat dikatakan termasuk bagian dari laptop.

Dengan demikian, kesimpulan yang dapat diambil adalah laptop dan notebook memiliki kesamaan dari bentuk fisiknya, tetapi mempunyai perbedaan pada karakteristiknya. Notebook biasanya berukuran lebih kecil daripada laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *