Apa Itu Ilmu SEO?

Kursus Seo Platinum – SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization atau bila kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah optimasi mesin pencarian. Penjelasan sederhananya, SEO adalah ilmu yang digunakan untuk menaikan sebuah keyword ke halaman paling atas di mesin pencarian (google, yahoo, bing dan sejenisnya).

Keahlian dalam bidang SEO bisa diperoleh dengan cara belajar otiodidak ataupun berguru langsung pada orang- orang yang sudah berpengalaman dan jago dalam bidang tersebut. Baik itu melalui pelatihan, camp, seminar dan lain sebagainya.

Mengasai SEO bukanlah hal yang bisa didapatkan 1-2 hari. Meskipun secara teori kamu bisa mendapatkan seluruh materi tentang SEO dalam waktu tersebut. Namun waktu untuk mempraktekannya sangat lama. Meliputi trial and error dan analisis data dari mulai yang biasa sampai kompleks

Banyak sekali referensi untuk Kursus Seo Platinum belajar SEO secara otodidak yang dapat ditemukan di forum atau pun website-website personal para Mastah. Dan hal yang paling dasar yang biasanya diajarkan dalam bidang SEO diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Menguasai Instalasi Dasar Website

pixabay.com

Untuk mempelajari SEO, hal pertama yang harus dipelajari adalah instalasi- instalasi dasar website dan alat- alat pendukungnya. Biasanya orang- orang yang ahli SEO tidak akan menggunakan blog gratisan semacam blogspot atau ekstensi wordpress.

Untuk memulai SEO, kamu harus tahu bagaimana cara membeli domain, mengatur hosting, menghubungkan domain dan hosting atau juga cloudflare. Instalasi plugin- plugin pendukung dasar seperti Yoast, jetpack dan sejenisnya.

Beberapa pejuang SEO pemula biasanya memfokuskan tahapan ini untuk mengutak- atik themes website mereka, yang sebetulnya hanya menghabiskan waktu dan terus berputar- putar di pekerjaan tersebut. Suatu hal yang pernah juga saya lakukan dulu sebelum saya menyadari itu adalah sebuah kesalahan.


2. Kemampuan Membuat Tulisan yang SEO Friendly

kursus seo platinum
pixabay.com

Dalam bidang Publisher, kemampuan untuk membuat tulisan yang SEO friendly adalah tahapan selanjutnya. Bagaimana membuat tulisan berbobot, enak dipandang, enak dibaca dan membuat orang betah berlama- lama ditulisan tersebut.

Kemampuan ini juga membutuhkan latihan yang terus menerus dan tidak didapatkan dalam waktu instan. Apalagi untuk mereka yang sebelumnya kurang suka dengan dunia tulis menulis.

 

3. Kemampuan Untuk Analisis Data

kursus seo
pixabay.com

Kemampuan membaca data adalah kemampuan Utama yang paling penting dalam dunia SEO, entah itu untuk SEO Bisnis ataupun SEO Publisher. Kemampuan membaca ini meliputi menganalisa keyword- keyword yang akan kita ambil. Menganalisa persaingan di search Engine , membaca kekuatan website lawan dan juga menganalisa website yang kita miliki.

Contohnya, saya sebagai pemain SEO yang bergerak di bidang Publisher atau istilah sederhanya Blogger, dituntut untuk bisa membaca keyword- keyword yang akan diterbitkan dalam website. Meliputi berapa pencarian keyword tersebut, bagaimana peta persaingannya, apakah artikel membutuhkan backlink, bagaimana artikel akan dibuat dll. 

Ketidakmampuan menguasai hal ini akan mengakibatkan tulisan menjadi tidak terarah. Mungkin kamu pernah mendengar di forum forum atau grup diskusi blogger tentang orang- orang yang mengeluh pengunjung websitenya hanya sedikit. Padahal tulisan sudah puluhan bahkan ratusan.

Kesalahan yang terjadi adalah, ya itu tadi, mereka asal nulis aja, tanpa tahu apakah keyword yang mereka tulisan ada pencariannya atau tidak. Ketika seseorang sudah mampu melakukan teknik analisa keyword. Tulisan menjadi lebih terarah dan traffik besar pun mudah untuk didapatkan.

Penjelasan diatas mungkin sukar dipahami, namun yang jelas, para ahli SEO biasa memanfaatkan tools seperti Ahrefs, Majestic dan lain- lain untuk melakukan analisis data terhadapa Website yang mereka bangun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *