PENGERTIAN SAMPAH : Pengelolaan, Dampak dan Jenis Jenis Sampah

Pengertian Sampah – Di dalam kehidupan sehari-hari, tentu saja istilah sampah tidak asing lagi ditelinga Anda. Namun tahukah Anda apa itu pengertian sampah, hingga jenis-jenis sampah yang selama ini Anda lihat dan bagaimana pemanfaatannya dan juga pengelolaannya? Nah ini dia beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai sampah.

Pengertian Sampah

pexels.com

Tahukah Anda jika sampah ini adalah sisa atau juga dikatakan sebagai material sisa yang nantinya akan dibuang sebagai hasil dari suatu proses produksi. Biasanya sampah ini bisa ditemukan baik dari sisa industri ataupun material sisa dari rumah tangga.

Material sisa ini biasanya bisa berasal dari manusia, tumbuh-tumbuhan yang tidak terpakai hingga juga bisa dari hewan sekaligus. Sedangkan mengenai wujud dari sampah tersebut juga ternyata bisa beragam. Mulai dari berwujud cair, sampah berwujud gas hingga sampah berwujud padat.

Tahukah Anda jika beberapa ahli juga menyebutkan jika sampah ini merupakan barang padat yang merupakan sisa dari kegiatan manusia dimana sisa barang padat tersebut tidak diinginkan lagi atau tidak diperlukan lagi.

Sebagian ahli lainya seperti Azwar mengatakan jika sampah tersebut adalah sesuatu yang tidak digunakan lagi dan harus dibuang, dimana umumnya sisa barang tersebut berasal dari manusia. Namun menurut WHO dimana yang dinamakan dengan sampah adalah suatu barang yang berasal dari kegiatan manusia, dimana barang tersebut tidak dibutuhkan lagi, tidak dipakai lagi, atau juga tidak disenangi lagi sehingga barang tersebut dibuang.

Pengertian Sampah Organik dan Anorganik

bulelengkab.go.id

Mungkin saat ini, jenis sampah yang sering sekali disebutkan yaitu sampah organik dan juga jenis sampah anorganik. Namun tahukah Anda apa itu pengertiannya dan juga bagaimana jenis sampah organik dan juga sampah anorganik. Sampah organik atau juga biasanya disebut dengan istilah degradable, dimana sampah ini merupakan sampah yang bisa dengan mudah membusuk dan juga bisa terurai kembali.

Pada beberapa contoh dimana sampah organik ini sering dijadikan sebagai pupuk kompos, dimana sampah organik ini ada yang berasal dari dedaunan yang kering, hingga sisa-sisa makanan dan juga sayuran. Tentu saja pupuk kompos ini sangat bagus digunakan untuk menyuburkan tanaman yang Anda tanam dan juga sangat aman.

Adapun untuk sampah anorganik atau juga biasanya dikenal dengan istilah undegradable merupakan jenis sampah yang sulit atau susah untuk membusuk, tidak mudah terurai juga sehingga dibutuhkan perlakukan khusus sehingga tidak berdampak terhadap lingkungan sekitar.

Biasanya sampah-sampah non organik ini akan di daur ulang kembali dengan menggunakan cara yang benar sehingga sampah tersebut bisa didapatkan kembali. Seperti sisa botol plastik yang bisa didaur ulang untuk menjadi berbagai kerajinan tangan, kertas bekas bisa didaur ulang kembali sehingga menjadi bubur kertas dan kembali digunakan sebagai kertas.

Jenis Jenis Sampah

pixabay.com

Setelah Anda mengetahui apa itu yang menjadi pengertian sampah, maka Anda juga haruslah mengetahui apa saja yang menjadi jenis-jenis dari sampah ini. Tahukah Anda jika ada beberapa jenis sampah yaitu sebagai berikut.

1. Jenis Sampah Berdasarkan Sumbernya.

Jenis sampah berdasarkan sumbernya ini ada beragam, mulai dari sampah yang berasal dari alam, sampah yang berasal dari manusia, sampah dari sisa pertambangan, sampah radioaktif atau juga sampah nuklir, sampah konsumsi hingga juga sampah sisa industri.

2. Jenis Sampah Berdasarkan Sifatnya

Adapun sampah berdasarkan sifatnya dibagi menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan juga sampah anorganik. Untuk sampah organik dan contohnya berupa sisa makanan, daun kering dan juga sampah-sampah sisa sayuran.

Contoh sampah anorganik diantaranya adalah karton, kertas bekas, dan juga beberapa botol plastik dan juga masih banyak lagi contohnya.

3. Jenis Sampah Berdasarkan Bentuknya

Adapun jenis sampah terakhir yaitu bisa dilihat berdasarkan bentuknya. Berdasarkan bentuknya dimana sampah ini bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu sampah padat dan juga sampah cair.

Sampah padat seperti sampah yang berasal dari plastik bekas, kaleng bekas, dan juga beberapa sampah dapur. Adapun untuk sampah cair biasanya berupa sampah cair dari tempat cuci, dari dapur hingga dari toilet.

Pemanfaatan Sampah

pixabay.com

Agar sampah yang ada tidak mengganggu dan juga berdampak terhadap kerusakan lingkungan sekitar Anda. Maka tentu saja harus dilakukan beberapa hal untuk memanfaatkan sampah tersebut.

Tentu saja ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk pemanfaatan sampah ini. Untuk sampah organik, dimana sampah ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan Anda. Mulai dari dibuat dalam bentuk kompos yang nantinya bisa menjadi pupuk yang mampu menyuburkan tanaman Anda.

Selain itu juga bisa dijadikan sebagai pupuk sederhana, atau Anda juga bisa menjadikannya sebagai pakan ternak. Tentu saja untuk pakan ternak harus diberikan dari sampah sisa makanan yang masih layak dikonsumsi oleh ternak Anda.

Bahkan bukan hanya itu, untuk sampah jenis organik ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual dan laku dipasaran. Seperti daun kering yang dimanfaatkan untuk kerajinan tangan berupa bunga dan sebagainya.

Adapun untuk pemanfaatan sampah non organik ternyata juga bisa dilakukan. Meskipun bisa dikatakan jika sampah non organik ini sangat sulit untuk hancur, namun Anda bisa menjadikan sampah non organik ini sebagai sumber penghasilan tambahan Anda.

Sampah non organik ini sering sekali didaur ulang kembali dan dijadikan sebagai bahan baku kerajinan tangan. Seperti sampah dari botol plastik dan juga kertas-kertas sisa yang tidak digunakan lagi.

Bahkan beberapa sampah non organik juga bisa dijadikan sebagai bahan bakar. Selain sebagian lainnya justru juga bisa dijadikan sebagai sumber listrik jika diolah dengan baik. Dan masih banyak lagi kegunaan dan pemanfaatan sampah ini baik yang organik maupun yang non organik.

Pengelolaan Sampah 3R

Tahukah Anda jika ternyata siapa saja bisa mengelola sampah 3r ini.  Dimana sampah 3r ini merupakan sampah yang bisa diolah kembali dan nantinya bisa dimanfaatkan oleh Anda bahkan bisa Anda jual.

Bisa dikatakan jika pengelolaan sampah dengan menggunakan sistem 3r atau reuse, reduce dan recycle ini merupakan cara yang terbaik untuk mengurangi sampah dan juga bisa mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. Caranya sangatlah gampang, Anda bisa melakukan beberapa langkah seperti memilih wadah, atau juga kantong juga barang lainnya yang bisa digunakan kembali.

Anda bisa menggunakan barang tersebut dengan fungsi yang sama atau juga bisa diolah lagi dan mendapatkan fungsi lainnya. Seperti Anda bisa menggunakan botol plastik bekas untuk menjadi pot bunga atau dijadikan sebagai hiasan yang sudah Anda modifikasi terlebih dahulu.

Pastikan juga jika Anda tidak membeli barang yang tidak Anda butuhkan sehingga hal ini tidak akan menumpuk sampah atau barang yang ada di rumah Anda. Tidak ada salahnya jika menggunakan barang atau benda yang masih bagus dan masih dapat difungsikan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *